Friday , March 29 2024
Home / DKI / Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR Gelar Festival Kampung Adat Kranggan 2023

Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR Gelar Festival Kampung Adat Kranggan 2023

Jakarta, Rabu  08  Februari   2023

Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR Gelar Festival Kampung Adat Kranggan 2023

 

Jakarta , indonesiaexpose.co.id  – Fakultas Bisnis LSPR melaksanakan festival budaya dengan nama Festival Kampung Adat Kranggan 2023, pada Sabtu 4 Februari 2023 berlokasikan di Paseban KLM. Jl. Jatirangga Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Acara ini merupakan kolaborasi dari Fakultas Bisnis LSPR Institute Communication and Business dengan Kelurahan Jatirangga. Festival ini sekaligus menjadi kegiatan penutup dari Program Community Development yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa/i Fakultas Bisnis LSPR sejak September 2022.

Festival Kampung Adat Kranggan 2023 menampilkan pameran produk-produk UMKM yang menjadi binaan mahasiswa/i jurusan Entrepreneurship and Leadership dengan Koperasi KLM, showcase video promosi digital cagar budaya maupun atraksi wisata yang ada di Kranggan dan peta destinasi wisata yang telah dibuat oleh mahasiswa/i program studi pariwisata serta showcase video pengembangan website Kelurahan Jatirangga yang dilakukan oleh mahasiswa/i jurusan Digital Business Management. Selain itu juga diramaikan dengan penampilan kesenian Lesung, Pencak Silat, sanggar tari Kranggan serta mengundang musisi lokal Kampung Kranggan maupun penampilan Band Fakultas Bisnis LSPR. Festival Kampung Adat Kranggan ini di inisiasi oleh Royal Enterprise yang merupakan EO yang didirikan oleh mahasiswa/i Program Studi Bisnis Jasa LSPR.

Vitha Octavanny, MM.Par selaku Dosen Subject Coordinator menyatakan tujuan diadakan program ini agar mahasiswa/i mampu merancang dan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dan memberikan solusi yang tepat bagi persoalan yang ada di masyarakat

Acara ini turut di hadiri oleh Bapak Abu Hurairah selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi, didampingi oleh Bapak Ahmad Apandi, S.IP., M. Si selaku Lurah Jatirangga dan Sesepuh Kebudayaan Desa Jatirangga, Abah Olot, serta dihadiri oleh pihak LSPR Ibu Yuliana R Prasetiyawati, M.M selaku Dekan Fakultas Bisnis LSPR dan di hadiri oleh Ibu Rani Chandra Oktaviani M.Si selaku Kepala Pengabdian Masyarakat LSPR, selain itu juga kegiatan ini didukung dan dihadiri oleh seluruh tokoh masyarakat maupun adat Kampung Kranggan yang masih menjunjung tinggi adat istiadat daerahnya.

Yuliana R. Prasetyawati, M.M. (Dekan fakultas bisnis LSPR) menyampaikan dalam sambutannya kerjasama program Community Development antara Fakultas Bisnis LSPR dengan Kelurahan Jatirangga menjadi wadah bagi mahasiswa/i untuk berkontribusi dan hadir secara aktif ditengah masyarakat guna memberikan dampak positif bagi pemberdayaan masyarakat. Hal ini terbukti dengan pengembangan produk UMKM yang telah dilakukan oleh mahasiswa seperti pembuatan produk kemasan sachet jahe merah instan yang siap diminum dan pengembangan produk sambal dalam kemasan botol yang siap dikonsumsi dengan berbagai varian sambal nusantara. Mahasiswa/i juga memberikan pelatihan pemasaran digital, pelatihan kasir pintar dan pelatihan branding.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi  Abu Hurairha, menyampaikan dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan Festival Budaya kampung adat kranggan yang diadakan oleh fakultas bisnis LSPR, oleh karena itu kegiatan ini harus berkesinambungan dan berkelanjutan. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi satu agenda tahunan event pariwisata yang ada di Desa Kranggan. Setelah ditinjau kembali, banyak sekali titik lokasi di kranggan yang diduga akan menjadi potensi objek wisata sehingga selaku Dinas Pariwisata dan Budaya harus memaksimalkan potensi objek wisata yang ada di Desa Kreatif Kranggan.

” Harapannya pada tahun 2024-2025 Dinas Pariwisata akan mendorong seluruh perencanaan sehingga eksistensi kebudayaan di Desa Kreatif Kranggan ini tetap terjaga. Sekali lagi saya ucapan selamat dan sukses untuk seluruh mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR,” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi Abu Hurairha ,melalui siaran tertulisnya, Rabu (08/2/2023).

Ahmad Apandi, S.IP., M. Si (Lurah jatirangga Kota Bekasi) menyampaikan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR yang telah membantu UMKM dibawah binaan Desa Kreatif Kranggan sehingga UMKM di Desa kami dapat menginovasikan serta mengembangkan produknya, melalui packaging maupun inovasi dari produk UMKM tersebut. Serta melalui pembinaan dari mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR, UMKM Keranggan berhasil untuk dapat diliput oleh salah satu Media Nasional Indonesia. Beliau juga mengapresiasikan kepada Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR yang mempunyai inisiatif dan ketertarikan dalam melestarikan budaya Indonesia, khususnya di Desa Kreatif Kranggan.

Ibu Rani Chandra Oktaviani M.Si (Ketua Departemen Pengabdian Masyarakat) menyampaikan Apresiasi tertinggi kepada seluruh pelaksana kegiatan Festival Budaya kampung adat Kranggan yang telah diselenggarakan oleh Mahasiswa Fakultas bisnis, selain itu desa kreatif Keranggan juga merupakan salah satu desa binaan LSPR, sehingga harapannya kegiatan ini tidak selesai hanya terlaksana pada satu semester namun dapat berlanjut di kemudian hari, melalui kolaborasi antara Dosen dan Mahasiswa maupun Inovasi lainnya dari Mahasiswa. Sehingga momen kebudayaan ini tidak hanya berhenti di kegiatan ini saja.

Abah Olot, (Sesepuh Desa Kreatif Kranggan) menyampaikan dalam sambutannya, mengajak mahasiswa Fakultas bisnis untuk tetap semangat sebagai generasi penerus dalam melestarikan budaya. Oleh karena itu, kita bersama harus selaras dan satu tujuan dalam menjaga serta melestarikan budaya Indonesia. Melalui bantuan dari Mahasiswa Fakultas Bisnis LSPR yang juga menjadi pelopor untuk generasi muda kedepan lebih peduli terhadap budaya Indonesia karena generasi muda inilah yang akan melanjutkan saya untuk melestarikan dan mencintai budaya Indonesia.

Chrysanta Christine, mahasiswi LSPR dan merupakan Ketua Komite Pelaksana Festival Kampung Adat Kranggan 2023 mengharapkan festival ini dapat menjadikan langkah awal dalam memperkenalkan Kampung Adat Kranggan sebagai desa Kreatif yang akan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Bekasi.

(011)

501

Check Also

Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Jakarta,  Sabtu  23  Maret  2024 Siap Mengakselerasi Talenta Muda, Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian …

Publikasi Liputan Kelistrikan di Bali, 2 Finalis Raih Juara Nasional di PLN Journalist Awards 2023

Jakarta, Jumat 22 Maret 2024 Publikasi Liputan Kelistrikan di Bali, 2 Finalis Raih Juara Nasional …