Saturday , May 4 2024
Home / Jawa Timur / Peringatan Otoda XXVIII Tahun 2024 , Wali Kota Denpasar Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan Dari Mendagri 

Peringatan Otoda XXVIII Tahun 2024 , Wali Kota Denpasar Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan Dari Mendagri 

Surabaya, Kamis  25  April  2024

Peringatan Otoda XXVIII Tahun 2024 , Wali Kota Denpasar Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan Dari Mendagri

 

Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menerima Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI yang disematkan oleh Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian, dan Penghargaan kepada Kota Denpasar atas Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah pada EPPD di Balaikota Surabaya, Kamis (25/4/2024).

Jawa Timur,  indonesiaexpose.co.id  –  Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII Tahun 2024 dilaksanakan di Balai Kota Surabaya, Kamis (25/4/2024). Pelaksanaan Upacara dengan Inspektur Upacara, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Muhammad Tito Karnavian tersebut, dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota seluruh Indonesia.

Dalam peringatan Tahun ini, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menerima sekaligus dua penghargaan Nasional yang diserahkan langsung Mendagri RI, Muhammad Tito Karnavian. Penghargaan tersebut meliputi Penganugrahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dari Presiden RI dan Penghargaan kepada Kota Denpasar atas Prestasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah atas Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD).

Kedua penganugrahan ini tidak terlepas dari keberhasilan Pemerintah Kota Denpasar dalam memaksimalkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang baik, serta mendapat apresiasi dari tingkat provinsi hingga nasional. Bahkan dalam rangkaian peringatan Hari Otoda Ke- XXVIII, Pemkot Denpasar mendapatkan penghargaan atas status kinerja tinggi dari hasil EPPD secara Nasional Tahun 2023. Adapun pada hasil penilaian tersebut Kota Denpasar meraih peringkat 10 besar dari 93 kota di seluruh Indonesia, dengan meraih skor tinggi mencapai 3,4439 dengan status kinerja tinggi.

Hal tersebut merupakan wujud nyata dari komitmen Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa yang senantiasa menggerakan pembangunan dan pelayanan publik melalui inovasi dalam balutan Visi Misi Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.
Hal ini juga digerakan dalam motto Sewaka Dharma, yakni melayani adalah kewajiban serta diwujudkan dengan prinsip Vasudhaiva Kutumbakam atau “Menyama Braya”.

Sementara itu, Mendagri RI, Tito Karnavian dalam sambutannya menjelaskan bahwa otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom. Hal ini untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat. Berdasarkan prinsip dasar ini, otonomi daerah dirancang untuk mencapai tujuan kesejahteraan dan demokrasi.

Di samping itu, perjalanan otonomi daerah telah mencapai tahap kematangan untuk melahirkan terobosan kebijakan dalam identifikasi dan perencanaan wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi, dengan memperhitungkan aspek keadilan sosial dan pelestarian lingkungan.

“Di bidang kesejahteraan, desentralisasi bertujuan memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan ekonomis serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Sementara itu, dalam demokrasi, desentralisasi mempercepat terwujudnya masyarakat madani melalui proses demokrasi yang lebih langsung,” ujar Tito Karnavian, sembari mengharapkan, semoga peringatan Hari Otoda ke- XXVIII ini menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dalam membangun bangsa dan negara yang berkelanjutan.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menyampaikan, rasa syukur atas diraihnya Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dan penghargaan yang diraih Pemkot Denpasar dalam EPPD. Jaya Negara juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung pembangunan di Kota Denpasar.

“Kami menyadari pembangunan pada tahun ini masih banyak hal yang harus dioptimalkan, sehingga menjadi evaluasi untuk terus berbenah. Capaian ini dijadikan cambuk untuk memotivasi diri agar senantiasa memberikan pelayanan maksimal serta terus berinovasi,” tutup Jaya Negara.

(Adv)

124

Check Also

Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024   Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, …

Indonesia Expose.co.id

Bali, Rabu 01 Mei 2024 102