Friday , April 19 2024
Home / Bali / Kerjasama JNE dengan Pengusaha Digital Membantu pengusaha UMKM, dapat memperluas pasar

Kerjasama JNE dengan Pengusaha Digital Membantu pengusaha UMKM, dapat memperluas pasar

Singaraja, Rabu 11 September 2019

 

Kerjasama JNE dengan Pengusaha Digital Membantu pengusaha UMKM, dapat memperluas pasar

 

Anggota DPRD Bali Ida Gd.Km.Kresna Budi dari parta Golkar

BALI,  INDEX  –  Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah daerah membutuhkan sistem logistik yang kuat agar bisa berkontribusi meningkatkan perekonomian nasional.

Anggota DPRD Bali Ida Gd.Km.Kresna Budi dari parta Golkar ini mengatakan ,Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kurang berkembang karena saat ini pelaku usaha logistik masih berdiri sendiri tanpa sinergi.

“Ini membuat barang yang diproduksi mereka lebih mahal dan tidak bisa bersaing dengan produk impor,” ujarnya kepada indonesiaexpose.co.id, Rabu (11/9/2019).

Menurut Kresna, melalui sinergi antara pelaku usaha dan pemerintah, Krisna menjelaskan akan terbentuk sistem pola pengiriman barang yang lebih terorganisir, baik itu via darat, laut, maupun udara.

Dengan demikian, utilisasi moda transportasi lebih terisi karena permasalahan logistik yang ada sekarang adalah pengiriman dari Jawa ke daerah Timur penuh, tapi sebaliknya tidak terisi.

Di sisi lain, biaya produksi apakah moda tersebut membawa barang atau tidak adalah tetap. Sehingga, beban biaya harus ditanggung konsumen dan membuat barang lebih mahal.Tidak hanya sampai di situ, waktu pengiriman juga menjadi salah satu masalah utama.

“Kalau pengiriman barang lama dan mahal, maka UMKM bisa kehilangan customer,” lanjutnya.

Sinergi pelaku usaha dan pemerintah serta berbagai pelatihan yang diberikan ke UMKM diyakini bisa memberi cakrawala baru kepada UMKM bahwa teknologi bisa memperluas pasar mereka.

 

 

 

 

 

                                       (Foto/Ist)

 

Tentunya, perlu didorong juga dari upaya pemerintah dan pelaku usaha logistik dengan membuat aplikasi yang terintegrasi. Sistem tersebut dapat merekam arus pengiriman barang, lokasi pasar yang potensial, sampai pada harga yang ditawarkan pelaku logistik.

Sebagai salah satu pelaku bisnis logistik ,kedepan  Kresna mengharapkan  JNE akan terus mendukung sektor UMKM sebagai penggerak ekonomi kreatif di Indonesia.Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah membantu pelaku usaha dalam hal pengemasan barang atau packaging sebelum dikirim sampai konsumen dengan baik.

“Jadi, nanti yang membedakan adalah pelayanan paling memuaskan. Dengan begitu biaya logistik juga bisa makin murah,” tutup Kresna.

(Yuli)

415

Check Also

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …

Renungan  Joger

Bali, Rabu  17  April  2024 Renungan  Joger   98