Friday , May 3 2024
Home / Bali / Peran   Tokoh  Masyarat  dalam  Pemenuhan  Hak  Penyandang  Disabalitas

Peran   Tokoh  Masyarat  dalam  Pemenuhan  Hak  Penyandang  Disabalitas

Gianyar, Jumat  05  Agustus  2022

Peran   Tokoh  Masyarat  dalam  Pemenuhan  Hak  Penyandang  Disabalitas

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –   Prinsip dasar dalam berdemokrasi adalah menjunjung tinggi kesetaraan nilai-nilai hak asasi manusia diantaranya bagi penyandang disabilitas, dengan ini Bawaslu berupaya memberikan pemahaman tentang Pemilu kepada penyandang disabilitas sebagai bentuk kesetaraan dalam berdemokrasi tersebut, hal itu diungkapkan Anggota Bawaslu Provinsi Bali, I Wayan Widyardana Putra pada kegiatan rapat Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Disabilitas yang dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Gianyar, Ni Made Suniari Siartikawati dan I Wayan Gede Sutirta serta Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Gianyar, dan Pengurus Yayasan Bhakti Senang Hati, Kamis (04/08) bertempat diruang rapat Bawaslu Kabupaten Gianyar.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Bali tersebut juga menyampaikan bahwa permasalahan fasilitasi untuk penyandang disabilitas dalam Pemilu menjadi perhatian penting dan Bawaslu sebagai lembaga Pengawas harus memastikan agar hak, fasilitas dan akses setiap warga negara dalam Pemilu dapat terpenuhi terkhusus untuk penyandang disabilitas.

Lebih lanjut sebagai bentuk komitmen bersama untuk memfasilitasi penyandang disabilitas dalam Pemilu, Widyardana meminta masukan terkait metode untuk melakukan sosialisasi pemahaman kepemiluan dengan para penyandang disabilitas.

“Untuk Pemilu yang lebih baik kedepannya mari bersama dan berikan kami masukan terkait metode untuk kami melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas”,imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut Wakil Kepala Sekolah SLB Negeri 1 Gianyar, Sri Wahyuni menyampaikan masukan pada saat melakukan sosialisasi kepada penyandang disabilitas agar dapat disesuaikan dengan kondisi keterbatasan penyandang disabilitas tersebut.

Sementara itu pengurus Yayasan Bhakti Senang hati, I Nyoman Sukadana menyampaikan apresiasi mendalam kepada Bawaslu karena telah memikirkan penyandang disabilitas agar kedepannya dapat menggunakan hak pilihnya dengan nyaman.

“ Pertama saya mengucapkan terimakasih kepada Bawaslu karena telah memikirkan untuk kedepannya bagaimana penyandang disabilitas dapat menggunakan hak pilihnya dengan nyaman,”tuturnya.

Lebih lanjut Sukadana menjelaskan agar pada saat pencoblosan tempat yang digunakan sebagai TPS dapat diakses oleh penyandang disabilitas dengan mudah. Ia juga menambahkan agar pemangku kepentingan atau tokoh masyarakat dapat dilibatkan.

“saya harap pada saat pencoblosan agar tempat yang digunakan dapat diakses oleh penyandang disabilitas dengan mudah, jika balai banjar digunakan sebagai TPS tempatnya cenderung tinggi dan agak susah diakses serta saya harap pemangku kepentingan dan tokoh masyarakat dapat dilibat dalam kegiatan seperti ini agar mereka bisa memahami bagaimana kondisi warganya dalam menggunakan hak pilihnya,” tandasnya.(072)

318

Check Also

Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, Wawali Arya Wibawa Pastikan Warga Ikut Jaminan Kesehatan Nasional

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024   Tinjau Sosialisasi JKN Goes to Banjar di Kelurahan Serangan, …

Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, bertajuk Edukasi Cinta  Bangga dan Paham Rupiah,Melalui Lagu Tari Legong, akan tercatat Rekor MURI

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024 Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, …