Friday , March 29 2024
Home / Bali / I Made Derana : Sosok Tokoh Masyarakat Kuta Selatan  yang  Mengayomi

I Made Derana : Sosok Tokoh Masyarakat Kuta Selatan  yang  Mengayomi

Jimbaran,  Rabu  30  November   2022

I Made Derana : Sosok Tokoh Masyarakat Kuta Selatan  yang  Mengayomi

Semeton DERANA,di Jimbaran, Kab.Badung-Bali, Rabu (30/11/2022).

 

Bali, indonesiaexpose.co.id – Sebagai bentuk kepedulian dan cintanya terhadap sesama ,tokoh Masyarakat Kuta Selatan ,Kab.badung-Bali , I Made Derana yang tergabung dalam semeton “Derana ” Nandur Dharma Jaya Ing Rama.Bertempat di Jimbaran ,Kab. Bali, Rabu (30/11/2022), semeton Derana berbincanga santai bersama awak media.

Saat ditanya visi misi kedepan dijelaskan, Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat di Masyarakat. Beliau selalu berdoa dan berharap Bali yang terpuruk karena musibah pandemi yang berkepanjangan akan bangkit kembali khususnya Jimbaran .

” Untuk masalah yang lalu, Jimbaran adalah salah satu daerah yang gaungnya luar biasa tapi karena sudah sejak tahun 2009 sampai sekarang tidak ada anggota DPRD Badung kuta Selatan tiga kali. Banyak masyarakat sini yang kecewa,  Saya secara pribadi ingin merubah Jimbaran menjadi lebih baik dan itu sudah ada dukungan dari masyarakat dan  ingin  mengabdi  pada Desa saya khususnya dan Bali pada umumnya,”ungkap Derana saat bincang-bincang santai di Jimbaran, Kab.Badung-Bali, Rabu (30/11/2022).

Lanjutnya, Saya berusaha bisa berkomunikasi dengan masyarakat menengah kebawah untuk mendapat masukan2 demi memajukan Desa kami di Jimbaran, serta berusaha berjalan dengan kekurangan  dan disupport oleh masyarakat karena saya bukan orang intelek tapi saya hanya lulusan SMA yang ingin mengabdi.

” Walau saya bukan orang intelek dan orang kaya yang berpendidikan tinggi tapi karakter saya sejak muda adalah saya mudah bersaudara dan bergaul dengan semua orang dan kalangan. MOTO saya “APA YANG KITA TABUR ,AKAN KITA TUAI ” Kita masuk ke Masyarakat dengan Hati Nurani. Dan yang harus dibenahi untuk Kuta Selatan ini adalah Pendidikan karena SMA diKuta Selatan sangat kurang karena itulah yang harus di tonjolkan agar setiap tahun para calon murid tidak rebutan. Pendidikan /penambahan Gedung SMA adalah hal yang pertama dan setiap anak di desa kami harus mendapat hak untuk bersekolah,” harapnya.

Menurutnya,  keindahan dan kebersihan pantai juga penguasaan pantai oleh Pengusaha hotel harus dibuat aturan resmi yang ketat agar tidak seenaknya mengklaim pantai ini milik kita.

Sedangkan untuk sumber daya manusia perlu di perhatikan dengan Pendidikan dan pelatihan dan  untuk masalaha  ketenaga kerjaan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat, karena  harus kita perjuangkan.

” Banyak orang beranggapan di Kuta Selatan hampir semua masyarakatnya mampu. Tapi kalau ditelusuri secara langsung banyak masyarakat yang kurang mampu dan butuh perhatian kita tapi tidak tersentuh ketika kita turun kelapangan. 3 hal itulah yang ingin beliau perjuangkan dan semoga mendapat ridho dari Tuhan Yang Maha Esa. Yang ke 4 Satu lagi tambahan yang “sangat penting” akan menjadi prioritas bagi saya sebagai tokoh masyarakat adalah masalah Keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan dan masyarakat . Keamanan akan kita tingkatkan agar tidak ada kejahatan/ kriminal. Semua penduduk terutama pendatang kita data dengan baik karena KIPEM sudah tidak ada. Jangan sampai ada orang2 tidak jelas identitas dan pekerjaannya bebas masuk di daerah kami dan Bali,” jelas Derana.

Derana menegaskan, kita bukan mendiskreditkan pendatang tapi kita anggap semua yang ada didaerah kami adalah saudara yang ikut bersama menjaga keamanan. Masalah keamanan kita lakukan bersama sama masyakat desa dan pendataan untuk kejelasan identitas para penduduk pendatang perlu ketegasan dari kita agar kita semua merasa nyaman dan aman.

Demikian ngobrol aantai dengan Tokoh Masyarakat Kuta Selatan/Jimbaran Bpk I MADE DERANA. Pewarta sangat merasakan bahwa beliau sangat ramah dan selalu rendah hati dalam berbicara tapi tersirat sangat tegas dengan komitnennya.

(115)

 

543

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  28  Maret  2024 Renungan  Joger   177

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …