Friday , April 26 2024
Home / Bali / Dekranasda Kota Banjarmasin Adopsi Program Pembinaan Perajin Denpasar

Dekranasda Kota Banjarmasin Adopsi Program Pembinaan Perajin Denpasar

Denpasar, Jumat  15  November  2019

 

Dekranasda Kota Banjarmasin Adopsi Program Pembinaan Perajin Denpasar

 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Denpasar, Made Erwin Suryadharma Sena bersama Wakil Ketua Harian Dekranasda Denpasar, Ny. I.A Kerti Rai Iswara di Gedung Santhi Graha Denpasar saat menerima rombongan Dekranasda Banjarmasin, Jumat (15/11/2019)

 

BALI, INDEX  –  Monitoring evaluasi dan pembinaan perajin Kota Denpasar yang menjadi agenda rutin dalam program kerja Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar diadopsi Dekranasda Banjarmasin. Hal tersebut terungkap saat kunjungan kerja Dekranasda Kota Banjarmasin bertandang ke Dekranasda Kota Denpasar, Jumat (15/11/2019).

 

Kunjungan ini diterima Kepala Dinas Koperasi dan UKM Denpasar, Made Erwin Suryadharma Sena bersama Wakil Ketua Harian Dekranasda Denpasar, Ny. I.A Kerti Rai Iswara di Gedung Santhi Graha Denpasar.

 

Rombongan terdiri dari Wakil Ketua Dekranasda, dan para perajin dipimpin langsung Ketua Dekranasda, dr. Hj. Siti Wasilah, M.Si, Med. Ia menyampaikan kunjungan kali ini tidak terelepas dari kesuksesan Dekranasda Denpasar melalui Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra bersama Wakil Ketua Ny. Antari Jaya Negara serta anggota dalam melakukan program pembinaan perajin di Kota Denpasar.

 

“Beberapa informasi kesuksesan ini kami dapat di media-media online bahwa pembinaan perajin di Denpasar dilakukan lewat inovasi dan berkesinambungan,” ujarnya.

 

Sehingga kami melakukan langkah untuk datang langsung ke Dekranasda Kota Denpasar untuk mengadopsi langkah dan program yang telah dilakukan sehingga dapat kami lakukan di Dekranasda Kota Banjarmasin. Pihaknya juga menyampaikan bahwa Kota Banjarmasin terkenal dengan kota seribu sungai dengan kain sasirangan. Dari pertemuan ini kami harapkan dapat bertukar pikiran bersama Dekranasda Denpasar yang nantinya mampu memberikan dampak positif bagi perajin di kota kami disamping itu khusu pada kain sasirangan bisa menjadi semakin terangkat hingga international.

 

“Kami sekarang ada tugas besar di APPMI Kota Banjarmasin yaitu membina para pengrajin agar para pengrajin kita semakin bisa menghasilkan karya-karya yang semakin layak untuk dituangkan ke dalam desain fashion,” ucap Siti Wasilah.

 

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Denpasar, Made Erwin Suryadharma Sena menyampaikan bahwa di bawah Ketua Dekranasda Denpasar Ny Selly Dharmawijaya Mantra, terus melakukan pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil menengah (UMKM) atau perajin yang ada di Kota Denpasar.

 

Pembinaan ini juga tak terlepas dari keberadaan UMKM dibawah Dinas Perindustrain dan Perdagangan Kota Denpasar, Bagian Perekonomian serta Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar. Dari data tercatat UMKM Deskranada Kota Denpasar membina sebanyak 30.761 pengerajin. Dari jumlah tersebut pembinaan dilakukan lewat sinergitas OPD terkait. Untuk pembinaan industri dan perdagangan dibina oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, kuliner dan wirausaha muda dibina oleh Bagian Perekonomian. Terkait kerajinan atau perajin dibina langsung Deskranada Kota Denpasar, sedangkan kerajinan yang lainnya adalah binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar.

 

Disamping itu juga memfasilitasi perajin lewat keberadaan Rumah Belanja Denpasar bekerja sama dengan pihak perbankan yang mendapat respon positif dari para perajin Denpasar. Namun Dekranasda Denpasar terus mendorong untuk secara bersama-sama memanfaatkan ruang ini sebagai media promosi. Rumah Belanja Denpasar berada dalam satu kawasan layanan Desain Denpasar, dan E-Commerce atau perdagangan secara elektronik. Promosi produk perajin Denpasar tidak hanya di Rumah Belanja, namun juga melibatkan produk perajin dalam E-commerce.
(071)

318

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Kamis  25  April  2024 Renungan  Joger 73

Walikota Jaya Negara Buka Sosialisasi Pengelolaan APBD Kota Denpasar, Wujudkan Tata Kelola Keuangan Yang Tertib, Transparan Dan Akuntabel.

Denpasar, Rabu  24  April  2024 Walikota Jaya Negara Buka Sosialisasi Pengelolaan APBD Kota Denpasar, Wujudkan …