Saturday , May 18 2024
Home / Bali / Sajikan Classic Cocktail, Jacob Manurung Raih Gelar “Best Bartender of The Year”

Sajikan Classic Cocktail, Jacob Manurung Raih Gelar “Best Bartender of The Year”

Seminyak, Minggu  12  Mei  2019

 

 

Sajikan Classic Cocktail, Jacob Manurung Raih Gelar “Best Bartender of The Year”

 

 

BALI, INDEX  – Keahlian  kemampuan meracik minuman wajib dimiliki bertender untuk meraih kategori terbaik dalam ajang kompetisi bartender tingkat nasional “Indonesia World Class Competition 2019” yang digelar di Sugarsand, Seminyak,Badung-Bali.

Diageo Indonesia Brand Ambassador, Wawan Kurniawan mengatakan, dengan memiliki kualitas yang baik, mereka bisa menjawab kebutuhan konsumen  dalam membuat dan memberikan minuman beralkohol yang terbaik.

“Kedelapan finalis bartender asal Bali dan Jakarta itu terpilih berdasarkan 5 faktor. Pertama, hosting, yaitu bagaimana cara bartender menunjukkan skill komunikasinya,” ungkap Wawan Kurniawan,melalui siaran resminya , Minggu (12/5/2019).

Kedua, crafting, yakni bagaimana teknik dalam membuat dan menyajikan minuman. Ketiga, melalui penilaian rasa dan aroma koktail, serta melihat takaran yang seimbang atau tidak.

“Keempat, tentang knowledge, untuk melihat seberapa besar pengetahuan bartender tentng Diageo dan proses pembuataan koktail. Serta, kelima, menyangkut storytelling, yaitu cerita dibalik minuman, kesinambungan antara konsep dan nama yang diberikan kepada minuman tersebut,” jelas Wawan Kurniawan.

Berkat penguasaan materi dan teknik cara menyajikan racikan minuman classic cocktail, mengantarkan Jacob Manurung meraih gelar bergengsi “Best Bartender of The Year”. Bahkan, bartender Djournal House, Jakarta, Jacob Manurung ini terpilih sebagai duta Indonesia untuk berlaga pada ajang kompetisi bartender internasional “Final Diageo World Class Competition” yang akan dihelat di Glasgow, Skotlandia, September 2019, mendatang.

 

Pemuda asal Sumatera Utara, kelahiran 18 November 1990 yang baru mengenal dunia bartender sejak 2016 itu akhirnya berhasil mengunguli kepiawaian 7 finalis lainnya asal Bali dan Jakarta.

Nama Jacob Manurung pernah tercatat sebagai finalis ajang serupa tahun 2017.Tujuh finalis tersebut terdiri dari 4 bartender asal Bali masing-masing, Daniel Gerves (Alila Seminyak), I Putu Aris Sanjaya (Bikini Bali), Melverndari (W Hotel Bali), dan Panji Wisrawan (Da Romeo Bali).

Serta 3 finalis bartender asal Jakarta yaitu, Benny Michael (Hotel Monopoly), Charles Richard (Hakkasan), dan Henry Maraben (Lowey Bar & Bistro).

Menurut Wawan Kurniawan, para finalis kali ini, memiliki teknik dan keahlian serta memperlihatkan kemajuan yang lebih baik.

“Dengan memiliki kualitas yang baik, mereka bisa menjawab kebutuhan konsumen dalam membuat dan memberikan minuman beralkohol yang terbaik,” ujar Wawan Kurniawan.

Sebagai pemimpin dalam bisnis global minuman premium dan dengan rangkaian koleksi minuman beralkohol hingga bir, Diageo selalu memberikan pengetahuan lebih, teori, dan teknik pengaplikasian ketika menyajikan sebuah minuman kepada seluruh bartender di dunia, khususnya di Indonesia.

Kedelapan finalis nasional ini kata Wawan Kurniawan, diberikan 3 tantangan berupa “Tartan Tiki” dan “My Mixer Challenge”, dan “The Showdown”, dan “Smoke Integration”. Pada tantangan pertama tiap finalis membuat 2 minuman, yaitu “Tartan Tiki” dengan menggunakan The Singleton dan “My Mixer Challenger” menggunakan Tanqueray No.10.

Untuk tantangan kedua, tiap finalis harus mempromosikan satu diantara beberapa merek Diageo, yaitu Tanqueray No. 10, Ciroc, Bulleit Bourbon, Johnnie Walker, Ron Zacapa, dan Don Julio sebagai bahan baku utama minuman. Para finalis harus menyelesaikan tantangan dalam waktu sesingkat mungkin tanpa mengurangi kualitas koktail karena mereka akan dinilai berdasarkan kecepatan waktu dan kualitas minumannya.

Tiga finalis terbaik diuji lagi untuk membuat minuman Johnnie Walker dengan sentuhan dan kreasi bahan dan budaya Indonesia. Setelah terpilih dalam “Global Diageo World Class Competition Bartender of the Year 2019”, mendapat kesempatan untuk menunjukkan keahlian dan kemampuan mereka dan akan traveling keliling dunia.

Selain melibatkan juri asal Indonesia, Andrew Soetiono (founder Indonesia Whisky Research Society), untuk memberikan penilaian pada “Final Indonesia World Class Competition 2019” kali ini juga mendatangkan Jane Kaew-yod (Best Bartender Diageo World Class Thailand 2018), Shawn Chong (Bartender Diageo World Class Thailand 2015), dan Lam Chi Mun (DBA Director, Singapore).

(IE)

441

Check Also

indonesiaexpose.co.id

Denpasar,  Jumat 17 Mei 2024 78

Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT World Water Forum ke-10 di Bali

Denpasar, Jumat  16  Mei  2024 Apel Gelar Pasukan Pengamanan KTT World Water Forum ke-10 di …