Friday , April 19 2024
Home / Bali / Serangkaian Harhubnas Tahun 2019, Pemkot Gelar Aksi Kebersihan di Pantai Matahari Terbit

Serangkaian Harhubnas Tahun 2019, Pemkot Gelar Aksi Kebersihan di Pantai Matahari Terbit

Denpasar, Sabtu 7  September  2019

 

Serangkaian Harhubnas Tahun 2019, Pemkot Gelar Aksi Kebersihan di Pantai Matahari Terbit

 

BALI,  INDEX   –  Dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2019, beragam kegiatan turut digelar. Salah satunya aksi kebersihan yang dilaksanakan di Pantai Matahari Terbit Desa Sanur Kaja Kecamatan Denpasar Selatan, pada Jumat (6/9).

Sejak pagi hari tampak antusias masyarakat, OPD serta siswa di lingkungan Kota Denpasar yang membawa beragam alat kebersihan bersiaga di wilayah Pantai Matahari Terbit. Kegiatan ini dibuka Sekda Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara ditandai dengan penyerahan alat kebersihan berupa alat penjepit sampah kepada perwakilan siswa SMP se-Kota Denpasar.

Turut hadir Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta, Kadishub kabupaten/kota se-Bali, Jajaran Instansi Vertikal Kementerian Perhubungan se-Bali, siswa-siswi SMP se-Kota Denpasar, Politehnik Transportasi Darat, dan OPD terkait yang ada di lingkungan Pemkot Denpasar.

Ketua Harhubnas Kota Denpasar Tahun 2019, I Ketut Dharsana dalam laporannya menjelaskan masalah kebersihan bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata, diperlukan juga peran dan kesadaran dari masyarakat khususnya yang ada di Kota Denpasar. Sehingga tercipta Denpasar bersih, indah dan asri.

Kegiatan ini tidak hanya tentang melakukan kebersihan, namun bagaimana kita mempererat tali persaudaraan antar OPD dan masyarakat. Hal inilah yang ingin diwujudkan dalam balutan tema besar Harhubnas Tahun 2019 yakni ‘Menyambung Nusantara, Merajut Bangsa, Bhakti Nyata Insan Perhubungan dalam Mewujudkan Indoneisa yang lebih produktif, berdaya saing dan fleksibel dalam menghadapi tantangan global.

” Kegiatan bersih-bersih ini merupakan salah satu bukti bagaimana kita menerapkan perwali No. 36 Tahun 2018 mengenai pengurangan penggunaan sampah plastik. Rangkaian acara yang dilaksanakan Dinas Perhubungan yang sebelumnya juga dilaksanakan persembahyangan bersama, pelajar pelopor, dan pameran pelajar,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta saat diwawancara disela-sela kegiatan.

Untuk selanjutnya juga dilaksanakan jalan santai yang dilaksanakan di Lapangan Renon, sepeda malam yang dilaksanakan di Pasar Badung dan puncak perayaan akan dilaksanakan Apel bersama di Lapangan Lumintang Denpasar, pungkasnya.

“Kami dari Dinas Perhubungan akan terus melayani masyarakat dan memastikan masyarakat agar bisa berperilaku lebih baik khususnya dalam menggunakan fasilitas perhubungan, karena perhubungan ini tidak semata-mata tugas pemerintah namun tugas kita bersama agar dapat berjalan dengan baik”, ujar Wayan Samsi.

Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN. Rai Iswara, mengapresiasi kegiatan ini. Dimana pelaksanaan kegiatan ini sangat baik dilakukan untuk menjaga lingkungan kita tetap besih, terutama mencegah pencemaran lingkungan dari bekas sampah plastik karena sampah plastik sangat susah terurai. Sehingga dalam pelaksanaanya selain untuk memastikan kemanan serta keselamatan di jalan raya, Dishub juga memiliki perhatian sosial serta kepedulian langsung terhadap lingkungan.

“Sesuai dengan Peraturan Walikota Denpasar No. 36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunan kantong plastik tentu harus disikapi dengan penuh kesadaran antara pemerintah, masyarakat dan Steakholder terkait lainnya. Kerjasama yang baik tentu saja akan mempercepat capaian dalam mendukung program pembangunan Kota Denpasar sesuai Visi Misinya yaitu Kota Denpasar yang kreatif dan berwawasan Budaya,” tutup Rai Iswara.

(072)

333

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Bali,  Kamis  18  April  2024 58

Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta, Pelajari Program Penitipan Anak Bagi Orang Tua Pekerja

Yogyakarta, Kamis  18  April  2024 Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta, Pelajari Program Penitipan …