Tuesday , September 21 2021
Home / Bali / Diberbagai kesempatan, Walikota Denpasar, mengajak masyarakat taat pada Prokes dengan rutin menghimbau menggunakan Mobil Calling

Diberbagai kesempatan, Walikota Denpasar, mengajak masyarakat taat pada Prokes dengan rutin menghimbau menggunakan Mobil Calling

Denpasar, Jumat 30  Juli  2021

 

Diberbagai kesempatan, Walikota Denpasar, mengajak masyarakat taat pada Prokes dengan rutin menghimbau menggunakan Mobil Calling

 

Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Denpasar  I Dewa Gede Rai

 

Bali, indonesiaexpose.co.id  –  Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Denpasar  I Dewa Gede Rai mengatakan, pihaknya terus mengimbau masyarakat setempat untuk menegakkan atau mematuhi protokol kesehatan.

 

” Berbagai upaya terus dilaksanakan guna mendukung upaya penurunan zona resiko, penurunan tingkat penularan, meningkatkan angka kesembuhan pasien dan mencegah kematian. Hal ini dilaksanakan dengan menggelar operasi yustisi protokol kesehatan, penyekatan, sosialisasi dan edukasi berkelanjutan secara rutin dengan menggunakan mobil calling atau door to door, serta melaksanakan penyemprotan disinfektan serta eco enzym wilayah secara terpadu.Hal itu dilakukan agar mempercepat pemutusan penyebaran Covid-19 di Kota Denpasar ,”kata Dewa Rai saat ditemui di Denpasar-Bali, Jumat (30/7/2021).

 

Covid-19 di Kota Denpasar, Kamis 29 Juli 2021

Terkait situasi Kasus Covid-19 di Kota Denpasar secara konsiten kasus sembuh terus bertambah.Juru bicara Satgas Covid-19 Kota Denpasar  I Dewa Gede Rai  kasus sembuh bertambah sebanyak 201 orang. Pun demikian, penambahan kasus positif tercatat sebanyak 325 orang dan kasus meninggal dunia bertambah 3 orang.

 

Pemkot Denpasar juga terus berupaya untuk memaksimalkan realisasi vaksinasi kepada masyarakat, dan vaksinasi menyasar anak anak usia sekolah 12-17 tahun.

 

“Mohon kepada masyarakat untuk melakukan prokes secara ketat, termasuk saat di rumah wajib menerapkan prokes yang ketat untuk meminimalisir klaster keluarga, termasuk juga kami mengajak masyarakat untuk mensukseskan vaksinasi Covid-19,” ajak Dewa Rai

 

Terkait penanggulangan Covid-19, Wali Kota Denpasar  I Gusti Ngurah Jaya Negara menjelaskan ,resmi mencanangkan Program 100 Persen Vaksinasi Covid-19 dan Isolasi Terpusat Berbasis Desa Adat di Desa Adat Penatih. Hal ini ditandai dengan pemberian name tag secara simbolis kepada perwakilan masyarakat Desa Adat Penatih di Kawasan Pura Penataran Agung, Penatih Rabu (28/7/2021)lalu.

 

“Tentunya kami berharap, lewat program ini dapat menjadi contoh bagi desa/kelurahan dan desa adat di Kota Denpasar, sehingga diharapkan dengan program ini dapat memaksimalkan cakupan vaksinasi dan isolasi terpusat sebagai upaya pencegah penularan Covid-19, serta dapat memberdayakan klinik, kos-kosan serta UMKM di Desa Adat,” ujar Jaya Negara.

 

Wali Kota Denpasar  I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam berbagai kesempatan tak bosan-bosannya, mengajak masyarakat agar mampu bertahan di tengah ancaman Covid-19 dengan menerapkan 3 M.

 

Ia, juga mengingatkan warga untuk tidak berkerumun atau melakukan kegiatan dalam jumlah banyak orang. Karena, itu membuka peluang besar penyebaran Covid-19 dari orang ke orang.

 

“Kami mengimbau warga agar meningkatkan imun dengan mengonsumsi makanan lokal yang bergizi. Serta, juga Pemda terus memberikan bantuan bahan makanan kepada masyarakat yang terdampak pendemi Covid-18 saat ini,”katanya.

