Thursday , April 25 2024
Home / Bali / PDAM Siapkan Cadangan Air Terkait pemberlakuan Perda ABT

PDAM Siapkan Cadangan Air Terkait pemberlakuan Perda ABT

Gianyar,  Selasa  08  Oktober  2019

 

PDAM Siapkan Cadangan Air Terkait pemberlakuan Perda ABT

 

BALI, INDEX  –   Terkait pemberlakuan Perda ABT, PDAM Gianyar akan menyediakan cadangan air untuk hotel dan restoran yang menggunakan layanan PDAM.Di samping karena pasokan yang.cukup, selama ini Hotel dan Restoran lebih memilih menggunakan air bawah tanah (ABT) karena pajak ABT lebih murah ketimbang harga air PDAM.

” Untuk kepastian distribusi air, PDAM akan menyediakan cadangan air sehingga hotel dan restoran di Gianyar yang menggunakan layanan PDAM tidak terganggum” kata Direktur Utama PDAM Gianyar, Made Sastra kencana kepada indonesiaexpose.co.id belum lama ini.

Diungkapkan juga, hotel memang lebih banyak masih menggunakan ABT. Selama ini hotel hanya menggunakan air PDAM jika ada gangguan ABT.

” Tidak sedikit hotel yang tercatat tidak menggunakan layanan PDAM, hasil laporan audit dari BPKB menyatakan bahwa tarif ABT lebih rendah dari harga air PDAM. PDAM tentu memandang secara bisnis pelaku usaha hotel akan menggunakan harga air yang lebih murah.

” Ini yang membuat hotel cenderung memilih menggunakan ABT,” jelasnya.

Made Sastra Kencana meyakinkan jika perda ABT di berlakukan PDAM akan menyiapkan jaringan yang masuk ke hotel. Berdasarkan data PDAM Gianyar, golongan i 2 non bintang tapi tidak pakai air 153 bh. Gol i 2 non bintang yang pakai air 413 bh jadi otal 566 bh. Gol i3 hotel bintang tidak pakai air 4 bh. Gol i3 hotel bintang pakai air 14 bh jadi total 18 bh.

“Ada beberapa hotel yang sama sekali tidak pakai airnya tetapi sudah berlangganan PDAM,” tuturnya.

Made Sastra Kencana menambahkan, pemakaian air hotel berbintang hanya 3856 kubik untuk 14 hotel. Jika dibagi maka hasil 275 kubik/hotel atau kebutuhan perhotel per hari per liter hanya 0,106 ltr/det.

” Seyogianya jika hotel bintang minimal 3-5 ltr/det,”tutupnya.

(072)

298

Check Also

Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center

Bangli , Rabu  24  April  2024 Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center       Bali,  …

Renungan  Joger

Bali,  Rabu  24  April  2024 Renungan  Joger 86