Tuesday , May 17 2022
Breaking News
Home / Berita Utama / Bantuan Ratusan Alsintan Diserahkan, Bupati : Jangan Diselewengkan

Bantuan Ratusan Alsintan Diserahkan, Bupati : Jangan Diselewengkan

Rembang, Senin 13 Desember 2021

 

Bantuan Ratusan Alsintan Diserahkan, Bupati : Jangan Diselewengkan

 

 

 

Jawa Tengah, indonesiaexpose.co.id  – Tepat pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Kamis (9/12/2021), Pemerintah Kabupaten Rembang menyerahkan ratusan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), di lapangan Desa Panohan, Kecamatan Gunem Rembang.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menegaskan, jangan sampai ada tindak korupsi, dalam penyaluran bantuan tersebut, karena pihaknya tidak memungut uang serupiahpun.

“Hari ini Hari Antikorupsi Sedunia, jadi ada korelasi dengan bantuan ini,” tutur Bupati Rembang, Abdul Hafidz melalui siaran tertulisnya, di Rembang,Jateng, Senin (13/12/2021).

Ia mengingatkan, bantuan alat mesin pertanian bukan untuk perorangan, melainkan untuk bantuan kelompok.

“Sering saya sampaikan, ini adalah bantuan kelompok, bukan perorangan, ” imbuh upati.

Karenanya, Hafidz mendorong pengoperasian dan pengelolaan alat mesin pertanian ditangani dengan baik. Jika nantinya ada pihak-pihak yang bermain atau menyelewengkan, bupati memastikan akan meminta bantuan aparat penegak hukum untuk mengusut tuntas.

“Kalau prosesnya tidak baik, maka hasilnya akan tidak baik. Kalau dikelola dengan manajemen yang baik, insyaallah hasilnya akan baik. Bapak ibu TNI/Polisi, Kejaksaan, DPRD ikut hadir. Harapan saya, para penerima tidak ada yang bermain-main. Kalau ada yang main-main, pak polisi, ibu kejaksaan pasti akan turun,” paparnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pertanian Dan Pangan Kabupaten Rembang, Agus Iwan Haswanto menyampaikan pihaknya menggelontorkan anggaran Rp6,4 miliar, untuk pengadaan alat mesin pertanian. Alat itu dibeli dengan Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Bantuan berupa 118 unit traktor roda dua, 42 unit traktor rotary, 22 unit pompa air 22, 88 unit cultivator, 15 unit perajang tembakau, dan 178 unit hand sprayer (alat semprot).

Dengan bantuan tersebut, katanya, petani diharapkan lebih cepat mengolah lahan. Sehingga efektif memanfaatkan ketersediaan air pada awal musim hujan.

“Soalnya lahan di Kabupaten Rembang dominan tadah hujan, sehingga petani perlu percepatan mengolah lahan. Pemkab Rembang membantu Alsintan, agar ada efisiensi dari sisi waktu dan biaya, ” papar Agus.

Agus berharap dengan cara itu, produksi pertanian akan meningkat, sekaligus mendongkrak kesejahteraan petani.

(048)

 

 

222

Check Also

Bali,  Selasa  17  Mei 2022 60

Renungan  JOGER

Bali,  Selasa  17  Mei 2022   Renungan  JOGER   74