Tuesday , April 23 2024
Home / Bali / Edukasi Investasi Saham yang baik dan benar

Edukasi Investasi Saham yang baik dan benar

Denpasar, Sabtu  28  September  2019

 

Edukasi Investasi Saham yang baik dan benar

 

BALI,  INDEX  –  Perusahaan sekuritas PT. Mirai Asset Sekuritas , merupakan sebuah perusahaan perdagangan efek terdepan di Korea Selatan.

Head of Investment Information Mirae Asset, Roger MM mengatakan, sebelum berinvestasi tentang saham para pelaku usaha perlu dibekali edukasi dan sosialisasi serta pemahaman tentang cara berinvestasi saham yang sehat.

“Masyarakat Bali  membutuhkan sosialisasi ini, Karena tidak semua mengetahui tentang investasi saham. Disinilah saatnya mendapatkan pemahaman dan pengetahuan tentang saham dan bagaimana berinvestasi yang baik dan benar,” tutur Roger, di sela-sela acara seminar ‘ Mirae Asset ‘ bertempat di Hotel Amaris, Jl. Teuku Umar, Denpasar,Bali, Sabtu (28/9/2019).

Hal ini juga mengingat pada sejumlah kalangan terdapat adanya pandangan negatif tentang trading forex investasi.

Menurut dia, investasi saham merupakan salahsatu cabang bisnis yang memiliki peluang untuk berkembang di Pulau Dewata ini.

“Di seminar kali ini, materi yang kami sampaikan  tentang Laporan Keuangan Kuartal 3 (LQ3). Materi ini diberikan, karena setiap laporan keuangan sebuah perusahaan (emiten) keluar (dirilis) itu merupakan sebuah opportunity (peluang) bagi setiap nasabah untuk dapat profit,” jelasnya.

Menurutnya, ada 600 emiten lebih, diantaranya laporan keuangannya keluar, biasanya di pertengahan Oktober sampai November, itu menjadi opportunity profit bagi nasabah. Makanya kita berikan edukasi bagaimana memahami saham-saham apa yang layak untuk dibeli.

Supervisor Mirae Asset area Bali, Nurdin Purnama dalam seminar tersebut menyampaikan, Indonesia potensi besar dalam bisnis investasi. Karena jumlah penduduknya besar, serta rating kepercayaan luar negeri semakin naik ke Indonesia sebagai tujuan berinvestasi.

” Pada kenyataannya investasi dapat mengalahkan inflasi dan hasilnya lebih tinggi dari suku bunga deposito Bank. Namun, kata dia membeli saham bukan dengan tutup mata, tapi harus mengetahui tentang kondisi saham yang akan dibeli dengan mencari tahu di bursa efek,” tambah Nurdin.

Di pasar modal, ujarnya pilihan tidak terbatas. Tapi dua resiko yang ditanggung, kalau tidak untung, rugi. Bagaimana cara mengetahui saham, menurutnya bisa mengakses melalui analisis di Bursa Efek,” terang dia.

Untuk kedepannya, ungkap Nurdin lebih lanjut, khusus di Bali pihaknya berencana akan menyelenggarakan program edukasi ini secara rutin, sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang melek akan pasar modal. Dengan demikian akan semakin banyak pula masyarakat Bali yang menjadi investor.

“Di Bali sendiri kami rencananya akan selenggarakan edukasi ini secara rutin, agar masyarakat Bali semakin melek investasi di pasar modal,” ujarnya.

Turut hadir juga dalam acara tersebut, koordinator dari Komunitas Sersan, Darma Yasa.

Darma Yasa mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan seminar yang diselenggarakan oleh ‘Mirae Asset’ ini, untuk mengedukasi tak hanya nasabah Mirae namun juga masyarakat Bali.Pihaknya berharap kegiatan edukasi seperti ini dapat terus dilakukan secara rutin.

Komunitas Sersan sendiri adalah sebuah komunitas investor saham yang ada di Bali. Eksis sejak 2017, Komunitas Sersan merupakan tempat saling bertukar informasi dan saling belajar tentang saham.

Pria yang akrab disapa dengan nama Pak Ming itu mengungkapkan, para investor atau trader-trader kita di Bali ini haus akan ilmu, dan Komunitas Sersan ini muncul juga sebagai tempat untuk saling berbagi ilmu, saling belajar, bukan untuk menunjukan kita paling pintar, bukan untuk menggurui, tidak ada saling senior, tapi kita sama-sama belajar untuk kesejahteraan kita bersama.

” Terkait dunia produk investasi saham,  sudah tidak dapat dihindari lagi tren bisnis kini telah berkembang menjadi bisnis investasi saham, hanya saja dirinya mengingatkan agar para pelaku bisnis investasi saham ini untuk berhati-hati dan lebih cermat mengamati produknya,” tutup Miing.

(080)

 

 

 

 

 

 

 

452

Check Also

Silaturahmi ke PDI Perjuangan Tabanan, Golkar Tabanan Diajak Makan Siang Bersama-

Tabanan, Senin 22  April  2024 Silaturahmi ke PDI Perjuangan Tabanan, Golkar Tabanan Diajak Makan Siang …

Renungan  Joger

Bali, Senin 22  April  2024 Renungan  Joger 67