Thursday , April 15 2021
Home / DKI / Semen Indonesia  Gandeng   BNI  Kembangkan Solusi  Digital  Value Chain 

Semen Indonesia  Gandeng   BNI  Kembangkan Solusi  Digital  Value Chain 

Jakarta,  Selasa  6  April  2021

 

Semen Indonesia  Gandeng   BNI  Kembangkan Solusi  Digital  Value Chain

Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso (kedua kanan) dan Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar (kedua  kiri) di Jakarta, Senin (5/4/2021).(Foto/Ist)

 

Jakarta, indonesiaexpose.co.id – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Solusi Digital Value Chain untuk Pembiayaan Distributor Mitra SIG.

Kerjasama ini diharapkan akan memperkuat pemberdayaan para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM), terutama para distributor semen dan non semen, sehingga terbentuk closed loop ecosystem pada rantai usaha SIG.

Kerjasama antar kedua BUMN tersebut di tandaai dengan  penandatanganan perjanjian Kerjasam (PKS) antara Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso dan Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar di Jakarta, Senin (5/4/2021).

Solusi Digital Value Chain merupakan solusi yang memanfaatkan layanan digital perbankan berupa fasilitas pembiayaan yang diberikan kepada distributor mitra SIG guna mendukung kelancaran distribusi semen, produk turunan semen dan building material lainnya.

Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso mengatakan, kondisi perekonomian yang cukup menantang di masa pandemi, menuntut Perusahaan untuk mengoptimalkan modal kerja melalui pengelolaan kas dengan mempercepat cash convertion cycle, baik di sisi Perusahaan maupun Mitra SIG. Salah satunya melalui solusi digital host to host untuk pembiayaan Distributor Mitra SIG dengan tarif yang kompetitif dan solusi agunan yang ringan.

“Keuntungan lainnya yaitu akan diperoleh transparansi arus dokumen dan kas, secara real time, proses pencairan yang lebih flexible, kemudahan rekonsiliasi dan administrasi dokumen tagihan, paperless, dan aman,” kata Hendi Prio Santoso di Jakarta, melalui siaran tertulisnya, Senin (5/4/2021).

Menurut Hendi Prio Santoso , untuk memenuhi target penjualan domestik tahun 2021 serta rencana launching produk turunan semen maupun bahan bangunan lainnya di Q2/2021, maka potensi pembiayaan Distributor Mitra SIG masih cukup besar.

Sementara itu, Direktur Utama BNI, Royke Tumilaar mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara BNI dan SIG khususnya pada segmen usaha kecil dan menengah. Salah satunya, BNI menyediakan skema Distributor Financing untuk pembelian produk semen dan building material lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh Mitra SIG. Langkah ini dapat mendukung bisnis dan pemberdayaan UKM Mitra SIG.

” Dengan semakin diperbaharuinya pengelolaan distribitor serta bisnis SIG, BNI hadir dengan solusi digital dan pembiyaan kepada Mitra SIG melalui skema khusus ,dengan tarif yang kompetitif,” tandasnya.

Saat ini, SIG telah menggunakan produk dan layanan BNI secara keseluruhan baik dari Business Banking, yakni fasilitas Kredit Korporasi baik Modal Kerja maupun Investasi, Treasury Line, Trade Facility bagi Mitra SIG (Supplier Financing, Bank Garansi), Cash Management (Cash Pooling dan Notional Pooling) untuk optimalisasi pendanaan SIG Grup; serta Consumer Banking yaitu Payroll, Flexi, Griya, Credit Card, DPLK dan produk layanan BNI lainnya.

(009)

Check Also

Resmikan  Bulan Mutu Karantina  Menteri kkp Lepas Ekspor Produk Perikanan  ke 40 Negara Senilai 1 Triliun

Jakarta, Kamis  15  April  2021   Resmikan  Bulan Mutu Karantina  Menteri kkp Lepas Ekspor Produk Perikanan  ke …

Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Presisi Nasional, Perpanjang SIM Bisa dari Rumah

Jakarta,  Rabu  14  April  2021   Kapolri Resmikan Aplikasi SIM Presisi Nasional, Perpanjang SIM Bisa …