Saturday , May 4 2024
Home / Bali /

Denpasar, Selasa  17  Agustus  2021

 

BANK INDONESIA DAN PERBANKAN SERAHKAN BANTUAN UNTUK MENDUKUNG PENANGANAN DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI PROVINSI BALI

Pada hari Senin, tanggal 16 Agustus 2021 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali bersama Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali menyerahkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dan BMPD Peduli kepada Satgas Covid-19 dan rumah sakit rujukan Covid-19 di Provinsi Bali. Bantuan diserahkan secara luring (offline) oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan Perwakilan Pengurus Badan Musyawarah Perbankan Daerah Provinsi Bali kepada Gubernur Bali.
Kegiatan penyerahan bantuan juga disaksikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, serta perwakilan dari 9 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali, yaitu Walikota Denpasar, Bupati Klungkung, Bupati Tabanan, Wakil Bupati Gianyar, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung, Asisten I Kabupaten Buleleng, Asisten II Kabupaten Bangli, Asisten II Kabupaten Jembrana dan Asisten II Kabupaten Karangasem. Di samping itu, sejumlah perwakilan dari BMPD Provinsi Bali juga turut hadir, diantaranya Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, BPD Bali, Bank Danamon, Bank Mandiri Taspen dan Bank Central Asia.
Bantuan yang diberikan oleh Bank Indonesia berupa 500 tabung oksigen kepada rumah sakit daerah dan rumah sakit swasta untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di Provinsi Bali. Selain itu, Bank Indonesia dan BMPD Provinsi Bali juga memberikan sembako sebanyak 50 ton beras kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 di 9 kabupaten/kota.
Mengawali sambutannya, Kepala Wilayah Region XI Bali dan Nusa Tenggara PT Bank Mandiri (Persero) sekaligus mewakili BMPD Provinsi Bali, Hendra Wahyudi menyampaikan bahwa Bank Indonesia bersama dengan perbankan yang tergabung dalam BMPD Provinsi Bali melaksanakan kegiatan BMPD Peduli sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi di masa pandemi Covid-19. Hendra mengharapkan bantuan ini dapat memberikan kekuatan pada masyarakat Bali dalam menghadapi dampak ekonomi pandemi Covid-19. Lebih lanjut, Hendra berharap agar kegiatan ini dapat menggerakkan kepedulian lembaga atau institusi lain untuk bergotong royong mendukung pemerintah Provinsi Bali.
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Trisno Nugroho menyebut kegiatan penyerahan bantuan oleh Bank Indonesia dan BMPD Provinsi Bali ini merupakan rangkaian kegiatan dari perayaan HUT RI ke-76, HUT Bank Indonesia ke-68, dan HUT Provinsi Bali ke-63. Trisno menyebut perpanjangan PPKM level 4 hingga 16 Agustus 2021 di Pulau Jawa–Bali memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat, khususnya di Bali. Dampak yang paling terlihat dengan PPKM darurat adalah penurunan kemampuan sosial ekonomi. Bank Indonesia dan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali ingin bergotong royong memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak covid 19. Trisno menambahkan Bank Indonesia dengan dukungan Anggota Komisi XI DPR RI juga telah membagikan kurang lebih 20.000 paket sembako bagi masyarakat yang terdampak covid-19 di berbagai wilayah di Provinsi Bali.
Gubernur Bali, Wayan Koster menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan BMPD Provinsi Bali atas dedikasi yang diberikan untuk Provinsi Bali. Bantuan yang diberikan dinilai sangat meringankan beban pemerintah daerah dan mendukung percepatan penanganan dan pelayanan pasien di rumah sakit yang membutuhkan oksigen. Dalam kesempatan ini, Koster berharap Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan rumah sakit dapat berinvestasi untuk pengadaan mesin oksigen generator sehingga Provinsi Bali dapat mandiri dan tidak lagi bergantung pada pasokan dari Pulau Jawa. Selain itu, koster juga menyampaikan pesan agar seluruh elemen masyarakat dan pemerintah saling bersinergi dan berkolaborasi untuk bergotong royong agar penanganan Covid-19 dapat selesai lebih cepat.

 

 

320

Check Also

Beli Tiket PEVS 2024 di Aplikasi PLN Mobile, Dapat Diskon Tambah Daya Hingga 60 Persen!

Jakarta,  Kamis  02 Mei 2024 Beli Tiket PEVS 2024 di Aplikasi PLN Mobile, Dapat Diskon …

Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024   Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, …