Thursday , April 25 2024
Home / Bali /

Denpasar, Senin 19  Juli  2021

 

Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan Kota Denpasar : Penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha 1442 H  diimbau Patuhi Protokol Kesehatan

Suasana Pengecekan Kesehatan Hewan di beberapa titik penjualan Hewan Kurban di Kota Denpasar beberapa waktu lalu.

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Pemkot Denpasar melalui Dinas Pertanian Bidang Kesehatan Hewan melaksanakan pengecekan kesehatan hewan kurban pada Senin (19/7/2021). Hal ini guna memastikan kesehatan hewan saat hari Suci Idul Adha. Sehingga, daging kurban yang dibagikan dapat dipastikan sehat dan aman dikonsumsi. Beberapa titik penjualan hewan kurban di Kota Denpasar menjadi lokasi pengecekan ante morthem.

Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan, Made Ngurah Sugiri menjelaskan, Hari Suci Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli besok identik dimaknai oleh umat Islam dengan melaksanakan kurban. Dimana, sebagian besar umat muslim turut menyembelih hewan kurban seperti sapi dan kambing sebagai wujud persembahan suci. Pun demikian, di masa pandemi Covid-19 ini masyarakat diharapkan mematuhi penerapan protokol kesehatan saat hendak melaksanakan kurban.

Lebih lanjut dijelaskan, masyarakat yang hendak melaksanakan kurban diimbau untuk memastikan kesehatan hewan. Karenanya, Dinas Pertanian melalui Bidang Kesehatan Hewan turut menerjunkan 22 personil Tim Kesehatan Hewan yang tersebar di 135 Masjid dan Mushola guna melaksanakan pemeriksaan Ante Morthem atau sebelum disembelih dan Post Morthem atau sesudah disembelih.

“Hari ini kami mulai bergerak untuk melaksanakan pengecekan kesehatan Ante Morthem, sehingga dapat dipastikan hewan kurban yang akan disembelih sehat dan layak dikonsumsi, untuk pemeriksaan Post Morthem kita lanjut besok usai disembelih atau pemotongan,” tutur Kabid Perternakan dan Kesehatan Hewan, Made Ngurah Sugiri saat dikonfirmasi di Denpasar-Bali, Senin (19/7/2021).

Sugiri menjelaskan, pada pelaksanaan Idul Adha tahun ini pihaknya mengimbau umat muslim yang hendak melaksanakan penyembelihan hewan kurban agar menerapkan protokol kesehatan. Hal ini lantaran Perayaan Idul Adha tahun ini masih dalam penerapan PPKM Darurat Jawa Bali serta mempedomani Se Dirjen PKH Nomor 8017 Tahun 2021 dan Permentan Nomor 114 Tahun 2014.

Pihaknya juga mengimbau semua pihak agar selalu meningkatkan koordinasi, informasi dan edukasi agar pengolahan daging dapat dilakukan dengan baik dan benar sesuai dengan aturan sanitasi yang ada. Sehingga masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam mengkonsumsi daging saat perayaan kurban Idul Adha ini. Selain juga protokol kesehatan yang menjadi perhatian penting untuk dipatuhi saat pelaksanaan kurban.

“Masyarakat yang akan menyembelih sendiri diharapkan berkordinasi dengan RPH jika penyembelihan tidak dilaksanakan di RPH, sehingga kesehatan, hygin dan sanitasi dari hewan yang akan disembelih dapat tetap terjaga, namun demikian RPH Kota Denpasar mengajak masyarakat untuk melaksanakan pemotongan khusus Sapi di RPH, hal ini juga sebagai upaya untuk menghindari kerumunan saat melaksanakan pemotongan, sehingga setelahnya daging kurban bisa dikirimkan dengan sistem dari pintu ke pintu,” pungkasnya.

(Adv)

286

Check Also

Celebrating Earth Day: Taman Safari Bali Plants 100 Trees in Gianyar

Gianyar,  Wednesday  22 April   2024 Celebrating Earth Day: Taman Safari Bali Plants 100 Trees in …

Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center

Bangli , Rabu  24  April  2024 Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center       Bali,  …