Friday , March 29 2024
Home / Bali / Jaga Kearifan Lokal dan Hargai Kebhinekaan, Sanjaya Pimpinn Apel Hari Lahir Pancasila di DPC

Jaga Kearifan Lokal dan Hargai Kebhinekaan, Sanjaya Pimpinn Apel Hari Lahir Pancasila di DPC

Tabanan , Kamis  01  Juni  2023

Jaga Kearifan Lokal dan Hargai Kebhinekaan, Sanjaya Pimpinn Apel Hari Lahir Pancasila di DPC

 

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  – Dalam rangka memperingati Hari Lahirnya Pancasila 1 Juni, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan menggelar upacara bendera. Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, sebagai pembina upacara yang digelar di halaman sekrerariat DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan, Kamis, (1/6/2023) pagi.

Nampak hadir saat itu segenap pengurus DPC PDI Perjuangan Tabanan serta anggota Fraksi PDI P, pengurus PAC Kecamatan, Ranting, Kader dan juga simpatisan Partai. Menariknya, selain pengibar bendera, seluruh peserta memakai pakaian adat serta melaksanakan upacara bendera dengan serius dan khidmat yang saat itu juga nampak diikuti oleh seluruh organisasi sayap Partai, khususnya yang ada di Tabanan.

Menurut Sanjaya, dengan menggunakan pakain adat adalah sudah merupakan tradisi untuk menghargai kebhinekaan. Apalagi di Bali sudah ada perda, selain hari kamis, purnama tilem dan hari-hari besar berpakaian adat untuk menunjukan, bahwa kita adalah bangsa yang mencintai kebhinekaan serta tradisi adat dan budaya yang adiluhung yang dimiliki di masing-masing daerah.

Dalam arahanya, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan Sanjaya yang juga selaku Bupati, menyampaikan, bahwa peringatan Hari Lahirnya Pancasila ini sangat penting dilakukan setiap tahunnya. Disamping untuk mengenang sejarah hari lahirnya Pancasila sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan kewajiban, juga sebagai upaya meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa NKRI.

“Kita bersama patut bersyukur karena hari ini diberi kesehatan dan kekuatan mengikuti upacara bendera. Ini merupakan sebuah amanah dan kewajiban kita selaku kader partai dan selaku anak bangsa yang diamanatkan oleh Ibu Megawati, serentak di seluruh Indonesia untuk melaksanakan upacar bendera di kantor sekretariat masing-masing,” ujar Sanjaya.

Bahkan, menurut Sanjaya selaku Pengurus Partai yang duduk di eksekutif dan juga teman-teman yang duduk di legislatif, pada hari ini berfokus serta berpusat di kantor DPC adalah merupakan kewajiban. Hal ini dilakukan mengingat begitu pentingnya kegiatan, sehingga segenap pengurus Partai dari Kabupaten hingga Desa wajib hadir, begitupun dengan kader, simpatisan maupun sayap partai.

“Jadi, kita selaku generasi harus tetap menggelorakan peringatan ini karena sudah merupakan amanah. Hari ini kita patut berbahagia dan berbangga negeri ini bisa disatukan berkat Pancasila. Dimana Pancasila diproklamirkan oleh Bung Karno, patut kita syukuri. Mudah-mudahan di tahun ini dan juga tahun depan ada hajatan politik, kita tetap solid dan bersatu membangun bangsa,” tutup Sanjaya. (Adv)

269

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  28  Maret  2024 Renungan  Joger   164

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …