Friday , April 19 2024
Home / Bali /

Denpasar, Senin 12 September 2022

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara tinjau Renovasi Pura Batu Arca

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id   –  Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara meninjau pembangunan Pura Batu Arca di Pelabuhan Benoa Bali, Senin (12/09/2022). Pembangunan Pura Batu Arca dilakukan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III dalam konsep Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) yang dijadwalkan rampung pertengahan 2023.

Pada saat proses peninjauan, IGN Jaya Negara menyampaikan Pengembangan Pelabuhan Benoa dalam konsep BMTH harus mengedepankan kearifan lokal Bali dan berwawasan lingkungan, dibangun dengan nuansa Bali dan tidak mengorbankan kepentingan masyarakat dalam melakukan ritual persembahyangan.

“Pengembangan Pelabuhan Benoa tidak akan menghalangi masyarakat yang akan melakukan persembahyangan di Pura Batu Arca, bahkan Pura Batu Arca akan menjadi satu kesatuan konsep dengan BMTH,” ujar Jaya Negara

Lebih lanjut Walikota Denpasar menyampaikan Pura Batu Arca diharapkan dapat menjadi daya Tarik wisata tersendiri karena dapat dilihat langsung dari Jalan Tol Bali Mandara.

Sementara itu Kepala Desa Pemogan, Made Suwirya menyampaikan Pura Batu Arca yang diempon oleh Keluarga Dwi Nusantara dan Koming Setiawan saat ini telah menjadi tempat para pelaut melakukan persembahyangan untuk mengucapkan syukur karena membawa hasil tangkapan dari melaut.

“Masyarakat yang melaut berharap Pura Batu Arca direnovasi menjadi lebih baik agar dapat memudahkan melakukan persembahyangan,” tutup Made Suwirya.(Adv)

259

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Denpasar, Rabu  17  April  2024     62

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …