Tuesday , April 30 2024
Home / Bali / Ketua Pansus, AA Adhi Ardhana Pimpin Rapat DPRD Bahas Raperda Haluan Pembangunan Bali Masa Depan 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125

Ketua Pansus, AA Adhi Ardhana Pimpin Rapat DPRD Bahas Raperda Haluan Pembangunan Bali Masa Depan 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125

Denpasar, Selasa  27  Juni  2023

Ketua Pansus, AA Adhi Ardhana Pimpin Rapat DPRD Bahas Raperda Haluan Pembangunan Bali Masa Depan 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125

 

Bali, indonesiaexpose.co.id – DPRD Bali Adakan rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Bali tentang Haluan Pembangunan Bali Masa Depan 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125, pada, Senin 26 Juni 2023.Rapat tersebut dipimpin langsung oleh, Ketua Komisi 3 AA Adhi Ardhana.

Dilanjutkan dengan rapat pembahasan oleh Pansus Raperda Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125 melakukan rapat ekrja dengan OPD terkait dan para kelompok ahli DPRD Bali di Ruang Gabungan DPRD Bali.

Ketua Pansus, AA Adhi Ardhana menegaskan, Raperda itu tertera dalam Perda dan Lampiran.

“Dalam lampiran ini dijelaskan, apa yang akan kita tuju dan harapkan. Di dalamnya dijelaskan banyak hal mulai dari hidup bermasyarakat termasuk insfrastruktur dll,” ujar A.A.Adhi Ardana.

Diharapkan Perda itu memberikan arahan lima kali Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Satu garis pada tujuannya berharap mimpi 20 tahun ke depan, Bali tetap hijau, memiliki budaya Bali dan sumber kepariwisataan tetap berjalan dan bagaimana Bali menyiapkan pangannya, mandiri dalam perekonomian dan bisa berjalan dengan baik.

“Perda itu dapat dapat menjadi arahan lima kali RPJMD,” ukarnya.

Kehadiran Raperda ini juga akan menata bagaimana kepariwisataan Bali ke depan, termasuk bagaimana budaya Bali akan dipertahankan ke depannya di tengah arus globalisasi.

“Bagaimana kita berupaya mempertahankan, secara teknis misalnya dari kepemilikan lahan dan kependudukan di Bali,” kata Adhi Ardhana.

Menurutnya, Rapat Paripurna sebelumnya, Pandangan Umum Fraksi hampir semua fraksi menyambut positif dan memberikan masukan-masukan atau usulan.

“Mereka tidak menyatakan kesalahan, tapi mereka ingin menambahkan atau mengisi usulan,” imbuhnya.

Dikatakan pula, dalam rapat kerja, ada beberapa hal tertentu yang memang belum masuk, diupayakan demi penyempurnaan Raperda tersebut.

Pada kesempatan itu, dibahas pula pengeolahan produk hasil peternakan dan hasil pertanian termasuk neraca pangan.

Misalnya kebutuhan babi dan bebek untuk upakara bagi Bali begitu besar. “Saya kira semua saling mengisi,” jelasnya.

“Upaya itu pula dalam mewujudkan kemandirian pangan Bali, disamping menata sektor pariwisata Bali yang tengah menjadi perhatian publik, termasuk Presiden V RI Megawati,” pungkas Adhi Ardana.
(080)

 

 

347

Check Also

Angelus Buana, Bupati Giri Disambut Ribuan Warga Tabanan

Tabanan,  Senin  29  April   2024 Angelus Buana, Bupati Giri Disambut Ribuan Warga Tabanan     …

dr. Jaya Kusuma Ketum FHI Bali  : Bangun Sinergi Genjot Pembinaan Atlet Wujudkan Prestasi Olahraga Hockey

Gianyar, Senin  29  April   2024 dr. Jaya Kusuma Ketum FHI Bali  : Bangun Sinergi Genjot Pembinaan Atlet …