Tuesday , April 30 2024
Home / Jawa Tengah / Tanggul Jebol Sungai Tuntang Ditangani Sementara

Tanggul Jebol Sungai Tuntang Ditangani Sementara

Grobokan, Selasa  06  Februari  2024

Tanggul Jebol Sungai Tuntang Ditangani Sementara

 

(foto/ist)

 

Jawa  Tengah,  indonesiaexpose.co.id  – Tanggul jebol yang mengakibatkan banjir di 12 kecamatan di Kabupaten Grobogan, mulai ditangani sementara.

“Dengan surutnya (banjir) ini, untuk menutup air yang masuk ke tanggul yang jebol, menggunakan sandbag. Ini ditutup dengan pasir (perbaikan darurat) untuk menutup air,” kata Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana di sela meninjau wilayah daerah banjir di Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan, Selasa (6/2/2024).

Ditambahkan, untuk penanganan jangka panjang, pihaknya akan memetakan tanggul-tanggul yang rawan jebol, untuk dilakukan perbaikan. Menurutnya, penanganan Sungai Tuntang tidak hanya untuk satu kabupaten, tetapi beberapa kabupaten, karena merupakan satu rangkaian.

“(Tanggul Sungai Tuntang) merupakan rangkaian beberapa kabupaten, mulai dari Rawa Pening, kemudian sampai ke Grobogan, bahkan berdampak pula ke daerah Demak. Makanya kita akan telusuri, dan kita pelajari lagi,” ungkapnya.

Nana membeberkan, penanganan banjir akibat meluapnya Sungai Tuntang, memerlukan kebersamaan antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

” Meluapnya Sungai Tuntang menyebabkan terendamnya 2.662 rumah warga yang tersebar di 32 desa di 12 kecamatan. Banjir juga merendam 6 unit fasilitas pendidikan, sehingga siswa diliburkan sementara. Bahkan, lahan pertanian yang terendam mencapai 58 hektare,” terang  Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana melalui siaran tertulisnya.

Nana menginformasikan, berbagai bantuan sudah mulai disalurkan kepada korban yang terdampak banjir di Kabupaten Grobogan. Mulai dari makanan anak, makanan siap saji, peralatan evakuasi (tenda, selimut, kasur, penjernih air), mobil cabin, dan perahu.

“Saat ini bantuan baik dari Kemensos, pemprov, dari Pemkab Grobogan, sudah mulai datang. Dan tadi dapur umum sudah kita tengok, sudah mulai memasak. Semuanya akan diberikan kepada masyarakat-masyarakat yang terdampak,” tandasnya.

(054)

186

Check Also

Bupati Sanjaya Apresiasi Semangat Membangun Krama Banjar Bongan Pala

Tabanan, Sabtu  27  April  2024 Bupati Sanjaya Apresiasi Semangat Membangun Krama Banjar Bongan Pala   Bali,  …

Bapenda Denpasar Jajaki Bapenda Makassar, Lakukan Studi Komparasi Pendataan Potensi Pajak Daerah

Makassar , Sabtu  27  April  2024 Bapenda Denpasar Jajaki Bapenda Makassar, Lakukan Studi Komparasi Pendataan …