Friday , April 19 2024
Home / Bali / Bupati Made Gianyar Sebut Bunuh Diri Dan Kecelakaan Penyebab Belum Tingginya Usia Harapan Hidup Di Bangli

Bupati Made Gianyar Sebut Bunuh Diri Dan Kecelakaan Penyebab Belum Tingginya Usia Harapan Hidup Di Bangli

Bangli, Selasa 12 Maret 2019

 

Bupati Made Gianyar Sebut Bunuh Diri Dan Kecelakaan Penyebab Belum Tingginya Usia Harapan Hidup Di Bangli

Foto/Ist

 

BALI, INDEX – Bupati Bangli I Made Gianyar mengatakan, selain karena kasus kematian ibu dan bayi baru lahir, faktor utama yang menjadi penyebab belum tingginya usia harapan hidup di Kabupaten Bangli karena angka bunuh diri dan kecelakaan yang masih tinggi. Hal ini disampaikan Bupati Made Gianyar saat menghadiri pengukuhan 33 orang Bidan Praktek Mandiri menjadi Bidan Delima (Bidel) di Ruang Pertemuan Utama, RSUD Bangli,belum lama ini.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua IBI Provinsi Bali Ni Ketut Adi Arini, Kadis Kesehatan Bangli dr. I Nengah Nadi, M.Kes dan pengurus dan anggota IBI Kabupaten Bangli. Lebih lanjut Bupati Made Gianyar mengatakan, yang menjadi permasalahn utama kasus bunuh diri di Kabupaten Bangli selama ini terjadi pada usia produktif dan didominasi oleh Anak Baru Gede (ABG).
“Gara-gara tidak dibeliin HP bunuh diri. Gara-gara ditinggal pacar bunuh diri. Dan ini tentu menjadi permasalahan serius”terangnya.

Oleh karenanya, untuk menekan kasus bunuh diri di Kabupaten Bangli, sehingga berimbas pada meningkatnya usia harapan hidup, Bupati Made Gianyar meminta Dinas Kesehatan Kabupaten Bangli bisa menggandeng forum keumatan, seperti Parisadha Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kabupaten Bangli, maupun instansi terkait lain seperti Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangli.

Jelas Bupati Made Gianyar, dengan menggadeng PHDI masyarakat bisa diberikan edukasi bahwa mati dengan bunuh diri (ulah pati) tidak baik dan tidak dibenarkan oleh agama. Begitu juga dengan menggadeng Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ia mengatakan, disana banyak ilmu-ilmu bagus dalam pendampingan anak usia dini, remaja, bahkan sampai lansia.

“ Yang saya tahu, disana (Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) banyak ada program-program bagus. Ada Bina Keluarga Balita (BKB), ada Bina Keluarga Remaja (BKR) dan ada Bina Keluarga Lansia (BKL). Dengan koordinasi yang baik, tentu semua permasalahan akan bisa diatasi,”jelasnya.

Terkait dengan pengukuhan Bidan Delima, Bupati Made Gianyar mengatakan, Bidan adalah salah satu tenaga kesehayan yang ada di garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan, khususnya pelayanan kesehatan ibu dan bayi. Untuk itu Bupati Made Gianyar meminta para Bidan bisa terus meningkatkan kompetensi dan pengetahuannya agar pelayanan kepada masyarakat bisa terus ditingkatkan.

Selain itu, setelah menyimak Hymne IBI yang dinyanyikan saat acara pengukuhan berlangsung, Bupati Made Gianyar mengatakan, setiap kata dalam lirik Hymna IBI sarat dengan makna dan pengabdian yang sangat luar biasa untuk kemanusiaan. Untuk itu Bupati Made Gianyar mengajak seluruh Bidan untuk bisa menghayati dan melaksanakan apa yang ada dalam setiap bait maupun kata dalam lagu Hymna IBI.

“Tadi saya dengarkan Hymnenya IBI sangat luar biasa. Untuk itu saya minta seluruh bidan di Kabupaten Bangli bisa memahami dan melaksanakan semua pesan yang disampaikan Hymna IBI. Paling tidak dari 100, 90 persen bisa dilaksanakan. Syukur-syukur bisa 95 sampai 99,9 persen hymna IBI bisa dilaksanakan,”serunya.

Sementara itu, Ketua IBI Provinsi Bali Ni Ketut Adi Arini mengatakan, Bidan Delima merupakan system standarisasi kualitas pelayanan bidan praktek mandiri, dengan penekanan pada monitoring dan evaluasi serta kegiatan pembinaan ataupun pelatihan yang rutin dan berkesinambungan.

Menurutnya, untuk menjadi Bidan delima, seorang Bidan praktek mandiri harus mengikuti beberapa proses, sehingga bisa dikukuhkan menjadi seorang Bidan Delima.

” Proses seleksi Bidan Delima diawali dengan pendaftaran, prakualifikasi dan verifikasi hasil, dilanjutkan dengan proses belajar melalui kajian mandiri, selanjutnya fasilitator Bidan Delima akan melakukan validasi dan verifikasi sebelum dinyatakan lulus menjadi Bidan Delima,”imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini IBI Cabang Bangli memiliki 330 orang anggota. Dari jumlah tersebut, 63 orang melaksanakan praktek mandiri.

Sambung dia, sebelum disaksanakan pengukuhan hari ini, dari 63 orang bidan praktek mandiri, hanya 30 bidan yang sudah menjadi Bidan Delima. Sedangkan setelah pengukuhan terharap 33 orang bidan praktek mandiri hari ini, artinya seluruh bidan praktek mandiri di Kabupaten Bangli sudah menjadi Bidan Delima.

“Hari ini, dengan dilaksanakan pengukuhan terhadap 33 orang bidan menjadi Bidan Delima, artinya seluruh Bidan Praktek Mandiri di Kabupaten Bangli sudah menjadi Bidan Delima”pungkasnya.(hms/011)

478

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Denpasar, Rabu  17  April  2024     63

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …