Thursday , April 18 2024
Home / Bali / OJK  Bali  Sosialisasi Investasi Ilegal di Dua Desa Karangasem

OJK  Bali  Sosialisasi Investasi Ilegal di Dua Desa Karangasem

Karangasem, Selasa  09  Agustus  2022

OJK  Bali  Sosialisasi Investasi Ilegal di Dua Desa Karangasem

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara kembali melaksanakan rangkaian kegiatan sosialisasi terkait edukasi keuangan dan waspada investasi yang ditujukan kepada masyarakat di Desa Kubu dan Desa Tulamben, Karangasem pada 4 dan 5 Agustus 2022 lalu.

Kegiatan edukasi ini merupakan program ‘OJK Ngiring ke Banjar’ yang telah dilaksanakan sebanyak 10 kali sejak awal tahun 2022, dan yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Karangasem.

Sosialisasi di Desa Kubu dihadiri oleh Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah, Putu Arya Wirasetyanta, Wakil Pimpinan PT BPD Bali Cabang Karangasem, I Made Adnyana, dan Perbekel Desa Kubu, I Gede Putu Ngurah Astawa.

Sementara sosialisasi Desa Tulamben dihadiri oleh Anggota DPR Komisi XI, I Gusti Agung Rai Wirajaya, S.E., M.M., Deputi Direktur Manajemen Strategis, EPK, dan Kemitraan Pemda, I Nyoman Hermanto Darmawan, Plt. Kepala Departemen Gadai Area Denpasar 2, I Gusti Ayu Ketut Sri Agustini, dan Perbekel Desa Tulamben, I Nyoman Pica.

Dalam sambutannya, Perbekel Desa Kubu dan Desa Tulamben menyampaikan apresiasi atas kegiatan edukasi yang telah dilaksanakan oleh OJK. Kegiatan edukasi ini juga diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan dari masyarakat khususnya atas penawaran investasi ilegal, mengingat terdapat masyarakat yang pernah menjadi korban dari investasi ilegal di Kabupaten Karangasem.

Di Desa Tulamben, Anggota DPR I Gusti Agung Rai Wirajaya mengatakan selain berwenang untuk melakukan pengaturan dan pengawasan di sektor perbankan, pasar modal, dan industri keuangan non-bank (IKNB), OJK hadir dalam rangka memberikan perlindungan kepada konsumen dan masyarakat, termasuk di dalamnya adalah edukasi dan sosialisasi, pencegahan, serta pembelaan hukum jika diperlukan. Masyarakat juga terus diimbau untuk bijak memilih tempat untuk berinvestasi.

Selanjutnya, berkaitan dengan waspada investasi, narasumber dari OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara menyampaikan bahwa umumnya modus operandi penipuan berkedok investasi tidak memiliki legalitas dan mengiming-imingi keuntungan yang tinggi.

Adapun cara mengetahui daftar entitas ilegal yang sudah dihentikan oleh Satgas Waspada Investasi (SWI) melalui bit.ly/portal-SWI. Selanjutnya bagi masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan terkait permasalahan dengan LJK yang diawasi oleh OJK, dapat melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK) di kontak157.ojk.go.id atau melalui kanal informasi call centre OJK ke nomor 157, Whatsapp ke nomor 081-157-157-157.

Aspek Legal dan Logis (2L) merupakan hal utama yang harus diteliti sebelum memutuskan untuk menempatkan dana pada produk keuangan. Dalam kesempatan tersebut, masyarakat juga diberikan informasi terkait dengan pilihan investasi yang legal.

Selain informasi terkait dengan waspada investasi ilegal, masyarakat juga diimbau untuk dapat mewaspadai tindak penipuan yang dilakukan dengan cara mengelabui masyarakat untuk mendapatkan data atau informasi yang dibutuhkan khususnya kepada nasabah perbankan yang dikenal dengan istilah Social Engineering (Soceng).

Sementara dalam kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kubu, PT BPD Bali menyampaikan informasi terkait dengan produk perbankan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memperoleh modal usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa diajukan melalui website Kurbali.com.

Apabila masyarakat ingin bekerja sama dengan OJK untuk dapat memberikan edukasi dan sosialisasi pada banjar di lingkungannya, maka dapat menghubungi OJK melalui surat yang dialamatkan ke Kantor OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara – Jalan WR Supratman No.1 Dangin Puri Kangin, Kecamatan Denpasar Utara, atau menghubungi nomor telepon (0361) 2094070.

(071)

357

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Rabu  17  April  2024 Renungan  Joger   88

Indonesia Expose.co.id

Jakarta,  Selasa  16  April  2024 77