Friday , March 29 2024
Home / Bali / Wakili Denpasar, Sekaa Baleganjur Telung Barung, Desa Adat Penatih Siap Unjuk Kreatifitas di PKB XLIV

Wakili Denpasar, Sekaa Baleganjur Telung Barung, Desa Adat Penatih Siap Unjuk Kreatifitas di PKB XLIV

Denpasar,  Minggu  08  Mei 2022

 

Wakili Denpasar, Sekaa Baleganjur Telung Barung, Desa Adat Penatih Siap Unjuk Kreatifitas di PKB XLIV

 

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id  –  Tim Kesenian Baleganjur Remaja Duta Kota Denpasar yang diwakili Sekaa Baleganjur Telung Barung, Penatih siap unjuk kreatifitas di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIV Tahun 2022. Hal tersebut terungkap saat Pembinaan oleh Konsultan Kesenian yang dihadiri langsung Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar, IB Alit Wiradana di Jaba Pura Dalem, Desa Adat Penatih, Sabtu (7/5/2022) malam.

Dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara ini turut menyerahkan Bantuan Uang Pembinaan kepada sekaa Baleganjur.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Jaya Negara memberikan dana pembinaan secara simbolis dan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya Sekaa Baleganjur Telung Barung, Desa Adat Penatih, Duta Kota Denpasar.

“Saya berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB, khususnya Sekaa Baleganjur Telung Barung ini dapat menjaga penjiwaan, emosi serta konsistensi penampilan, sehingga saat pentas nanti dapat memberikan hasil yang maksimal dan sesuai dengan pakem, uger-uger serta pembawaan seni itu sendiri. Serta seluruh seniman harus tetap semangat memberikan hasil maksimal, dan tetap jaga kesehatan,” ujarnya.

Sementara Kordinator Sekaa Baleganjur Telung Barung Gusti Putu Nuada mengatakan, Sajian pementasan dikemas apik dengan mengangkat cerita Karesian.

Dimana Karesian adalah sistem kelola air pada zaman bali kuno yang mengelola lima pokok sumber air; air laut, air danau, pancoran, telaga, dan sumber mata air / empul. Kelima sumber mata air ini identik dengan Panca Tirta. Panca Tirta terformulasi dalam “Siwambha” seorang pendeta melalui Japa, Mantra, Puja yang teraplikasikan pada elemen melodi, ritme, dinamika. Mudra diaplikasikan dengan gerak. Genta diaplikasikan sebagai penyelaras atau transisi. Semua itu merupakan gabungan dari Sapta Gangga menjadi Amerta (sumber kehidupan).

Maka dari itu seorang pendeta dalam memformulasi Sapta Gangga diistilahkan melaksanakan “Yoga Candi Aip” yang identik dengan Panca Rsi, sama halya dengan penggarap gending dan penggarap gerak dalam menciptakan karya balaganjur ini. Candi air sebagai sumber kehidupan berfungsi sama seperti sastra untuk memberikan pencerahan dan pembersihan pikiran yang kotor.

“Jadi Karesian (tata kelola air / sastra), Karatuan (tata kelola pemerintahan), dan Karaman (tata kelola masyarakat). Ketiga tata kelola tersebut diejawantahkan dalam keseimbangan, keserasian dan keselarasan antara teori, penggarap, dan pendukung sebagai sumber hidupnya keindahan dalam karya seni balaganjur. Dan Dalam persiapan pentas di PKB yang akan datang, kami telah menyiapkan penari dan penabuh generasi muda yang telah dipersiapkan sekitar 3 bulan yang lalu,” pungkasnya.

(115).

683

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  28  Maret  2024 Renungan  Joger   177

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …