Friday , May 3 2024
Home / Bali / Top 10  Jazz Internasional, Ubud Village Jazz Festival akan digelar di Sthala Ubud, pada 28-29 Juli 2023 

Top 10  Jazz Internasional, Ubud Village Jazz Festival akan digelar di Sthala Ubud, pada 28-29 Juli 2023 

Denpasar, Jumat  21  Juli  2023

Top 10  Jazz Internasional, Ubud Village Jazz Festival akan digelar di Sthala Ubud, pada 28-29 Juli 2023

 

Acara konferensi pers Ubud Village Jass Vestival   2023 di Goro-Goro Cafe & Kitchen, Jalan Bypass Ngurah Rai Sanur Nomor 157 Denpasar, Jumat, 21 Juli 2023.

 

Bali, indonesiaexpose.co.id – Event Jazz bertaraf internasional yang disebut UVJF atau Ubud Village Jazz Festival akan digelar di Sthala Ubud, pada 28-29 Juli 2023 mendatang.

Event Jazz internasional yang pada tahun 2023 ini memasuki tahun ke-10 terpilih menjadi 10 BESR EVENT KEN atau Kharisma Event Nusantara dari Kemenparekraf atau Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan, sejumlah musisi yang berbakat dan terkenal dari segala penjuru Nusantara dan dunia akan berkumpul dalam acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut. Sejumlah musisi tersebut, diantaranya adalah Kevin Hays Trio (USA) sebagai pemenang Grammy Award dan juga deretan musisi lainnya, seperti Pere Bujosa Trio (Spanyol), Henk Kraajeveld Quintet (Belanda) serta Manna Trio yang akan tampil bersama legenda bass Indonesia Mates, Rio Moreno Latin Combo (Indonesia), Amanda Lee (Singapura), Wilson Quah (Malaysia-Indonesia), Jeremie Ternoy (Prancis), Yuri Mahatma & Astrid Sulaiman (Indonesia). Selain itu, juga didukung pianis muda dan berbakat Nadine Adriana (Bandung-Indonesia), Etawa Jazz (Jogjakarta) serta masih banyak lagi musisi lainnya.

Yuri Mahatma selaku Co-Founder UVJF 2023 mengatakan, hal yang membedakan dalam satu festival jazz selalu tetap ada benang merah, konser musik. Hanya saja saya sebagai artist kurator misinya adalah bagaimana menciptakan network kepada musisi2 untuk lebih go international dsb.

” Sebelum pandemi, saya mengikuti pemain indonesia kendang ke luar negeri australia untuk bekerja sama. Acara tersebutlah yang memperkaya kreativitas musisi2 indonesia dengan channel luar negeri. Jonathan bermain dengan orang korea dll, hal-hal seperti itu yang kita harapkan agar terjadi sinergi ini, dengan profesionalisme. Harus ada impact untuk festival ini,” terang Yuri saat konferensi pers UVJF  2023 di Goro-Goro Cafe & Kitchen, Jalan Bypass Ngurah Rai Sanur Nomor 157 Denpasar, Jumat, 21 Juli 2023.

Yuri Mahatma menyampaikan pihaknya telah mengadakan festival tersebut di ARMA Ubud selama sembilan tahun dengan jumlah pengunjung terus bertambah. “Namun, memasuki usia satu dekade, event UVJF 2023 akan diadakan di lokasi baru. Kami harapkan, jumlah pengunjung juga bertambah secara signifikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Arsitek Festival Klik Swantara mengatakan, bahwa pihaknya akan menggunakan sihir kreativitasnya, guna menciptakan suasana bagaikan mimpi, yang menggabungkan ruang untuk bisnis kuliner lokal dan perusahaan kecil dari sektor kreatif guna menambah pengalaman acara secara keseluruhan. “Kami ingin menjaring tidak hanya penggemar jazz, tetapi juga demografis yang lebih luas. Perayaan tahun ke-10 ini menandai gerakan untuk kembali dengan kekuatan penuh, pasca pandemi di seluruh dunia,” sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, General Manager Sthala, a Tribute Portfolio Hotel Ubud Bali by Marriot International, Lasta Arimbawa memaparkan, bahwa kerjasama seperti ini bukan hal pertama lantaran sebelumnya Sthala Ubud juga sangat antusias terhadap Pre-Event UVJF. Mengingat, Tim UVJF sudah 10 kali mengadakan event ini secara profesional, sehingga Sthala Ubud sangat berterima kasih untuk menjalin bekerjasama menyukseskan event Ubud Village Jazz Festival atau UVJF 2023.

“Tempat baru, stage akan lebih dari tahun lalu, dan dapatkan tiket, untuk turut merayakan peringatan ke-10 tahun, pada 28-29 Juli 2023 di Sthala Ubud,” tambahnya.

Disisi lain, Ketua Tim Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bali, I Ketut Yadnya Winarta mengatakan, Dinas Pariwisata Provinsi Bali sejak awal mengusulkan Ubud Village Jazz Festival 2023 sebagai salah satu bagian dari program KEN atau Karisma Event Nusantara yang merupakan event-event unggulan yang ada di setiap daerah di Indonesia.

Selama dekade terakhir, UVJF telah dipercaya oleh kedutaan internasional sebagai platform untuk menampilkan musisi jazz dari masing-masing negara. Untuk tahun ini, UVJF 2023 mendapat dukungan dari Departemen Urusan Kebudayaan Perancis, yakni Instiut Français Indonésie, Association Jazz Croise dan juga dari Belanda (Erasmus Huis) serta Spanyol (Institute d’Estudies Balearics) hingga Rusia (Rostov Jazz School and Administration of the city of Rostov-on Don).

(080)

570

Check Also

Renungan Joger

Bali, Kamis 02 Mei 2024 Renungan  Joger 190

Indonesia Expose.co.id

Bali, Rabu 01 Mei 2024 82