Thursday , April 25 2024
Home / Bali / Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.Pemkot Denpasar Gandeng Polresta Denpasar dan Dandim 1611 Badung

Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.Pemkot Denpasar Gandeng Polresta Denpasar dan Dandim 1611 Badung

Denpasar, Jumat 30 April 2021

 

Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.Pemkot Denpasar Gandeng Polresta Denpasar dan Dandim 1611 Badung

 

 

Bali, indonesiaexpose.co.id – Wakil Wali Kota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) pengamanan rangkaian Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang dilaksanakan Polresta Denpasar di kantor setempat, Jumat (30/4).

Rakor yang juga dihadiri oleh Waka Polresta Denpasar, AKBP Wayan Jiartana, perwakilan Dandim 1611 Badung, serta instansi terkait lainnya serta tokoh masyarakat di Kota Denpasar . Rakor yang mengusung tema “ Ops Ketupat Agung 2021” membahas beragam upaya untuk menjamin dan menciptakan rasa aman, nyaman, serta keselamatan masyarakat, terutama umat muslim dalam menyambut, menjalankan, dan setelah bulan suci Ramadhan.

Wakil Walikota Denpasar, Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan pihaknya telah melakukan koordinasi dan komunikasi bersama Desa/Kelurahan se-Kota Denpasar yang akan segera melakukan pembahasan bersama. Selain itu pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk mencegah dan memberantas tindakan kejahatan serta penyakit masyarakat.

“Pemerintah Kota Denpasar siap bersinergi dengan TNI/Polri untuk bersama-sama menciptakan kondisi yang aman, terkendali, dan kondusif. Kami juga sudah melaksanakan rakor dengan Perbekel/Lurah untuk siap siaga dalam menghadapi bulan ramadhan serta kami juga siap menerjunkan personel dari Dinas Perhubungan dan Satpol PP untuk bersama dengan Polresta melakukan upaya preventif dan represif,” ujarnya.

Wakapolresta Denpasar, AKBP Wayan Jiartana mengatakan pelaksanaan lebaran tahun ini sedikit berbeda dengan tahun lalu, kebijakan peniadaan mudik yang dikemukan Presiden Jokowi menjadi salah satu topik yang sangat penting dilaksanakan. Rakor ini digelar untuk menyamakan persepsi dan membuat kesepakatan bersama dalam menghadapi bulan Ramadhan mengingat klaster penyebaran kasus Covid 19 pasca hari raya sangat tinggi.

“Kita bersama-sama menjaga Ramadhan agar bisa melaksanakan ibadah dengan nyaman tanpa gangguan apa pun, meskipun ditiadakannya mudik lebaran kita harus tetap antisipasi karena kemungkinan beberapa masyarakat masih membangkang,” ujarnya.

Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat serta instansi terkait untuk memberantas segala bentuk penyakit masyarakat, serta memperketat pengamanan dan sosialisasi.

“Bila masyarakat melihat adanya penyakit masyarakat, bisa melapor langsung agar segera ditindaklanjuti. Kami tidak bisa menuntaskan semuanya tanpa dukungan masyarakat. Ayo bersama berantas penyakit masyarakat agar Ramadhan tetap kondusif dan terhindar dari klaster penyebaran Covid 19,” ujarnya.

Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol I Gede Ganefo, memaparkan tentang perkiraan ancaman, target kegiatan, upaya preventif dan represif, serta rekomendasi menjelang, selama, dan setelah bulan suci Ramadhan. Upaya preventif dan represif yang dilakukan di antaranya pembentukan 3 pos pantau, posko terpadu serta meningkatkan jumlah personil pengawasan .

“Ada 3 tahapan yang dilaksanakan yakni pra operasi atau sebelum lebaran, hari H, dan paska operasi atau setelah lebaran (arus balik). Sedangkan pos pemantauan dilaksanakan di 3 titik yakni Pos Uma Anyar, Pelabuhan Benoa dan Bandara”, tandasnya. (070)

361

Check Also

Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center

Bangli , Rabu  24  April  2024 Ground  Breaking  Bangli  Sport  Center       Bali,  …

Renungan  Joger

Bali,  Rabu  24  April  2024 Renungan  Joger 86