Thursday , April 18 2024
Home / Bali / Rai Mantra Buka Pameran Kebersihan: Gara-Gara Sampah Jilid II

Rai Mantra Buka Pameran Kebersihan: Gara-Gara Sampah Jilid II

Denpasar,  Senin  02  September  2019

 

 

Rai Mantra Buka Pameran Kebersihan: Gara-Gara Sampah Jilid II

..

 

Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra,Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara foto bersama Para pemenang Bank Sampah Kota Denpasar.

 

BALI,  INDEX  –  Pemerintah Kota Denpasar, melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar melaksanakan kegiatan Pemeran Kebersihan, Gara-gara Sampah Jilid II. Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra, di timur lapangan I Gusti Ngurah Made Agung pada Jumat 30/8. Turut hadir Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan I Ketut Wisada, OPD Lingkungan Setda Kota Denpasar, Komunitas Lingkungan beserta Undangan lainya.

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra mengatakan, komitmen Pemerintah Kota denpasar dalam memperhatikan Lingkungan bersinergi dengan Komunitas Hijau untuk memperlihatkan progres pemerintah kepada masyarakat kepedulian terhadap lingkungan bagaimana cara bisa menerapkan di lingkungan dan rumah tangga. Mensosialisasilkan program sistem informasi sadar lingkungan (sidarling) dengan menyertakan peran serta masyarakat mulai dari lingkungan keluarga.

“Dengan program Sidarling dapat mengikutsertakan anggota keluarga mulai dari anak usia sekolah dan seluruh anggota keluarga. Dengan sidarling ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, disamping poin dalam bentuk uang tabungan juga bisa mendapatkan pelayanan dari pemerintah sesuai poin yang dikumpulkan. Semakin banyak poin yang dikumpulkan semakin beragam pelayanan yang bisa didaptkan mulai dari discount belanja hingga kemudahan pelayanan di lingkungan Pemkot Denpasar,” kata Rai Mantra. Program ini bekerjasama dengan bank sampah memanfaatkan sampah – sampah rumah tangga di tabung di bank sampah.

“Tabungan ini berkoneksi dengan aplikasi sidarling selain mendapat nilai formal masalah lingkungan di sekolah anak juga mendapatkan manfaat ekonomis di tabungan bank sampah sehingga keluarga bisa mendapatkan pelayanan – pelayanan dan penghargaan tertentu seperti pelayaan pembuatan KTP secara prioritas dan Tiket Nonton gratis, serta kemudahan lainnya,” Ujarnya.

Sementara Ketua panitia Catur Yudha Hariani , mengatakan dalam kegiatan ini, DLHK juga melibatkan komunitas lingkungan yang bergerak dalam bidang persampahan di pulau Bali dan kota Denpasar khususnya. Kegiatan ini untuk memperlihatkan kontribusi komunitas dan masyarakat dalam mendukung pengelolaan dan pengurangan sampah di Kota Denpasar.

“Pameran Kebersihan Kota Denpasar Tahun 2019 kali ini lain dari biasanya karena tahun ini DLHK Denpasar menggandeng LSM dan komunitas peduli lingkungan seluruh kota Denpasar bahkan ada yang dari luar Denpasar. Bidang kerja para LSM dan komunitas menangani isu sampah tetapi lokasi kerjanya di daratan, laut, dan sungai”, ujar Catur Yudha .

Kolaborasi para komunitas dan LSM sendiri sebenarnya bukan kali pertama, karena tahun 2018 sudah terbentuk kolaborasi Gara-Gara Sampah, maka di tahun ini dilanjutkan menjadi Gara-Gara Sampah jilid2. Bagi masyarakat Bali sangatlah penting menjaga hubungan yang harmonis dengan alam melalui falsafah hidup Tri Hita Karana. Kegiatan ini juga guna mempromosikan aplikasi Sistem Informasi Sadar dan Peduli Lingkungan (Si Darling). Aplikasi ini merupakan inovasi untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait pengelolaan sampah di Kota Denpasar.Keterlibatan sekitar 30 komunitas dalam pameran akan dibagi berdasarkan tema 5R (rethink, refuse, reduce, reuse, recycle).

Diketahui, Selain pameran ada 6 lomba untuk sekolah dan masyarakat umum yaitu lomba menggambar, membanyolan, Upcycle busana, Yel-yel Lingkungan, Fashion Show dan Fotografi. Selain lomba ada juga ada berbagai workshop yang bisa diikuti oleh masyarakat umum. Sedangkan acara utama akan ada Pemutaran Film Pulau Plastik, Talkshow bersama Bapak Walikota Denpasar, Robi Navicula (Vokalis Navicula), Sri Novi (Warung Kecil), I Gede Hendrawan (akademisi FKD UNUD), dan I Gusti Lanang (Pemuka Agama) dan ditutup oleh penampilan musik akustik oleh Robi Navicula.

Sementara salah satu peserta, I Wayan Gunayasa menambahkan, acara ini sangat bagus acara ini mengedukasi masyarakat tentang seharusnya kita berprilaku terhadap sampah dan tanah kita tidak tercemar dari sampah plastik dan berharap kedepan mudah mudahan masyarakat peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Dalam kesempatan juga diisi penyerahan penghargaan bagi Bank berprestasi salah satu yang menerima hadiah Bank Sampah adalah Bank Sampah Tegeh Sari Lestari kelurahan Tonja Denpasar.

(070) .

277

Check Also

Indonesia Expose.co.id

Denpasar, Rabu  17  April  2024     57

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …