Thursday , September 24 2020
Home / Bali /

Denpasar, Sabtu  15  Pebruari  2020

 

Walikota, Wakil Walikota dan Sekda Awali Pelaksanaan Sensus Penduduk Online 2020 di Kota Denpasar

Pelaksanaan Sensus Penduduk Online Tahun 2020 di Kota Denpasar yang dilaksanakan di kediaman Walikota Denpasar, Wakil Walikota Denpasar dan Sekda Kota Denpasar, Sabtu (15/3/2020).

 

BALI, INDEX  –  Sensus Penduduk Online Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) resmi dimulai dan akan berlangsung hingga 31 Maret mendatang. Di Kota Denpasar, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, dan Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara mengawali pelaksanaan kegiatan 10 tahun sekali ini di kediaman masing-masing, Sabtu (15/2/2020).

 

Ketiganya mengikuti sensus bersama keluarga dengan waktu yang berbeda. Dimulai dari Walikota Denpasar, selanjutnya Wakil Walikota dan Sekda Kota Denpasar. Seluruhnya telah berjalan dengan lancar yang dipandu langsung Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaiman.

 

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPS Kota Denpasar, Eman Sulaiman menjelaskan bahwa sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang no 16 tahun 1997 tentang Statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) diamanatkan untuk melaksanakan Sensus Penduduk sekurang-kurangnya sekali dalam 10 tahun. Dalam perjalanannya, sensus penduduk di Indonesia sudah dilaksanakan sebanyak 6 kali sejak Indonesia Merdeka, yaitu pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000, dan 2010. SP 2020 merupakan sensus penduduk ke 7 yang saat ini sedang berlangsung.

 

“Selain amanat undang undang, penyelenggaraan sensus penduduk juga direkomendasikan Perserikatan Bangsa Bangsa melalui Principles and Recommendations for Population and Housing Censuses (UN, 2008),” jelasnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan, kekuatan data sensus penduduk terletak pada kemampuannya menyediakan data statistik dasar secara komprehensif dengan beragam kompleksitas, perubahannya sampai wilayah administrasi terkecil. Data sensus penduduk juga bermanfaat sebagai dasar perhitungan parameter-parameter kependudukan, dan penyusunan proyeksi penduduk. Data sensus penduduk 2020 akan sangat bermanfaat bagi perencanaan pembangunan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

 

“Salah satu inovasi adalah dalam bidang metodologi sensus, dimana selama beberapa dekade menggunakan metode tradisional, beralih ke metode kombinasi (combined method) melalui pemanfaatan data administrasi kependudukan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil),” jelas Eman Sulaiman di Denpasar-Bali, Sabtu (15/2/2020).

 

Pihaknya mengatakan bahwa pemanfaatan data administrasi kependudukan untuk kepentingan sensus sesuai dengan rekomendasi PBB yang menyarankan metode sensus bergeser dari metode tradisional (full canvassing) menuju ke register based cencus. Sehingga tujuan besar SP2020 adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju ‘Satu Data Kependudukan Indonesia’

 

Pihaknya mengatakan, pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan dengan mencakup WNI dan WNA yang telah atau akan tinggal selama minimal 1 tahun di Indonesia, Dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia (termasuk Korps Diplomatik RI di luar negeri), Dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu Sensus Penduduk Online tanggal 15 Februari – 31 Maret 2020 dimana masyarakat secara mandiri melalui akses pada laman https://sensus.bps.go.id/ dan Sensus Penduduk Wawancara pada bulan Juli 2020.

 

Adapun tatacara pelaksanaan Sensus Penduduk Online sebagai berikut, pertama Setiap KK agar mempersiapkan NIK, No. KK dan atau surat nikah/cerai. Selanjutnya pengisian sensus penduduk online dimulai dengan masuk ke laman sensus.bps.go.id, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) Anda, Klik kotak kosong pada Chapta lalu klik ‘Cek Keberadaan”, Jika baru pertama kali melakukan akses pada sensus penduduk online, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu klik “Buat Password”, Masukan kata sandi (password) yang telah dibuat sebelumnya, lalu klik “Masuk”.

 

Selanjutnya bacalah panduan awal mengenai pengisian Sensus Penduduk Online, lalu klik “Mulai Mengisi” untuk memulai pengisian sensus penduduk online, pilihlah bahasa yang paling dikuasai untuk mengisi kuesioner. Tedapat 6 pilihan bahasa yang bisa digunakan untuk pengisian, Ikuti petunjuk yang ada dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya, setelah mengisi seluruh pertanyaan, tandai bahwa Anda telah selesai mengisi dengan cara klik tombol “kirim”, untuk mengirimkan data yang telah Anda isi, dan terakhir unduh bukti pengisian atau kirimkan bukti pengisian ke email Anda dengan mengisikan alaman email.

 

“Jika masyarakat memerlukan pendampingan dapat secara langsung menghubingi BPS Kota Denpasar di 0361 418770/0812 2020 7051 atau email : bps5171@bps.go.id,” jelasnya.

 

Sementara, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra mengajak seluruh masyarakat khususnya Kota Denpasar untuk berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Tentunya hal ini sangat penting sebagai upaya validasi serta mewujudkan Satu Data Indonesia.

 

“Ayo catatkan diri anda secara online, atau menerima petugas sensus scara manual pada Bulan Juli 2020 mendatang, berikan data yang benar, mari bersama mencatat Indonesia, ayo bersama sukseskan sensus penduduk 2020,” ajak Rai Mantra.

(Adv).

Check Also

Denpasar, Kamis  24  September  2020

Bandung, Kamis  24  September  2020