Friday , July 1 2022
Home / Bali / Puluhan  alumni SMA/K Bali Mandara  Datangi  DPRD Bali 

Puluhan  alumni SMA/K Bali Mandara  Datangi  DPRD Bali 

Denpasar,  Selasa  21  Juni  2022

 

Puluhan  alumni SMA/K Bali Mandara  Datangi  DPRD Bali

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  – Puluhan  alumni SMA/K Bali Mandara yang bergabung dalam Forum Komunikasi Peduli Pendidikan Bali (FKPP Bali) mendatangi gedung DPRD Bali ,jl.Niti Mandala Renon, Senin (20/6/2022) untuk menyampaikan aspirasi mereka mengenai keberlanjutan sistim pendidikan di SMA/K Bali Mandara. Nampak hadir perwakilan dari ormas Hindu seperti KMHDI, Persada Nusantara, Peradah Bali, Prajaniti Bali dan lainnya.

Mereka melakukan aksi damai dengan tuntutan agar pemerintah mengembalikan pola boarding school (sekolah asrama) di SMA Bali Mandara.

Para alumni yang didampingi Wakil Ketua Umum Persadha Nusantara Gede Suardana diterima di lobi Gedung DPRD Bali oleh Wakil Ketua DPRD Bali dari Fraksi Golkar Nyoman Sugawa Korry, Ketua Komisi IV DPRD Bali dari Fraksi PDIP I Gusti Putu Budiartha didampingi anggota Komisi IV lainnya dari Fraksi PDIP, seperti Made Rai Warsa dan Kadek Setiawan.

Suardana di hadapan wakil rakyat menuding Pemprov Bali ada salah analisis terhadap kebutuhan anggaran di SMA Bali Mandara, yang berujung pada keputusan menghentikan pola boarding school di sekolah untuk anak-anak miskin yang didirikan pada Tahun 2011 tersebut.

“Anggaran per siswa yang disebutkan pemerintah senilai Rp 20 juta per tahun, per siswa adalah salah analisisnya. Data yang kita peroleh langsung di SMA Bali Mandara keperluan anggaran seperti untuk makan sehari-hari, buah dan lainnya hanya Rp 800.000 per tahun, per siswa. Itu (Rp 20 juta) adalah salah datanya,” ujar Suardana.

Mantan Ketua KPU Buleleng ini meminta agar DPRD Bali mengagendakan rapat dengar pendapat (RDP) untuk membedah kajian tentang SMA Bali Mandara, yang melibatkan para alumni. Suardana mewakili para alumni menegaskan, tidak masalah jika SMA Bali Mandara ganti nama, yang penting sistem boarding school masih dipertahankan.

Atas aspirasi tersebut, Wakil Ketua DPRD Bali Sugawa Korry mengatakan SMA Bali Mandara selama ini menampung siswa miskin. Proses belajar berjalan dengan baik. Namun, akhir- akhir ini terkendala dengan anggaran pemerintah.

“Penduduk miskin makin bertambah, sementara kuota di SMA Bali Mandara terbatas, sehingga siswa miskin tidak semua ditampung. Maka dilakukan harmonisasi anggaran dengan sebaik-baiknya,” ujar politisi Golkar asal Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Buleleng ini.

Sugawa Korry menegaskan dalam tuntutan terhadap pengembalian sistem sekolah asrama di SMA Bali Mandara jangan ada memaksakan kehendak. Gubernur Bali juga tidak menghapuskan semuanya.

“Gubernur Bali punya program sesuai dengan kewenangannya, tetapi anak-anak kita harus sekolah. Masih ada waktu untuk melakukan kajian, Komisi IV akan lakukan kajian, untuk mencari solusi terbaik. Masih ada waktu buat kita untuk diskusikan,” tegas Ketua DPD I Golkar Bali ini.

Sementara Ketua Komisi IV yang membidangi pendidikan, I Gusti Putu Budiarta alias Gung De di hadapan para alumni mengatakan penyelesaian siswa miskin dan sangat miskin akan diambil pola pemerataan dan berkeadilan.

“Ada 180.000 siswa miskin dan sangat miskin di Bali. Jalan tengahnya ya pemerataan dan harus adil. Kita tidak menghapus, tetapi pemerataan,” tandas politisi PDIP asal Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan ini menyatakan siap berdiskusi mencari solusi terbaik untuk SMA Bali Mandara.

Aksi Damai yang benar benar dalam suasana damai tersebut diakhiri dengan pemberian bunga mawar kepada para anggota dewan yang menerima peserta aksi sebagai tanda aspirasi mereka didasari dengan ketulusan hati demi tersedianya akses pendidikan bagi rakyat miskin Bali.

Ditemui usai aksi damai, Prajaniti Bali yang diwakili oleh Wakil Ketua Bidang Agama dan Lintas Iman, Agung Sudarsa mengutarakan, apa yang sudah baik di masa lalu seperti Program di SMA/K Bali Mandara hendaknya tetap dilanjutkan, karena sangat bermanfaat bagi rakyat miskin yang berprestasi.

(A.A.Md Sudarsana/071)

115

Check Also

ADB Berikan Dukungan Kepada Pemkot Denpasar Terkait Proyek KPBU Alat Penerangan Jalan

Denpasar, Jumat  01  Juli  2022   ADB Berikan Dukungan Kepada Pemkot Denpasar Terkait Proyek KPBU …

Renungan JOGER

Bali, Jumat 01 Juli 2022   Renungan  JOGER   77