Friday , March 29 2024
Home / Bali / Ringankan beban Masyarakat yang Terdampak Covid-19 : Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, serahkan ribuan paket bahan pokok dan sarana kesehatan

Ringankan beban Masyarakat yang Terdampak Covid-19 : Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, serahkan ribuan paket bahan pokok dan sarana kesehatan

Denpasar, Selasa 12 Mei 2020

 

Ringankan beban Masyarakat yang Terdampak Covid-19 : Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, serahkan ribuan paket bahan pokok dan sarana kesehatan

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho (kiri) dalam acara penyerahan simbolis paket bahan pokok yang diterima Ketua PWI Bali Dwikora Putra didampingi anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (tengah)bertempat di KPwBI Provinsi Bali, Selasa (12/5/2020)(Foto/INDEX/080)

 

BALI, INDEX  – Dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 cukup berat terhadap kehidupan masyarakat di Bali. Menyikapi hal ini, demi meringankan beban masyarakat yang terdampak menularkan Covid-19.Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali menyalurkan sebanyak 1.300 paket bahan pokok dan sarana kesehatan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di berbagai wilayah di Pulau Dewata.

Selain itu, terjadi kesulitan pemenuhan kebutuhan dasar, terutama pangan, bagi masyarakat ekonomi ke bawah. Kesulitan tersebut berpotensi mengakibatkan lemahnya imunitas masyarakat, sehingga upaya pencegahan pandemi Covid-19 tidak dapat dilakukan secara optimal.

“Kami berharap supaya bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat bagi seluruh warga yang terdampak COVID-19. Mari kita bersama-sama bersinergi untuk mengatasi COVID-19, karena ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab kita semua,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dalam acara penyerahan simbolis  disaksikan Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, di Denpasar-Bali, Selasa (12/5/2020).

Sebanyak 1.300 paket sarana kesehatan dan bahan pokok yang disalurkan melalui program bantuan sosial Bank Indonesia tersebut, terdiri dari tiga lembar masker kain, 10 kilogram beras, tiga kilogram gula pasir dan tiga liter minyak goreng.

“Selain itu, kami juga akan menyalurkan 5.000 pcs masker kain kepada warga yang terdampak COVID-19, bersinergi dengan Majelis Desa Adat Provinsi Bali yang akan membagikan masker tersebut ke seluruh desa adat yang ada di Bali,” ujarnya.

Dalam penyaluran paket bahan pokok itu, Bank Indonesia bekerja sama dengan banjar (dusun) dan desa yang ada di lingkungan kantor dan rumah jabatan, serta rumah dinas KPwBI Provinsi Bali. Ada dua desa dan dua banjar yang terlibat, yaitu Desa Adat Yang Batu dan Desa Dangin Puri Kangin yang mewilayahi kantor BI Bali dan rumah jabatan KPwBI Provinsi Bali serta Banjar Tega dan Banjar Antap yang menaungi rumah Dinas BI Bali di daerah Tonja dan Panjer.

Masing-masing desa dan banjar ini akan mendapatkan 100 paket sarana kesehatan dan bahan pokok untuk disalurkan kepada warganya yang terdampak COVID-19.

“Kami juga menggandeng beberapa lembaga seperti ACT Foundation Bali, STAI Denpasar, Yayasan Lengis Hijau, PWI Bali, PW Muhammadiyah Denpasar, dan Paguyuban Wathan Lamahala dalam penyaluran 900 paket sarana kesehatan dan sembako lainnya kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 di seluruh wilayah Bali,” ucap Trisno.

Trisno menjelaskan, melalui program sosial tersebut, sekaligus merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat agar bisa tetap terpenuhinya makannya dan menumbuhkan optimismenya di tengah pandemi COVID-19.

Menurut dia, setidaknya ada enam strategi yang harus dilakukan di Bali ini di tengah kondisi COVID-19 yakni yang pertama masyarakat dibantu bantuan sosial melalui APBD dan APBN.

“Kemudian kedua, ketahanan pangan agar Bali ini dijaga terus, dengan Bulog, dari sektor pertanian dan perikanan. Ketiga, melakukan penyelamatan sektor formal dan informal di Bali,” sambungnya.

Keempat, merumuskan upaya pemulihan sektor pariwisata Bali. Kelima, memulihkan ekonomi secara keseluruhan, dan yang keenam tentu COVID-19 dari sisi kesehatannya harus ditangani.

Trisno mengatakan bisa saja kita semua berdampingan dengan kondisi pandemi COVID-10 hingga akhir tahun, sampai ditemukan obat dan vaksinnya. Untuk membantu masyarakat agar bisa bertahan, ucap dia, tentu bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah semata melalui dana APBN dan APBD.

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya dalam acara penyerahan simbolis paket bahan pokok bertempat di KPwBI Provinsi Bali, Selasa (12/5/2020)(Foto/INDEX/080)

 

Sementara itu, anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya meyakini bahwa bantuan bahan pokok sangat dibutuhkan oleh masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini.

“Mari kita di Bali semua bersatu-padu terlibat dalam kegiatan untuk pencegahan dan penanggulangan COVID-19 ini. Gotong royong, saling toleran, dan saling membantu harus kita kedepankan di masa pandemi ini,” tambah Rai Wirajaya.

Pihaknya mengucapkan terima kasih pada Bank Indonesia yang sudah membantu memberikan paket bahan pokok bagi masyarakat Bali yang benar-benar membutuhkan.

“Kami terus mendorong program sosial dari Bank Indonesia ini untuk membangun ekonomi masyarakat dan menjaga inflasi,” ujarnya.

Rai Wirajaya sangat menginginkan dalam bulan Mei ini Bali bisa segera pulih dan tidak ada penambahan kasus positif COVID-19.

Sebelumnya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali melalui program bantuan sosialnya telah melakukan pemberian paket APD dan sarana kesehatan (APD One Set, Masker N95, Termal Gun, Masker Bedah, Sarung tangan latex, Handsanitizer) kepada Gugus Tugas COVID-19 di Kota Denpasar.

Bersinergi dengan BMPD Provinsi Bali, juga telah menyalurkan paket APD dan sarana kesehatan serta paket sembako ke RSUP Sanglah, RSUD Wanganya, dan RSUD Klungkung.

Selain itu, BI Bali juga bersinergi dengan BMPD Provinsi Bali dan Anggota Komisi XI DPR-RI I Gusti Agung Rai Wirajaya dalam penyaluran paket sembako dan sarana kesehatan kepada Gugus Tugas COVID-19 di Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng, Kabupaten Bangli, Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Karangasem.

(080)

494

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  28  Maret  2024 Renungan  Joger   175

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …