Sunday , December 15 2019
Home / Bali / Serangkaian Hari Puputan Margarana,Jaya Negara Pimpin Apel Penerimaan Pataka Panji Panji Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai.

Serangkaian Hari Puputan Margarana,Jaya Negara Pimpin Apel Penerimaan Pataka Panji Panji Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai.

Denpasar, Senin  18  November  2019

 

Serangkaian Hari Puputan Margarana,Jaya Negara Pimpin Apel Penerimaan Pataka Panji Panji Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai.

 

 

Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara didampingi, Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, penglingsir Puri Kesiman, AA. Ngurah Gede Kusuma Wardana, Sekda Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya serta Forkompinda Kota Denpasar saat melepas gerak jalan Napak Tilas di Puri Agung Kesiman Denpasar, pada Minggu (17/11/2019).

 

BALI,  INDEX  – Dalam rangka memperingati Hari Puputan Margarana Tahun 2019 sekaligus untuk mengenang jasa para pahlawan serta menanamkan jiwa nasionalisme, memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa dilakukan Napak Tilas dan Kirab Pataka Panji Panji Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai dan gerak jalan yang dilaksanakan di Puri Agung Kesiman, Denpasar pada Minggu (17/11).

 

Sejak pagi terlihat ratusan pelajar dengan mengenakan pakaian bertemakan perjuangan telah berkumpul di halaman Puri Agung Kesiman untuk mengikuti upacara serah terima Pataka Panji Panji Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai serta mengikuti gerak jalan peringatan Hari Puputan Margarana. Diawali dengan upacara yang dipimpin Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara sekaligus melepas kegiatan gerak jalan.

 

Dalam kegiatan tersebut dihadiri juga oleh penglingsir Puri Kesiman, AA. Ngurah Gede Kusuma Wardana, Ketua DPRD Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kabupaten Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya, seluruh Pejabat Pemkot Denpasar, unsur TNI, Polri, Veteran, serta organisasi dan masyarakat lainnya.

 

Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara mengatakan dalam perang Puputan Badung ada semboyan “Mati Tan Tumut Pejah”. Ini menjadikan spirit para pejuang saat berperanng dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia, tuturnya.

 

Lebih lanjut Jaya Negara mengatakan dalam pemekaran wilayah dari Badung menjadi Kota Denpasar itu ada juga motto pemerintahannya yaitu “Puradhiva Bhara Bhavana” yang artinya kewajiban pemerintah adalah meningkatkan kemakmuran rakyat. Dan di era saat ini ada juga motto yaitu Sewaka Darma yang artinya melayani adalah kewajiban, ini terus mendorong aparatur negara tetap bekerja keras untuk mengisi kemerdekaan dan meneladani daripada semangat perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan

 

“Kalau dulu para pahlawan berjuang untuk kemerdekaan maka sekarang kita berjuang untuk mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan bagi masyarakat khususnya di Kota Denpasar”, ujar Jaya Negara.

 

Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara

 

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan Apel saat ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Puputan Margarana Tahun 2019. Selain apel rangkaian acara ini juga diisi dengan serah terima kirab panji-panji pahlawan dan surat sakti pahlawan I Gusti Ngurah Rai dari Kabupaten Gianyar, penyerahan piala bergilir lomba Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Setelah itu dilajutkan dengan gerak jalan yang diikuti 15 regu yang dimulai dari Puri Kesiman menuju lapangan Desa Poh Gading.

 

” Setelah peserta napak tilas tiba dilapangan Poh Gading akan dilanjutkan dengan acara Sarasehan dan akhir acara pada malam hari akan diadakan pementasan Wayang Cengblonk,” tutup Raka Purwantara.

(075)

Check Also

Setelah Raih Predikat ZI , Kapolres Sumedang Kini Raih WBBM

Sumedang, Kamis 12  Desember  2019     Setelah Raih Predikat ZI , Kapolres Sumedang Kini …

Peringati  HARKANNAS, PKK Denpasar Raih Peringkat IV Nasional Lomba Masak Kategori Menu Keluarga

Denpasar,  Sabtu  14  Desember  2019     Peringati  HARKANNAS, PKK Denpasar Raih Peringkat IV Nasional …