Friday , September 22 2023
Home / Bali / Cegah DBD, Wawali Arya Wibawa Luncurkan Kampanye Metode Wolbachia

Cegah DBD, Wawali Arya Wibawa Luncurkan Kampanye Metode Wolbachia

Denpasar, Selasa 06 Juni 2023

Cegah DBD, Wawali Arya Wibawa Luncurkan Kampanye Metode Wolbachia

 

Cegah DBD, Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, resmikan Kampanye metode Wolbachia , di Graha Nawasena Denpasar,Selasa (6/6/2023).(Foto/INDEX)

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Kampanye metode Wolbachia sebagai metode pencegahan Demam Berdarah Dengue (DBD) diresmikan Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, di Graha Nawasena Denpasar,Selasa (6/6/2023).

Kampanye metode Wolbachia yang merupakan program kolaborasi dengan World Mosquito Program (WMP) dan Save the Children Indonesia untuk cegah DBD di Kota Denpasar ditujukan untuk menekan penyebaran kasus demam berdarah. Kampanye ini juga dihadiri Anggota Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariyasa Adnyana, Wakil Direktur Program di AuSAID Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Prudence Borthwick, Konsulat Jenderal Australia di Bali, Anthea Griffin. Tampak hadir Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua DWP Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Camat Se-Kota Denpasar dan Perbekel/Lurah Se-Kota Denpasar.

Wawali Arya Wibawa menyampaikan kegiatan kampanye ini sebagai pilot projek pemerintah pusat di Kota Denpasar dalam menekan kasus DBD.

“Kita di Kota Denpasar sejak awal telah difasilitasi oleh anggota Komisi IX DPR RI, I Ketut Kariyasa Adnyana, sehingga nanti harapan bersama Denpasar mampu meneka penyebaran DBD,” ujar Arya Wibawa didampingi Kadis Kesehatan Denpasar, Anak Agung Ayu Candrawati,dan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai.

Lebih lanjut disampaikan pada Tahun 2023 sampai Bulan Mei, kasus DBD di Denpasar mencapai lebih dari 1113 kasus. Dengan jumlah kematian mencapi 4 kasus yang tersebar di wilayah Kota Denpasar. Melalui metode Wolbachia ini kita berharap dapat memberikan dampak signifikan dalam mengatasi penyebaran DBD di Kota Denpasar. Metode ini sebagai pelengkap dalam penanganan DBD di Kota Denpasar. Setelah penyebaran nyamuk dengan Wolbachia ini kita lakukan evaluasi melihat tingkat keberhasilan Wolbachia. Pelibatan juru pemantau jentik (jumantik) tetap kita lakukan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Dominan penyebaran nyamuk membawa Wolbachia ini akan melihat kepadatan penduduk, sanitasi masyarakat, dan melihat indikator penyebaran nyamuk DBD, serta terdapat 24 desa di Denpasar yang akan menjadi sasaran penyebaran nyamuk yang sudah mengandung bakteri Wolbachia.

“Dalam peluncuran ini saya harapkan seluruh kecamatan, desa, dan kelurahan dapat mendukung upaya perluasan metode Wolbachia disetiap kegiatan, karena dengan pemahaman ini kita bersama-sama melakukan pencegahan DBD,” ujar Arya Wibawa.

 

Sementara I Ketut Kariyasa Adnyana menyampaikan pencegahan DBD berkoordinasi dengan World Mosquito Program (WMP) menguji coba metode Wolbachia sudah dilakukan di Yogyakarta serta mampu menurunkan 88 persen kasus DBD.

” Ini sangat bermanfaat untuk pengendalian kasus DBD dan kami berharap program ini dapat berjalan dengan sukses sert Bali akan jadi pilot projek penanganan secara Nasional,” ujarnya.

Sementara Senior Project Manager Save the Children Indonesia untuk WMP Bali, Man Magilan menyampaikan dengan adanya metode Wolbachia ini, kita berharap mampu melindungi masyarakat dari DBD. Setelah peluncuran ini, kader Jumantik akan mulai dilatih serta akan melakukan edukasi dan sosialisasi metode Wolbachia ke masyarakat.

” Sosialisasi akan dimulai bulan Juni hingga nyamuk siap disebarkan pada kuartal akhir 2023 nanti. Partisipasi masyarakat dan pemerintah sangat diharapkan untuk memastikan keberhasilan metode ini,” tutupnya. (Adv)

123

Check Also

5.000 lebih Karangan Bunga Untuk Bupati-Wabup Gianyar yang Akhiri Masa Jabatan

Gianyar, Rabu  20  September  2023 5.000 lebih Karangan Bunga Untuk Bupati-Wabup Gianyar yang Akhiri Masa …

Stadion Debes Memerah, Tabanan Ungguli Karangasem di Babak Penyisihan Liga Kampung Sepak Bola PDI Perjuangan

Tabanan , Rabu  20  September  2023 Stadion Debes Memerah, Tabanan Ungguli Karangasem di Babak Penyisihan …