 

Wali Kota Denpasar  I Gusti Ngurah Jaya Negara, mengimbau pimpinan dinas dan badan agar berupaya membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 hari ini.

 

Karena itu, ia , juga meminta pimpinan OPD agar memanfaatkan sumber daya anggaran sesuai aturan yang berlaku. Para pimpinan OPD diminta bekerja profesional sesuai mekanisme yang telah ditetapkan Undang-Undang yang berlaku.

 

“Karena itu diharapkan daerah lain juga harus benar-benar menerapkan protokol kesehatan , dan juga 3  M harus diterapkan oleh pemerintah setempat. Agar, segera mengakhiri penyebaran Covid-19 di provinsi ini,” katanya.

 

Lanjutnya, bagi masyarakat terdampak Covid-19, akan menerima bantuan bahan makanan (Bama) dari pemerintah Kota Denpasar.

 

Karena itu, lanjutnya, saat ini ia tengah menyalurkan bantuan bahan makanan (Bama) langsung ke masyarakat. “Diharapkan masyarakat yang telah menerima bantuan agar memanfaatkannya dengan baik.

 

Wali Kota Jaya Negara  mengingatkan masyarakat untuk meniadakan kerumunan massa. Karena, yang terjadi selama ini yaitu meningkatnya penularan corona virus akibat kerumunan massa.

 

“Kita harus sayang keluarga sahabat maupun orang tua kita yang mungkin sakit hingga wafat akibat pandemic Covid-19 yang melanda . Karena itu cara mudah untuk menghindari penyebaran pandemic ini adalah dengan menjaga diri agar tetap sehat,” ajaknya.

 

Sementara Bendesa Adat Penatih, I Wayan Ekayana mengatakan, pelaksanaan 100 Persen Vaksinasi Covid-19 di Desa Adat Penatih ini dilaksanakan atas kerjasama Desa Adat Penatih, Satgas Gotong Royong, Satgas Kelurahan serta Pemkot Denpasar melalui Puskesmas II Denpasar Timur. Kegiatan yang dikemas dengan pelayanan kesehatan bagi masyarakat ini bertujuan sebagai langkah preventif untuk menekan penularan Covid-19, utamanya klaster keluarga.

 

“Melalui kegiatan ini kami harapkan mampu meningkatkan jumlah vaksinasi di Desa Adat Penatih, serta menjadi langkah preventif dalam pencegahan penularan Covid-19 lewat pengecekan kesehatan bagi masyarakat,” Sambungnya.

 

Lebih lanjut dikatakan, program 100 persen Vaksinasi Covid-19 di Desa Penatih ini ditargetkan mampu menjangkau seluruh masyarakat Desa Adat Penatih. Yakni Krama Desa Adat sebanyak 350 KK serta sekitar 1.500 warga pendatang dengan usia diatas 12 tahun.

 

“Kami berharap partisipasi masyarakat melalui program 100 persen vaksinasi Covid-19 ini, dimana pelaksanaanya akan dipusatkan di masing-masing banjar dan ditargetkan Bulan Agustus ini tuntas seluruhnya,” jelasnya

 

Ekayana menambahkan, program ini tidak berjalan sendirian. Melainkan bertalian dengan program lain. Seperti halnya sosialisasi dan edukasi penerapan 6M, sosialisasi dan edukasi pelaksanaan isolasi mandiri, pemberian sembako bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri, serta banyak program lainya.

 

“Dari program ini kami berharap dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga keadaan bisa kembali normal dan ekonomi dapat pulih kembali,” harapnya.

(080).

 

Check Also

Kabag Psikologi dan Tim Adakan Pembekalan Peningkatan Konselor di Polres Majalengka

Majalengka, Selasa  21  September  2021   Kabag Psikologi dan Tim Adakan Pembekalan Peningkatan Konselor di …

Sebanyak 107 Orang Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar. Kesembuhan Capai 95,64 Persen

Denpasar, Selasa  21  September  2021   Sebanyak 107 Orang Sembuh Covid-19 di Kota Denpasar. Kesembuhan …