Friday , March 29 2024
Home / DKI / Hasil Sidang Kode Etik: Bharada Eliezer Tetap Jadi Anggota Polri

Hasil Sidang Kode Etik: Bharada Eliezer Tetap Jadi Anggota Polri

Jakarta, Rabu 22 Februari 2023

Hasil Sidang Kode Etik: Bharada Eliezer Tetap Jadi Anggota Polri

Bharada Richard Eliezer saat menjalani sidang kode etik profesi Polri ,Rabu (22/2/2023).(Foto/ist)

 

Jakarta, indonesiaexpose.co.id  –  Bharada Richard Eliezer telah rampung menjalani sidang kode etik profesi Polri pada Rabu (22/2/2023) sore ini. Ia dinyatakan tetap menjadi anggota.

“Terduga pelanggar masih dapat dipertahankan untuk tetap berada dalam dinas Polri,” kata  Karopenmas Humas Mabes Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, melalui siaran tertulisnya  di Jakarta ,Rabu (22/2/2023).

Meski begitu, Eliezer tetap dijatuhi hukuman administratif lantaran terbukti melanggar sanksi etika. “Yaitu perilaku pelanggar dinyatakan perbuatan tercela,” ujar Brigjen Pol Ramadhan. Sanksi administratif itu berupa mutasi bersifat demosi selama satu tahun.

Eliezer divonis 1,5 tahun penjara karena dinyatakan bersalah turut serta melakukan pembunuhan berencana. Ia dinyatakan telah melanggar Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Di sisi lain, Eliezer juga berperan sebagai pelaku yang bekerja sama atau justice collaborator (JC).

Sementara Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo sebelumnya telah menyatakan bakal mempertimbangkan seluruh aspek yang dibuka di persidangan sebagai bahan pertimbangan dalam sidang komisi etik Richard Eliezer dan Ricky Rizal.

“Kami akan mempertimbangkan semua aspek yang meringankan maupun untuk hal-hal lain yang tentunya, semuanya akan kami hitung, dan itu kewenangannya nanti ada di Komisi Kode Etik,” tutup Jenderal Pol Listyo Sigit.

(006)

 

246

Check Also

Walikota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023, Kembali Usulkan 4.602 Formasi di Tahun 2024

Denpasar, Kamis  28  Maret  2024 Walikota Jaya Negara Serahkan 1.444 SK PPPK Hasil Seleksi Tahun 2023, …

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …