Saturday , May 4 2024
Home / Berita Utama / Dit Res Narkoba Polda Jabar Ungkap Industri Komestik Ilegal

Dit Res Narkoba Polda Jabar Ungkap Industri Komestik Ilegal

Bandung, Selasa  9  Februari  2021

 

Dit Res Narkoba Polda Jabar Ungkap Industri Komestik Ilegal

 

JAWA BARAT, indonesiaexpose.co id –  Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Jabar berhasil mengungkap home industri kosmetik ilegal di kawasan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Pabrik tersebut, memproduksi berbagai kosmetik untuk pemutih.

Direktur Reserse Narkoba Polda Jabar, Kombes Pol. Rudy Ahmad Sudrajat, didampingi Kabid Humas Kombes Pol. Erdi A. Chaniago kepada awak media mengatakan dalam pengungkapan tersebut, polisi mengamankan 3 (tiga) orang dan telah menetapkan sebagai tersangka.

“Mereka sudah beroperasi selama dua tahun. Ada tiga tersangka dalam kasus kosmetik ilegal ini,” jelas Rudy, saat Konferensi Pers Pengungkapan Kasus Sediaan Farmasi dan Barang-Barang Berbahaya, di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta 748 Bandung, Senin (8/2/2021).

Rudy mengungkapkan, otak dari pabrik kosmetik ilegal ini, diketahui bernama Yana Sumpena. Ia meracik bahan-bahan berbahaya, untuk membuat cream pemutih.

Dari hasil pemeriksaan, diketahui, bahan untuk membuat cream pemutih itu, dibuat menggunakan cream “Kelly” dengan dicampur menggunakan perwarna makanan.

Mereka memberi label cream buatannya itu dengan merek Cream Susu Domba dan Cream Ling Shi.

“Omzet mereka, selama sebulan dapat meraup keuntungan 55 juta rupiah perbulannya,” kata dia.

Sementara dua pelaku lainnya, merupakan suruhan Yana, untuk menjual cream tersebut, ke beberapa toko kosmetik dan beberapa pasar tradisional di Padalarang.

Dalam pengungkapan ini, polisi menyita berbagai bahan cream serta cream yang sudah jadi dan mengamankan berbagai pengemasan untuk kosmetik ilegal tersebut.

“Saat ini, kita masih kembangkan kasus ini. Mereka yang telah ditetapkan sebagai tersangka, masih kita mintai keterangan, untuk penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya.

(A.Hasibuan)

650

Check Also

Renungan Joger

Bali, Kamis 02 Mei 2024 Renungan  Joger 246

Renungan  Joger

Bali, Rabu  01  Mei  2024 Renungan  Joger 277