Saturday , April 20 2024
Home / Bangka Belitung / Bupati Belitung Timur Burhanudin : TPI Manggar bisa Meningkatkan  PAD Lelang  Ikan 

Bupati Belitung Timur Burhanudin : TPI Manggar bisa Meningkatkan  PAD Lelang  Ikan 

Belitung timur, Kamis 24 Juni 2021

 

Bupati Belitung Timur Burhanudin : TPI Manggar bisa Meningkatkan  PAD Lelang  Ikan

 

 

Bangka Belitung,Indonesia expose –  Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Manggar setelah diresmikan akan beroperasi sesuai fungsinya. Nelayan mandiri khususnya yang berlabuh di Sungai Manggar diharapkan dapat menggunakan TPI untuk menjual ikan ke pengepul.

Soft Opening TPI Manggar di Jalan Sulawesi Desa Kurnia Jaya dilakukan oleh Bupati Belitung Timur Burhanudin, Selasa (22/6/21). Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Beltim Khairil Anwar, Dandim 0414/Belitung Letkol. M Akbar, Kapolres Beltim AKBP Jojo Sutarjo dan Forkopimda Beltim.

Pada kesempatan itu Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Beltim Yeni Srihartati mengatakan, saat ini masih kegiatan soft opening operasional TPI, Mengingat masih diperlukan penyesuaian dan kesiapan nelayan serta sarana pendukung lainnya.

“Ini kita sebut sebagai soft opening karena untuk latihan atau persiapan-persiapan kita sebelum grand opening. Grand openingnya nanti kalau nelayan kita sudah siap lagipula kita juga masih melakukan banyak PR,” jelas Yeni.

Lanjutnya, jika sudah benar-benar beroperasi para nelayan bisa melabuhkan kapalnya di dermaga TPI. Ikan-ikan hasil tangkapan juga akan langsung dilelang secara terbuka di TPI.

Kalau sesuai amanat Peraturan Daerahnya semua kapal itu wajib sandar ke TPI. Tapi kan kita melihat budaya dan kesiapan nelayan, tidak serta merta setelah dibuka wajib ke sini, kata Yeni.

Dengan beroperasinya TPI, dipastikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi lelang ikan akan meningkat. Mengingat setiap 3 persen dari harga ikan per kilogramnya akan masuk ke kas daerah.

Rata-rata satu hari ikan yang dikirim dari Beltim keluar daerah sekitar 1,2 ton. Misalnya ikan tenggiri harga dasarnya Rp 25 ribu, bisa Rp 900 ribuan masuk itu dari satu komoditi saja,” ungkap Yeni.

TPI Manggar yang dibangun dalam areal Kawasan Sentra Perikanan Terpadu seluas 2,7 hektar itu memiliki fasilitas kantor, air bersih, gudang pengolahan, cold storage, kolam penampungan dan juga bengkel kapal.

Menurutnya yang belum adalah sarana IPAL sama docking kapal kita yang belum dimiliki.

” Makanya kita ingin nanti yang masuk dulu ke sini nelayan mandiri yang selama ini menjual langsung ikannya”, tutup Yeni.

(108)

 

637

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Rabu  17  April  2024 Renungan  Joger   107

Renungan  Joger

Bali,  Selasa  16  April  2024 Renungan  Joger 115