Saturday , October 31 2020
Home / Bali / Wisuda diluar kebiasaan :  Rektor Universitas Udayana melepas 670 Wisudawan secara Live Streaming

Wisuda diluar kebiasaan :  Rektor Universitas Udayana melepas 670 Wisudawan secara Live Streaming

Denpasar, Rabu  22  Juli  2020

 

Wisuda diluar kebiasaan :  Rektor Universitas Udayana melepas 670 Wisudawan secara Live Streaming

 

Mahasiswi Universitas Udayana Vindha Yusmita Arininda (kiri) ,dikukuhkan Orang Tuanya (kanan) ,Denpasar-Bali, Rabu (22/7/2020).

 

BALI,  INDEX  –  Mei dan Juni adalah musim kelulusan di Indonesia. Bagi banyak mahasiswa, wisuda menjadi puncak yang manis dari perjalanan akademik selama beberapa tahun. Namun karena pandemi Covid-19, para lulusan tak bisa merasakan jalan ke panggung, berjabat tangan dengan rektor ataupun melempar topi wisuda beramai-ramai. Sebagai gantinya, acara wisuda beralih ke virtual.

 

Universitas Udayana untuk pertama kalinya dalam sejarah menggelar Wisuda secara daring bagi lulusannya sebagai dampak dari Pandemi Covid-19, Sabtu (6/6/2020). Wisuda ke-136 ini juga disiarkan secara langsung melalui live streaming pada youtube Udayana TV dan Media Sosial Facebook Universitas. Pada wisuda ke- 136 ini, Rektor Universitas Udayana melepas 670 wisudawan yang terdiri dari 19 orang Diploma, 504 orang Sarjana, 73 orang Profesi, 33 orang Dokter Spesialis, 24 orang Magister dan 17 orang Doktor. Dengan demikian keseluruhan wisudawan Universitas Udayana sampai hari ini telah berjumlah 96.992 orang.

 

Vindha yusmita arininda tak pernah menyangka momen kelulusannya dari program Sastra Inggris Fakultas ilmu budaya S 1, Universitas udayana Bali  pada 6 Juni  lalu, akan dijalani di depan layar komputer.

 

Sejak wabah covid -19 melanda Provinsi Bali,  pihak universitas memutuskan untuk mengubah format upacara wisuda, dari tatap muka di kampus menjadi virtual dari rumah masing-masing.

 

“Tadinya aku agak malas, wisuda online paling nonton doang, pakai piyama aja deh, tapi tiba-tiba sayang juga ya, cuma seumur hidup sekali. Akhirnya aku pakai baju yang bagus, dandan memakai baju khas Bali, trus pakai toga , duduk di depan meja komputer, dengerin prosesinya,” kata Vindha kepada indonesiaexpose.co.id , Rabu (22/7/2020).

 

Ketika namanya disebut, muncul slide di komputer berisikan nama, gelar, foto serta ucapan terima kasih dari Vindha untuk keluarga, temannya. Ia juga mengatakan, “Covid-19 tidak akan bertahan selamanya, (tapi) gelar master saya akan (bertahan selamanya).

 

“Akhirnya lega sudah lulus, karena susah dapat gelar ini, requirementnya banyak. Cuman perasaannya antara ‘ini udah beneran lulus atau ngga ya?’ Kayanya ada yang kurang afdol. Ada rasa yang berbeda. Beneran lulus ngga sih? It’s strange (rasanya aneh),” imbuh mahasiswi ini dengan nilai memuaskan di Universitas Udayana program Sastra Inggris Fakultas ilmu budaya S 1.

 

Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) saat menyampaikan sambutan di acara Wisuda ke-136 secara daring, bertempat  di Gedung Auditorium Widya Sabha Kampus Jimbaran,Kab.Badung-Bali, Sabtu (6/6/2020).

 

Sementara Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) dalam sambutannya menyampaikan, Wisuda Online merupakan sebuah kebijakan yang diambil Universitas Udayana bagi lulusan yang telah memenuhi persyaratan untuk mengikuti prosesi wisuda, mengingat banyak lulusan yang membutuhkan Ijazah untuk melanjutkan pendidikan maupun laporan kepada instansi tempat bekerja bagi yang memperoleh beasiswa.

 

” Penyebaran wabah Corona Virus yang melanda hampir seluruh wilayah di Indonesia telah membawa berbagai dampak bagi kehidupan masyarakat. Di samping dampak ekonomi, wabah ini juga membawa dampak bagi dunia pendidikan yang menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Bagaimana pun generasi muda kita harus dapat terus melaksanakan proses pembelajaran sebagai bekal menghadapi masa depan. Universitas Udayana telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan,” ungkap Rektor Unud Prof. Dr. dr. A.A Raka Sudewi, Sp.S (K) dalam sambutannya,melalui siaran tertulisnya kepada indonesiaexpose.co.id, Rabu (22/7/2020).

 

Lanjutnya, Pandemi wabah ini diharapkan segera berakhir dan kita dapat beraktivitas seperti sedia kala. Pemerintah juga telah menetapkan edaran tatanan normal baru untuk keberlangsungan pelaksanaan tugas dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik dengan tetap memprioritaskan kesehatan dan keselamatan.

 

Mengakhiri sambutannya, Rektor Unud berpesan kepada seluruh wisudawan untuk senantiasa bijak dalam menerapkan ilmu yang telah diperoleh, menggunakan ilmu yang diperoleh untuk membangun bangsa ini. Rektor juga mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa mengikuti protokol pencegahan antara lain dengan menerapkan social distancing, menggunakan masker, rajin mencuci tangan maupun menggunakan handsanitizer, dan selalu menjaga kesehatan dalam upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 untuk diri kita sendiri, keluarga dan bangsa.

 

Wakil Wisudawan Putu Wahyu Widyatmika dalam pesan kesannya menyampaikan bahwa banyak pelajaran yang telah diperoleh selama menempuh pendidikan. Universitas selalu menempa mahasiswa untuk menjadi manusia berprestasi dan baik budi. Apa yang diraih adalah cerminan dari kerja keras dan dukungan semua pihak. Gelar yang diraih ini akan dipersembahkan untuk keluarga. Melalui kesempatan tersebut Wakil Wisudawan juga memberikan apresiasi kepada universitas dan dosen serta penyedia beasiswa.

 

” Sebagai alumni diharapkan harus bisa memberikan sesuatu bagi universitas dengan menunjukkan bahwa kita alumni yang unggul, mandiri, dan berbudaya serta berguna dan memberikan dampak positif bagi masyarakat,” tandasnya.

 

 

Acara Wisuda secara daring dihadiri langsung oleh Rektor Unud, Ketua Senat, Wakil Rektor dan tiga Wisudawan yang mewakili strata S1, S2 dan S3. Sedangkan wisudawan lainnya beserta pimpinan dilingkungan universitas dan anggota Senat mengikuti prosesi secara daring melalui aplikasi webex Unud dari kediaman masing-masing.

(078)

 

 

Check Also

Renungan  JOGER

Bali,  Jumat  30  Oktober  2020   Renungan  JOGER  

PUPR Denpasar Atensi Genangan di Tiga Titik, Terus Gencarkan Pembersihan Sungai dan Saluran Air Sebagai Langkah Antisipasi Banjir

Denpasar, Jumat  30  Oktober  2020   PUPR Denpasar Atensi Genangan di Tiga Titik, Terus Gencarkan …