Friday , May 3 2024
Home / Bali / HUT ke-14  SMK Teknologi  Nasional ( Teknas )Denpasar, dengan tema ‘Menuju Generasi Cerdas, Berkarakter dan Kompetitif

HUT ke-14  SMK Teknologi  Nasional ( Teknas )Denpasar, dengan tema ‘Menuju Generasi Cerdas, Berkarakter dan Kompetitif

Denpasar, Sabtu  11  Februari  2023

HUT ke-14  SMK Teknologi  Nasional ( Teknas )Denpasar, dengan tema ‘Menuju Generasi Cerdas, Berkarakter dan Kompetitif

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Perayaan HUT ke-14  SMK Teknologi  Nasional ( Teknas )Denpasar ini mengusung tema ‘Menuju Generasi Cerdas, Berkarakter dan Kompetitif .’ Jargon HUT ke -14 adalah Laksamana, angka 14, kata Agek, terdiri dari huruf “L” dan “A” sehingga menjadi kata Laksamana,” kata Kepala SMK Teknas, Ni Wayan “Agek” Parwati Asih, S.Pd.,M.Pd., di Denpasar, Jumat (10/2/2023).

SMK Teknas yang bernaung di bawah Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) Denpasar ini memiliki empat kompetensi keahlian diantaranya Multimedia, Teknik Komputer Jaringan, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran dan Akuntansi Keuangan Lembaga.

” Dalam usia 14  tahun ini, SMK Teknas pun terus meningkatkan diri dan makin mendapat kepercayaan masyarakat. Terbukti, lulusan kini kian dilirik industri, terlihat dari beberapa MoU yang sudah ditandatangani termasuk rekruitmen tenaga kerja dan praktek kerja industri (prakerin) dengan berbagai perusahaan. Siswa yang sudah lulus rata-rata sudah bisa terserap di dunia kerja atau melanjutkan ke perguruan tinggi dan berwirausaha sejalan dengan program pemerintah untuk memajukan pendidikan yang siap kerja,” jelasnya.

lanjutnya,  dalam kisah Ramayana, Laksamana adalah adik dari Sri Rama. Laksamana sangat setia kepada kakak nya. Bahkan ia menganggap Rama sebagai Dewa, apapun yang ia lakukan harus mendapat restu dari Sri Rama.

Menurutnya, yang perlu dicontoh bahwa kesetian terhadap suatu lembaga sangat perlu ditingkatkan. Bekerja bersungguh-sungguh demi mewujudkan tujuan sekolah.

“Jadi itu Makna dari HUT kita kali ini. Ketika kita berada di suatu lembaga kita harus taat dan setia pada lembaga,” ujarnya.

Usia 14 tahun tergolong masih remaja, saat ini ia mengaku sedang melakukan transformasi guna menyusaikan industri dengan kurikulum dan juga menjawab tantangan masyarakat bahwa anak-anak yang sekolah di SMK Teknas muaranya harus siap kerja.

“Jadi yang kita lakukan selama ini adalah penyelarasan kurikulum dengan industri, mendatangkan guru tamu dan juga meningkatkan kualifikasi pendidikan ke jenjang S2 dan memberikan pelatihan asesor bagi guru kita,” jelasnya.

Ia melanjutkan, Perdiknas yang menaungi Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), SMP Nasional (Spenas) dan SMK Teknas, dibawah kepemimpinan Dr. AA. Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda, S.Sos., M.Si., selalu memberikan dukungan dengan merenovasi gedung SMK Teknas, mensupport sarana dan infrastruktur serta meningkatkan kompetensi pendidik.

“Kami sangat berterima kasih kepada yayasan yang selalu mendukung kami,” sambungnya.

Sementara, Ketua Perdiknas, Dr. AA. Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda yang diwakili Bendahara Perdiknas, Ketut Gde Sri Divya Tuvoli Amararaja menyampaikan, peringatan HUT SMK Teknas ke-14 mengambil tema “Menuju Generasi Cerdas, Berkatakter, dan Kompetitif” Sebuah tema yang luar biasa. Tema tersebut merupakan cerminan salah satu komitmen SMK yang senantiasa memegang terus upaya pembangunan sumber daya manusia yang unggul, kreatif dan inovatif berkelanjutan melalui penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.

“Melalui kesempatan yang baik ini saya menaruh harapan besar SMK Teknas dapat mengambil peran yang signifikan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia,” tambahnya.

Upaya tersebut, lanjutnya, diwujudkan melalui peningkatan layanan pendidikan, baik secara internal kepada siswa serta kepada masyarakat dan mitra SMK Teknas.

“Di bidang TI, menurut Forum Ekonomi Dunia, Indonesia membutuhkan 9 juta tenaga TI pada tahun 2030. Padahal, berdasarkan data setahun kita hanya memiliki 45.000-50.000 lulusan TI. Belum dengan kebutuhan kerja di bidang lain,” kata dia.

Kehadiran SMK Teknas harus mampu menjawab tantangan tersebut dan dapat semakin dewasa menghadapi semua tantangan yang ada, dan jadikan semua tantangan yang ada sebagai energi untuk terus bergerak maju.

“Mari kita berbenah bersama agar kita lebih siap menghadapi PPDB 2023-2024,” pungkasnya.

Peringatan HUT ditandai dengan pemotongan tumpeng, dan ikut dimeriahkan oleh DJ. Naashr dan Dea Krisna Harmonia. Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba, serta menampilkan fashion show, modern dance, story telling dan student creatifity.

(076)

411

Check Also

Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, bertajuk Edukasi Cinta  Bangga dan Paham Rupiah,Melalui Lagu Tari Legong, akan tercatat Rekor MURI

Denpasar, Kamis 02 Mei  2024 Libatkan 85.000 Pelajar dan Guru : Pemkot Denpasar Peringati Hardiknas, …

Renungan Joger

Bali, Kamis 02 Mei 2024 Renungan  Joger 190