Thursday , March 28 2024
Home / Bali / Jelang  Puncak  Acara  G20 di Bali,  Wawali  Arya Wibawa  Terima  Kunjungan  Mendagri  Tinjau  Pembangunan  TPST  Kesiman  Kertalangu

Jelang  Puncak  Acara  G20 di Bali,  Wawali  Arya Wibawa  Terima  Kunjungan  Mendagri  Tinjau  Pembangunan  TPST  Kesiman  Kertalangu

Denpasar, Kamis  06  Oktober  2022

 

Jelang  Puncak  Acara  G20 di Bali,  Wawali  Arya Wibawa  Terima  Kunjungan  Mendagri  Tinjau  Pembangunan  TPST  Kesiman  Kertalangu

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meninjau langsung progres pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar, Provinsi Bali, Kamis (6/10/2022).Kunjungan Mendagri ini diterima Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa.

Peninjauan ini untuk memastikan pembangunan TPST berjalan sesuai rencana. Hal ini mengingat puncak acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang dilaksanakan di Bali bakal berlangsung pada November mendatang.

“Dengan pembangunan serta pengolahan sampah yang telah terencana di TPST Kertalangu dapat menjadi percontohan baik daerah maupun Nasional, dan kami mendorong daerah lain dapat meniru pengolahan sampah di Denpasar,” tutur Mendagri  Muhammad Tito Karnavian di Denpasar-Bali, Kamis (06/10/2022).

Disampaikan pula, terlebih menjelang pelaksanaan KTT G20 dengan pembangunan TPST ini dapat menjadi solusi dalam menangani, dan menanggulangi permasalahan sampah di Denpasar. Para delegasi yang hadir tentunya akan melihat bagaimana penanganan hingga pengolahan sampah yang ada di Bali.

“Saya berharap pembangunan TPST dapat berjalan dengan baik dan sesuai rencana serta dapat mengatasi persoalan sampah dengan baik dari hulu hingga hilir,” ujarnya.

Adapun TPST Kesiman Kertalangu merupakan salah satu dari tiga TPST yang dibangun pada 2022 di Kota Denpasar. Dua TPST lainnya yakni berada di Tahura Suwung dan di Padangsambian Kaja. Ketiga TPST tersebut bakal mengelola sampah dari Kota Denpasar. Mendagri berharap, pembangunan tersebut dapat rampung pada akhir Oktober 2022.

Sementara Wakil Wali Kota Arya Wibawa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Mendagri yang telah berkunjung dan memberikan perhatian pembangunan TPST di Kota Denpasar.

” Perkembangan pembangunan TPST Kesiman Kertalangu masih dalam proses dan on progres, serta berharap pembangunan TPST ini dapat berjalan sesuai rencana,” paparnya.

Lanjutnya, realisasi sesuai jadwal, dengan progres mesin pada minggu pertama Bulan Oktober dilakukan pemasangan tambahan dinding sekat incoming material dan instalasi mesin. Target pada minggu ke empat Bulan Oktober dilakukan trial proses pengolahan sampah.

“Kita harapkan proses pembangunan TPST ini sesuai dengan planning yang telah disusun dan berjalan dengan lancar yang. Nantinya dapat menjadi pengolahan sampah di Denpasar, apalagi menjelang pelaksanaan G20,” ujar Arya Wibawa.

Arya Wibawa menambahkan,  saat ini volume sampah di Denpasar tiap hari rata rata mencapai 800-900 ton/hari. Dengan dibangunnya 3 TPST yakni TPST Kesiman Kertalangu, TPST Padangsambian Kaja dan TPST Tahura Suwung dengan kapasitas ketiganya mencapai 1.020 ton/hari diyakini mampu mengatasi persoalan sampah di Denpasar.

Guna mendukung pengelolaan sampah secara andal, Mendagri juga bakal mendorong daerah lainnya agar mereplikasi strategi pengelolaan sampah yang diterapkan di Sarbagita. Langkah ini menjadi target jangka panjang dari pembangunan pengelolaan sampah di Sarbagita. Dengan demikian, seluruh daerah di Indonesia dapat mengelola sampah secara baik.

(080)

265

Check Also

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …

Slogan BERSIUL, BI Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Pantai Kuta

Kuta,  Rabu  27   Maret  2024 Slogan BERSIUL, BI Bali Buka Penukaran Uang Rupiah di Pantai Kuta …