Saturday , April 20 2024
Home / Berita Utama / Presiden Jokowi Jamin Keikutsertaan Israel  Dalam Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi Jamin Keikutsertaan Israel  Dalam Piala Dunia U-20

Jakarta, Rabu  29  Maret  2023

Presiden Jokowi Jamin Keikutsertaan Israel  Dalam Piala Dunia U-20

 

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangannya pada Selasa, 28 Maret 2023, di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: BPMI Setpres

Jakarta,  indonesiaexpose.co.id  –  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2023. Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa keikutsertaan tim nasional (timnas) Israel dalam ajang olahraga tersebut tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina, karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” kata  Presiden Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan You Tube Sekretariat Presiden ,Selasa, 28 Maret 2023.

Kepala Negara juga menyebut bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati. Oleh karena itu, Presiden menegaskan untuk tidak mencampuradukkan urusan olahraga dan politik.

“Dalam urusan Piala Dunia U-20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya. Jadi, jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik,” tegas Presiden.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menuturkan bahwa saat ini pemerintah dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) tengah berusaha untuk menemukan solusi terbaik mengenai keikutsertaan timnas Israel. Presiden bahkan telah mengutus Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk bertemu dengan tim FIFA.

“Saat ini, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20. Tapi kita, baik pemerintah maupun PSSI masih terus berusaha agar ada solusi terbaik,” tutup Presiden Jokowi.

(017)

231

Check Also

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) :  Hadapi Penguatan Dolar AS  & Tekanan Geopolitik Global, Ketahanan Perbankan Nasional Terjaga

Jakarta, Jumat 19 April 2024 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) :  Hadapi Penguatan Dolar AS  & …

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  18  April  2024 Renungan  Joger 89