Tuesday , July 23 2024
Home / Bali / Desa Wisata Jatiluwih: Inovasi Bus EV Menuju Bali yang Lebih Bersih dan Ramah Lingkungan

Desa Wisata Jatiluwih: Inovasi Bus EV Menuju Bali yang Lebih Bersih dan Ramah Lingkungan

Tabanan , Rabu  11  Juni 2024

Desa Wisata Jatiluwih: Inovasi Bus EV Menuju Bali yang Lebih Bersih dan Ramah Lingkungan

 

 

Bali,  indonesiaexpose.co.id   – Desa Wisata Jatiluwih kini menawarkan pengalaman baru yang unik bagi para pengunjungnya dengan memperkenalkan bus listrik (Electronic Vehicel) yang ramah lingkungan. Inisiatif ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan wisatawan saat mengelilingi desa sekaligus menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar.

Jhon Purna, Pengelola DTW Jatiluwih menyampaikan, Bus EV ini dirancang khusus untuk melayani wisatawan yang ingin menikmati keindahan persawahan dan pedesaan Jatiluwih. Kendaraan listrik ini memberikan pengalaman berkeliling yang tenang dan bebas polusi, memungkinkan wisatawan untuk menikmati udara segar dan pemandangan hijau tanpa terganggu oleh kebisingan dan asap kendaraan bermotor.

Bus EV ini sedang dalam tahap uji coba di Jatiluwih untuk melayani wisatawan dengan lebih nyaman. Tujuan jangka panjang dari penggunaan bus listrik ini adalah untuk membuat lingkungan dan udara di Jatiluwih menjadi lebih bersih serta berkontribusi dalam pencapaian target net zero emission di Bali. Apabila uji coba ini mendapatkan respon yang baik dari wisatawan, pengelola akan mempertimbangkan untuk melanjutkannya secara permanen.

Saat ini, Jhon Purna dan team DTW Jatiluwih sedang melakukan uji coba dengan beberapa alternatif bus EV yang sesuai dengan kondisi jalan yang naik dan turun di Jatiluwih. Langkah ini juga sejalan dengan program pemerintah Bali yang berfokus pada pengurangan penggunaan bahan bakar fosil dan beralih ke energi yang lebih bersih dan berkelanjutan. Desa Jatiluwih ikut mendukung program ini dengan menyediakan fasilitas parkir yang luas dan nyaman bagi wisatawan, serta bus EV yang siap mengantar mereka berkeliling di desa Jatiluwih dan sekitarnya.

Jhon Purna, selaku pengelola desa wisata Jatiluwih mengatakan, pohaknya berkomitmen untuk terus menjaga kesejukan dan kesegaran alam Jatiluwih. Mereka memastikan bahwa penggunaan bus listrik ini tidak hanya memudahkan akses wisatawan tetapi juga membantu menjaga kelestarian alam dan lingkungan desa.

Dengan adanya bus EV, wisatawan kini dapat menikmati keindahan Jatiluwih dengan cara yang lebih ramah lingkungan, menjadikan kunjungan mereka lebih bermakna dan berkesan. Pengelola DTW Jatiluwih berharap inisiatif ini dapat menjadi contoh bagi daerah wisata lainnya dalam upaya pelestarian lingkungan.

Desa Jatiluwih terus berinovasi dan berkomitmen untuk menjaga keindahan alamnya, memastikan bahwa generasi mendatang masih dapat menikmati keasrian dan keunikan desa ini.

(075)

297

Check Also

Renungan  Joger

Bali, Senin  22  Juli  2024 Renungan  Joger 60

Desa Ubung Kaja, Raih Juara I Turnamen Tenis Meja Hari Pajak 2024.

Denpasar, Minggu  21  Juli  2024 Desa Ubung Kaja, Raih Juara I Turnamen Tenis Meja Hari …