Friday , May 3 2024
Home / Bali / Digitalisasi merupakan keharusan untuk Menggerakkan Pelaku Usaha UMKM Bali

Digitalisasi merupakan keharusan untuk Menggerakkan Pelaku Usaha UMKM Bali

Denpasar, Kamis  22  Februari  2024

Digitalisasi merupakan keharusan untuk Menggerakkan Pelaku Usaha UMKM Bali

 

Bank Indonesia Provinsi Bali gelar pertemuan bersama pelaku UMKM dengan tema ‘ Akselerasi UMKM Bali Go Di Gital Go Global’ bertempat di kantor BI Bali ruang Graha Tirta Gangga , di Denpasar, Rabu (21/2/2024).(Foto/indonesiaexpose.co.id)

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  – Bank Indonesia Perwakilan Bali gelar pertemuan bersama pelaku usaha UMKM Bali dengan tema Go Digital Go Global bertempat di Graha Tirta Gangga ,Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, di Denpasar, Rabu 21 Februari 2024.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bali Erwin Soeriadimadja mengatakan peran digital sangat membantu perkembangan dan pertumbuhan para pelaku UMKM memasarkan produknya. Digitalisasi bukan lagi sebuah media pilihan melainkan sebuah keharusan untuk menggerakan sektor riil seperti pelaku usaha kecil menengah di Bali.

” Pertumbuhan ekonomi Bali yang mencapai 5,72 sudah cukup baik dan inflasi terjaga. Kondisi ini mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah ini di mana sektor utamanya adalah pariwisata serta didukung dengan adanya lapangan usaha akomodasi, jasa dan perdagangan,” kata KpwBi Bali Erwin Soeriadimadja di acara Akselerasi UMKM Bali Go Di Gital Go Global bertempat di Graha Tirta Gangga ,Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, di Denpasar, Rabu 21 Februari 2024.

Menurut Erwin  peran UMKM di Bali semangat menggerakan pariwisata di Bali, dengan kehadiran 5, 8 juta wisatawan mancanegara memberi ruang lebih pada pelaku usaha di Bali.

“Ini kesempatan yang baik untuk memberikan peluang kepada teman teman UKM, dan hari ini kami ingin mendengar masukan apa saja dari pelaku UKM dalam upaya meningkatkan kinerja, kualitas tidak saja lokal melainkan nasional bahkan internasional,” terangnya.

Erwin menjelaskan, masukan para UMKM yang hadir hari ini dapat diketahui apa yang harus dilakukan ke depan, sehingga bisa melakukan penguatan UMKM di masa depan. Ada tambahan ilmu dan bekal untuk masuk di dunia digital dengan menghadirkan para platform digital dalam mesarkan produknya.

” Guna menjaga peran UMKM di Bali, ada 3 hal yang menjadi fokus yang perlu diperhatikan. Pertama mendorong menjaga stok pangan. Kedua, lokal ekonomi development seperti keunggulan pertanian, perkebunan dan sebagainya. Ketiga, bagaimanana mendorong UMKM melakukan ekspor, tentunya melihat permintaan atau demand yang tinggi.

“Hemat saya tiga langkah itu, makin memberikan kontribusi untuk Bali, jadi peran digitalisasi sangat signifikan,” tegas Erwin.

Sementara itu, I Wayan Jarta selaku Ketua Harian Dekrasnasda Provinsi Bali mewakili Ketua Pj Dekranasda Provinsi Bali menyebutkan ratusan UMKM di bawah binaan BI menuju akselerasi global patut diapresiasi. Hal ini mendorong peran UMKM di Bali ke arah lebih maju, dan berkembang di tengah masyarakat global.

“Digitalisasi bukan lagi sebuah media pilihan melainkan sebuah keharusan untuk menggerakan sektor riil seperti pelaku usaha kecil Menengah di Bali. Kami terus mensuport umkm pelaku kerajinan agar produknya berkembang terlebih Bali memiliki karya yang unik sehingga mampu memberikan nilai lebih bagi bagi perajin,” paparnya.

(080)

146

Check Also

Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, bertajuk Edukasi Cinta  Bangga dan Paham Rupiah,Melalui Lagu Tari Legong, akan tercatat Rekor MURI

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024 Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, …

Renungan Joger

Bali, Kamis 02 Mei 2024 Renungan  Joger 216