Monday , October 14 2019
Home / Bali / Universitas Udayana Bali Gelar ‘ The 3rd International Tourism Conference 2019 ‘

Universitas Udayana Bali Gelar ‘ The 3rd International Tourism Conference 2019 ‘

Denpasar,  Kamis  26  September  2019

 

Universitas Udayana Bali Gelar ‘ The 3rd International Tourism Conference 2019 ‘

 

Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K) resmi membuka The 3rd International Tourism Conference 2019, bertempat di gedung Fak. Kedokteran, Unud, Jl. Sudirman, Denpasar,Bali,Kamis (26/9/2019).

 

BALI,  INDEX  – Dalam era revolusi industri 4.0, semua aspek kehidupan masyarakat dunia tidak akan luput dari dampak perkembangan teknologi informasi, semuanya akan mengarah pada digitalisasi dan otomatisasi, tak terkecuali aspek lapangan usaha ekonomi masyarakat, khusunya di bidang pariwisata.

Universitas Udayana (Unud) Bali, merespon tantangan terbaru yang dihadapi oleh dunia pariwisata Indonesia, khususnya di Bali dengan menggelar konferensi pariwisata internasional yang bernama International Tourism Conference (ITC), tanggal 26-27 September 2019.

Direktur Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana, Dr. Agung Suryawan Wiranatha, M. Sc. mengatakan, dengan tema industri 4.0 ini kita mencoba menarik perhatian para peneliti, para penulis agar dapat mendalami seperti apa trend perkembangan industri pariwisata dan tantangan, hambatan dan permasalah apa yang kira-kira dihadapi kemudian bagaimana ide-ide solusi penyelesaiannya.

” Konferensi ini merupakan bentuk respon dari Pusat Unggulan Pariwisata yang dimiliki oleh Universitas Udayana dalam menghadapi tantangan pariwisata Bali di era revolusi industri 4.0,” ungkap Dr. Agung Suryawan   saat ditemui usai acara pembukaan The 3rd International Tourism Conference , di gedung Fak. Kedokteran, Unud, Jl. Sudirman, Denpasar,Bali,Kamis (26/9/2019).

Menurut Suryawan ,banyak hal tentang Kepariwisataan yang perlu ditingkatkan pengelolaannya agar sesuai dengan era digital, era revolusi industri 4.0 ini, yang berkaitan dengan Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan Big Data.

” Penyelenggaraan ITC kali ini merupakan ketiga kalinya diadakan. Di tahun ketiga ini, ITC mencoba melihat arah trend perkembangan industri pariwisata di era industri 4.0 ini,” imbuhnya.

Direktur Pusat Unggulan Pariwisata Universitas Udayana, Dr. Agung Suryawan Wiranatha, M. Sc.

 

Kehadiran para pembicara diharapkan juga mendorong semua pihak, khususnya pegiat pariwisata untuk memacu diri di era revolusi industri 4.0. yang kini sedang gencar-gencarnya. Sebab, mau tidak mau, suka atau tidak suka semua aspek kehidupan masyarakat dunia mengarah pada digitalisasi dan otomatisasi teknologi informasi.

Rektor Unud, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.(K) menambahkan, digelarnya konferensi “The Third Bali International (ITC) dengan tema: Tourism & Hospitality Management ” Toward Paradigma of Tourism Industry 4’0″, bertujuan untuk merespon tantangan terbaru yang dihadapi oleh dunia pariwisata Indonesia, khususnya di Bali.

“Oleh karena itu, kondisi ini pun menjadi perhatian dari semua pihak yang berkepentingan dengan keberlangsungan dunia pariwisata, termasuk salah satunya pihak kampus dan para akademisinya,” tutur  A.A. Raka Sudewi seusai membuka acara ini.

Adapun para pembicara yang hadir dalam konferensi ini yaitu Prof. Rhenald Kasali yang terkenal dengan teori “Disruption”-nya, sekaligus sebagai pembicara kunci (keynote speaker). Dua pembicara asing, Mr. Yasir Riaz dan Prof. Bill Carter dari University of the Sunshine Coast-Australia. Dari perwakilan Gojek Indonesia rencananya juga akan hadir sebagai pembicara, dan tentunya juga dari perwakilan Kementerian Pariwisata.

(078)

 

 

 

Check Also

Renungan  JOGER

Bali, Minggu  13  Oktober  2019   Renungan  JOGER  

KUNKER IBU PRESIDEN DAN WAPRES RI, KODAM IX/UDAYANA GELAR OPERASI “PERISAI SAKTI”

Denpasar, Minggu  13  Oktober  2019   KUNKER IBU PRESIDEN DAN WAPRES RI, KODAM IX/UDAYANA GELAR …