Saturday , May 18 2024
Home / Berita Utama / Ratu Kalinyamat Asal Jepara Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Ratu Kalinyamat Asal Jepara Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

Jakarta, Jumat  17  November  2023

Ratu Kalinyamat Asal Jepara Ditetapkan Sebagai Pahlawan Nasional

 

(Foto/ist)

Jakarta,  indonesiaexpose.co.id   – Ratu Kalinyamat, pahlawan asal Jepara resmi bergelar pahlawan nasional. Penganugerahan gelar tersebut diterima oleh Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, di Istana Negara, Jumat (10/11/2023).

Penetapan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 115-TK-TH-2023 Tanggal 6 November 2023, tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, yang menyatakan Ratu Kalinyamat diberikan gelar pahlawan nasional, sebagai penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasanya yang luar biasa.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, mengungkapkan rasa bangganya atas penobatan Ratu Kalinyamat sebagai pahalwan nasional.

“Akhirnya peran Ratu Kalinyamat dalam melawan kolonialisme diakui oleh pemerintah pusat. Ini tentu sangat membanggakan Jepara dan sekaligus menjadi motivasi yang bernilai bagi masyarakat dalam membangun Jepara,” ujar Edy melalui siaran resminya.

Menurutnya, penganugerahan gelar pahlawan nasional kepada Ratu Kalinyamat yang menjadi pemimpin Jepara pada 1549-1579 semakin meneguhkan posisi dan peran Jepara dalam pembangunan bangsa ini.

Untuk itu, dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Jepara yang telah mendukung pengajuan gelar tersebut.

Sebagai informasi, selain Ratu Kalinyamat, penghargaan juga diberikan kepada keluarga Ida Dewa Agung Jambe (Bali), Bataha Santiago (Sulawesi Utara), M Tabrani (Jawa Timur), KH Abdul Chalim (Jawa Barat), dan KH Ahmad Hanafiah (Lampung).

(016)

 

218

Check Also

Kemkominfo Siapkan Media Center bagi Jurnalis di World Water Forum ke-10

Jakarta, Rabu  15 Mei 2024 Kemkominfo Siapkan Media Center bagi Jurnalis di World Water Forum …

Bali, Selasa 14  Mei 2024 Renungan  Joger   116