Friday , April 19 2024
Home / Bali /

Denpasar, Kamis  12  Mei  2022

 

Walikota Jaya Negara Buka Rakerda TP PKK Kota Denpasar

 

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id   –  Tim Penggerak PKK Kota Denpasar menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kota Denpasar di Gedung Sewaka Dharma Lumintang Kamis (12/5/2022). Acara yang bertujuan untuk menyelaraskan program dari TP. PKK Pusat, TP. Provinsi Bali dan Kota Denpasar di buka secara resmi Walikota Denpasar IGN Jaya Negara.

Dalam kesempatan ini juga hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Istri Wakil Walikota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengatakan, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK) dengan 10 program pokok PKK merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah dan pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri. Kegiatan pemberdayaan keluarga adalah upaya bimbingan dan pembinaan terhadap anggota keluarga dalam meningkatkan kemampuan keluarga untuk hidup sehat sejahtera lahir dan batin.

“Gerakan PKK diharapkan dapat menumbuh kembangkan sikap dan perilaku kemandirian, pribadi, keluarga dan masyarakat agar selalu memiliki kesiapan dan landasan kuat dalam menghadapi berbagai perubahan seiring perkembangan zaman,” kata Ny. Sagung Antari Jaya Negara

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk mengimplementasikan 10 program pokok PKK Kota Denpasar bersinergi dengan Pemerintah Kota Denpasar terlebih lagi di masa pandemi covid 19 TP PKK Denpasar sebagai bagian dari Satgas Terpadu Covid 19 telah melakukan beberapa kegiatan yang bersinergi dengan beberapa OPD terkait. Beberapa kegiatan yang telah dilakukan dalam upaya membantu dampak covid 19 adalah melakukan edukasi ketahanan pangan keluarga di masa pandemi covid 19 melalui gerakan Hatinya PKK, melaksanakan kegiatan menyapa dan berbagi dengan melaksanakan kegiatan pemberian PMT bagi ibu hamil, balita kurang gizi se Kota Denpasar. Pembagian Sembako bagi penyandang disabilitas, lansia kurang mampu se Kota Denpasar dan pembagian sembako bagi kader PKK se Kota Denpasar. Melaksanakan pembagian alat protokol kesehatan bagi balita, ibu hamil, lansia dan penyandang disabilitas se Kota Denpasar.

Tidak hanya itu TP PKK juga melaksanakan kegiatan yang di rangkaian hari-hari besar diantaranya serangkaian Hut Kota Denpasar, Puncak HKG PKK ke 50. TP PKK juga melaksanakan sosialisasi dan pelatihan bagi kader PKK dan kegiatan sosial dengan memberikan bantuan beras kepada para lansia kurang mampu di Kota Denpasar.

Sedangkan untuk materi dalam Rakerda TP PKK Kota Denpasar tahun 2022 diantaranya proses perencanaan 10 program pokok PKK dari BAPPEDA Kota Denpasar dan Pengagaran APBDES dalam menunjang kegiatan 10 program pokok PKK Desa/Kelurahan oleh TA DPMD Kota Denpasar. Peserta dalam kegiatan ini melibatkan Pengurus TP. PKK Kota Denpasar sebanyak 34 orang, Ketua TP.PKK Kecamatan beserta sekretaris se Kota Denpasar sebanyak 8 orang dan Ketua TP PKK Desa/Kelurahan serta sekretaris se Kota Denpasar serta Kaur/ Kasi Kesra sebanyak 129 orang.

Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada TP.PKK Kota Denpasar karena telah membantu Pemerintah Kota Denpasar dengan melaksanakan berbagai program mulai tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan dan tingkat kota maupun provinsi.

“Atas kerja keras yang dilakukan TP. PKK Kota Denpasar saya ucapkan terima kasih,” kata Jaya Negara

Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan, ada tiga program strategis yang diprioritaskan pemerintah , pertama adalah penanganan covid-19. Kedua pencegahan stunting, untuk di Kota Denpasar angka Stunting di bawah nasional.

“ Untuk itu saya harapkan dalam Rakerda ini bisa dibahas bagaimana meningkatkan pemberian gizi bagi ibu hamil di setiap Posyandu Paripurna, agar bisa menekan angka stunting,” harap Jaya Negara.

Sedangkan untuk ketiga yang menjadi prioritas adalah hepatitis akut, untuk itu dalam kesempatan ini Jaya Negara minta kerjasama masyarakat dengan pemerintah, agar memberikan informasi jika ada yang terjangkit penyakit ini langsung ke Kepala Desa,Lurah, Camat maupun ke Puskesmas terdekat. Sehingga Tim Kesehatan bisa melakukan langkah-langkah antisipasi dini terhadap hepatitis akut ini.

Melalui Rakerda ini Jaya Negara mengharapkan agar melalui Raderda ini muncul ide-ide reatif dan inovatif terhadap mengembangkan program-program PKK. Yang berguna bagi pemecahan masalah di masyarakat.

(Adv)

352

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Denpasar, Rabu  17  April  2024     62

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …