Monday , April 29 2024
Home / Bali / Persiapan Rampung 100 Persen, PLN Siap Hadirkan Listrik Tanpa Kedip untuk KTT AIS Forum 2023

Persiapan Rampung 100 Persen, PLN Siap Hadirkan Listrik Tanpa Kedip untuk KTT AIS Forum 2023

Denpasar, Jumat  06  Oktober 2023

Persiapan Rampung 100 Persen, PLN Siap Hadirkan Listrik Tanpa Kedip untuk KTT AIS Forum 2023

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  – PT PLN (Persero) memastikan persiapan untuk menghadirkan listrik andal tanpa kedip pada perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic Island States (AIS) Forum yang akan diselenggarakan pada 10 – 11 Oktober 2023 mendatang, telah rampung 100 persen.

Hal ini ditegaskan Adi Priyanto pada kegiatan Apel Siaga Kelistrikan menyambut KTT AIS Forum 2023, di halaman kantor PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, Kamis (05/10/2023).

Adi menyampaikan pada setiap penyelenggaraan kegiatan penting nasional dan internasional tim PLN selalu kompak dan siap. Oleh karena itu pada KTT AIS Forum 2023 ini, dirinya menyakini kekompakan dan kesiapan akan jauh lebih baik dibanding dengan event sebelumnya.

“Tim PLN adalah tim pejuang yang selalu berhasil menjalankan tugas pengamanan kelistrikan pada event – event penting. Ini terbukti pada KTT G20 di Bali yang lalu, pengamanan Natal dan Tahun Baru, perayaan Lebaran, kegiatan KTT ke – 42 ASEAN di Labuan Bajo, Kemerdekaan 17 Agustus, termasuk KTT ASEAN 43 di Jakarta lalu dapat berjalan dengan lancar karena kelistrikan aman dan andal,” ucapnya.

Ia menambahkan bahwa hal ini menunjukan tim PLN memiliki kapasitas yang semakin baik, mumpuni dan solid serta makin responsive, sehingga dalam pengamanan KTT AIS di Bali kali ini semua pun telah disiapkan dengan lebih baik.

Adi menyebutkan untuk mendukung kesuksesan event internasional ini, PLN menerjunkan setidaknya 575 personel yang ada di pembangkitan, transmisi, operasi sistem, distribusi, retail hingga bidang pendukung lainnya.

Selain itu, persiapan juga telah dilakukan sebelumnya dengan merampungkan 66 program aksi dengan memastikan keandalan operasi sistem, pembangkitan, transmisi dan distribusi, serta penyediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum untuk melayani 626 unit kendaraan listrik delegasi dan operasional.

Khusus di bidang pembangkitan, PLN telah melaksanakan 9 program aksi antara lain memastikan daya mampu pembangkit mencapai 1.514 mega watt (MW), dengan beban puncak 951 MW, sehingga terdapat cadangan daya hingga 563 MW serta memastikan kecukupan pasokan bahan bakar pada pembangkit dengan Hari Operasi (HOP) di atas 10 hari.

Untuk memonitor seluruh kesiapan peralatan dan kondisi kelistrikan, PLN menyiapkan Mobile Control Center yang dapat memantau kondisi sub sistem Bali, sistem distribusi Bali, uninterruptible power supply (UPS), Genset, CCTV hingga SPKLU.

Dalam kesempatan ini, Adi turut memberikan motivasi kepada seluruh personel dan berharap kolaborasi yang telah terbentuk dengan berbagai stakeholder dapat terus terjalin untuk menyukseskan kegiatan yang akan dihadiri oleh 47 negara ini.

“Sinergi dan kolaborasi telah terjalin dengan baik, untuk pengamanan ada POLRI, untuk pertahanan ada TNI, untuk keamanan serta ketahanan kelistrikan ada di tangan PLN, tangan kita semua, maka kita patut merasa bangga menjalankan tugas negara yang sangat mulia ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan agar seluruh personel dapat menjadikan pengalaman ini sebagai sebuah kebanggan demi nama baik negara Indonesia di mata dunia.

General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana menyampaikan untuk mendukung pengamanan pasokan listrik selama KTT AIS Forum berlangsung, pihaknya juga berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengajak masyarakat bijak bermain layang – layang di sekitar jaringan PLN.

“PLN turut melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait meliputi pemerintah provinsi Bali, Kepolisian Daerah Bali, Kodam Udayana, Paspampres, juga asosiasi layang – layang demi kesuksesan acara mendatang,” katanya.

Terakhir, pihaknya menyampaikan bahwa PLN siap untuk menjaga keandalan listrik selama pelaksanaan KTT AIS Forum dengan menghadirkan listrik tanpa kedip atau zero downtown.

(080)

201

Check Also

Okupansi Best Western Resort Kuta Naik 80 Persen saat Momentum Libur Idul Fitri 2024

Kuta, Sabtu  27  April  2024 Okupansi Best Western Resort Kuta  100 Persen saat Momentum Libur …

Korem 163/Wira Satya Gelar Simakrama Bersama Puluhan Insan Media di Bali

Denpasar,  Sabtu  27  April  2024 Korem 163/Wira Satya Gelar Simakrama Bersama Puluhan Insan Media di …