Monday , July 22 2024
Home / Jawa Tengah / Hadapi Pemilu 2024, Pj Kepala Daerah juga Harus Komitmen Jaga Netralitas

Hadapi Pemilu 2024, Pj Kepala Daerah juga Harus Komitmen Jaga Netralitas

Pati, Sabtu  18  November  2023

Hadapi Pemilu 2024, Pj Kepala Daerah juga Harus Komitmen Jaga Netralitas

 

(Foto/ist)

 

Jawa Tengah,  indonesiaexpose.co.id  – Netralitas dalam Pemilu 2024, tidak hanya berlaku bagi aparatur sipil negara (ASN). Penjabat kepala daerah pun dituntut netral dalam menghadapi perhelatan Pemilu 2024.

“Beberapa waktu lalu kami dikumpulkan oleh Presiden dan Mendagri, bahwa seluruh ASN termasuk di dalamnya penjabat kepala daerah ini harus netral. Tidak boleh bermain politik praktis. Dan itu akan dievaluasi,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana saat kunjungan kerja di Kabupaten Pati, Senin (6/11/2023)lalu.

Nana menjelaskan, setiap tiga bulan, semua Pj Kepala Daerah akan dievaluasi terkait kinerjanya.

“Pj (penjabat) ini setiap tiga bulan kan selalu ada evaluasi kinerjanya. Apalagi kalau kedapatan terjun ke politik praktis, pasti akan dievaluasi. Makanya kami selalu menekankan itu (netralitas),” jelas  Nana Sudjana melalui siaran tertulisnya.

Nana juga selalu mengingatkan kepada Pj bupati atau Pj wali kota di Jateng, agar menjalankan tugas sesuai dengan tugas pokoknya. Termasuk, ikut menjaga keamanan dan ketertiban wilayah masing-masing.

Komitmen netralitas itu juga sudah diikrarkan oleh para ASN di lingkungan Pemprov Jateng beberapa waktu lalu.

“Provinsi Jawa Tengah sudah komitmen dan sudah berikrar, kita punya hak pilih tetapi tidak bermain politik praktis,” tegasnya.

Apabila dalam perkembangannya ditemukan ASN atau Pj Kepala Daerah yang terjun atau terlibat politik praktis, sorot Nana, maka yang bersangkutan akan dikenakan sanksi tegas.

Dalam menghadapi pemilu 2024, Pj Gubernur Jawa Tengah juga terus menjalin sinergisitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjaga keamanan, ketertiban, dan kelancaran.

(056)

229

Check Also

Wawali Arya Wibawa Buka Turnamen Billiard ST. Werdhi Yowana Banjar Tampak Gangsul

Denpasar,  Minggu  14  Juli  2024 Wawali Arya Wibawa Buka Turnamen Billiard ST. Werdhi Yowana Banjar …

Wawali Arya Wibawa Buka Perayaan Rahina Suci Saraswati Mahawarga Bhujangga Waisnawa.

Denpasar, Sabtu  13  Juli  2024 Wawali Arya Wibawa Buka Perayaan Rahina Suci Saraswati Mahawarga Bhujangga …