Sunday , December 15 2019
Home / Bali / Pemkot Denpasar Ngaturang Bakti Penganyar Di Pura Agung Kentel Gumi, Klungkung

Pemkot Denpasar Ngaturang Bakti Penganyar Di Pura Agung Kentel Gumi, Klungkung

Semarapura, Senin  18  November  2019

 

Pemkot Denpasar Ngaturang Bakti Penganyar Di Pura Agung Kentel Gumi, Klungkung

 

 

Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN Rai Iswara ngaturang puja bakti bersama seluruh pemedek di Pura Agung Kentel Gumi Klungkung, Minggu (17/11/2019).

 

BALI,  INDEX  –  Serangkaian Karya Ngusaba Jagat Pura Agung Kentel Gumi Kabupaten Klungkung yang telah berlangsung pada Anggara Umanis Wayang, Selasa (12/11), Pemerintah Kota Denpasar yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Denpasar, AAN Rai Iswara ngaturang bhakti penganyar, Minggu (17/11).

 

Bhakti penganyar ini juga dihadiri Kepala Bagian Kesra, Raka Purwantara Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa Camat Denpasar Selatan I Wayan Budha beserta staf dilingkungan Pemkot Denpasar.

 

Rangkaian upacara Nganyarin ini dipuput oleh Ida Pedanda Putra Mas, Geriya Balun Denpasar. Pelaksanaan Nganyarin Pemkot Denpasar ini berlangsung dengan sangat khusuk diiringi dengan berbagai tarian yakni Tari Rejang Sari, Tari Rejang Renteng, Sekaa Topeng, Kekidungan, serta tetabuhan dari Sekaa Gong Desa Pemecutan Kaja Denpasar.

 

Sekretaris Daerah Kota Denpasar AAN Rai Iswara mengatakan Bhakti Penganyar yang di laksanakan di Pura Agung Kentel Gumi merupakan suatu wujud rasa syukur yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam upaya melanjutkan pembangunan di Kota Denpasar. Dengan selalu memohon petunjuk kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara ini mampu memantapkan Sradha Bhakti kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari namun tak terlepas dari hal tersebut, dengan pelaksanaan bhakti penganyar ini merupakan wujud rasa syukur yang diberikan Pemkot Denpasar kehadapan-Nya, agar senantiasa diberi kedamaian dan kesejahteraan.

 

“Kita berharap kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar dan Bali pada umumnya dengan adanya upacara seperti ini nantinya dapat meningkatkan rasa bakti kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dan dengan terlaksananya karya ini menjadi berkah untuk kesejahteraan masyarakat serta umat se-dharma,” kata Rai Iswara.

 

Sementara Ketua Panitia, Dewa Made Tirta, mengatakan rangkaian Karya Pegusabhan Jagat Pura Kentel Gumi (Puseh Jagat) Kabupaten Klungkung, sudah diawali dengan prosesi nanceb taring pada Soma, Paing, Menail, Senin, 14 Oktober 2019, Ngawit Nyuci, Ngingsah lan Negtegan pada Redite, Pon, Prangbakat, Minggu, 20 Oktober 2019, Nedunang Ida Bhatara Manca, Nedunang Ida Bhatara Pura Agung Kentel Gumi, Ngiyas Ida Betara pada Saniscara, Pon, Ugu, Sabtu, 9 Nopember 2019, Melasti, Memasar, Ngaturang Ayaban pada Redite, Wage, Wayang, Minggu, 10 Nopember 2019, Pucak Pujawali pada Anggara, Umanis, Wayang, Selasa, 12 Nopember 2019 dan Ida Bhatara mesineb pada Saniscara, Paing, Klawu, 23 Nopember 2019 mendatang.

(075)

Check Also

Setelah Raih Predikat ZI , Kapolres Sumedang Kini Raih WBBM

Sumedang, Kamis 12  Desember  2019     Setelah Raih Predikat ZI , Kapolres Sumedang Kini …

Peringati  HARKANNAS, PKK Denpasar Raih Peringkat IV Nasional Lomba Masak Kategori Menu Keluarga

Denpasar,  Sabtu  14  Desember  2019     Peringati  HARKANNAS, PKK Denpasar Raih Peringkat IV Nasional …