Friday , April 19 2024
Home / Jawa Barat / Kapolda Jabar Kukuhkan Peningkatan Tipologi Status Polres Bandung Menjadi Polresta

Kapolda Jabar Kukuhkan Peningkatan Tipologi Status Polres Bandung Menjadi Polresta

Bandung,  Senin 09  Desember  2019

 

Kapolda Jabar Kukuhkan Peningkatan Tipologi Status Polres Bandung Menjadi Polresta

 

 

 

Jawa Barat,INDEX  –  Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi, Senin pagi (9/12/2019) melaksanakan peresmian peningkatan tipologi status Polres Bandung menjadi Polresta Bandung.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat beserta pengurus, pejabat utama Polda Jabar, mantan Kapolres Bandung, Kapolresta Bandung, Bupati Bandung, Dandim 0609/Bandung, Forkopimda Kab. Bandung, para Komandan Kesatuan TNI, Kapolrestabes Bandung, Kapolresta dan Kapolres jajaran Polda Jabar, Ketua MUI Kab. Bandung, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se-Kab. Bandung.

Peningkatan tipologi Polresta Bandung ini berdasarkan dengan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Republik Indonesia Nomor : B/849/M.KT.01/2019 tanggal 18 September 2019 perihal peningkatan type dan pembentukan Polres.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa “Pengukuhan peningkatan tipologi Polresta Bandung, merupakan perwujudan kepercayaan Pemerintah terhadap jajaran Polresta Bandung yang telah bekerja dengan baik dan maksimal, sesuai dengan situasi dan kondisi wilayah yang mengharuskan adanya peningkatan type agar terwujud pelayanan prima kepada masyarakat,”kata Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Rudy Sufahriadi dalam sambutannya saat mengukuhkan Polres Bandung menjadi Polresta Bandung, Senin (09/12/2019) pagi.

“Perlu diketahui, sekilas sejarah Polres Kota Bandung, berdiri pada tahun 2003 yang merupakan pemisahan dari Polres Cimahi, dengan 22 Polsek dan saat ini pada tahun 2019 meningkat menjadi Polresta Bandung, dengan jumlah Polsek 25, dengan jumlah personel 1.765 orang, jumlah penduduk 3.374.316 orang, dengan police ratio B1:1.911. Sehingga diperlukan pembentukan Polresta Bandung guna mewujudkan pelayanan Polri yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat Kab. Bandung,” bebernya.

Terkait hal itu, Kapolda mengatakan bahwa selanjutnya akan dilaksanakan penyesuaian susunan organisasi, anggaran, sarana dan prasarana serta penambahan jumlah personel secara bertahap dan menurut skala prioritas, sesuai dengan kebutuhan ideal, yang diselenggarakan dengan perkembangan Polres Kota Bandung.

“Pada kesempatan yang baik tersebut, Kapolda Jabar mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap unsur TNI, pemerintah daerah, instansi terkait dan seluruh komponen masyarakat Kab. Bandung yang telah mendukung dan bekerjasama dalam mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kundusif di wilayah hukum Polresta Bandung , saya berharap agar kerjasama, sinergitas dan soliditas yang telah terjalin dengan baik senantiasa dipertahankan dan ditingkatkan guna menghadapi tantangan tugas di masa yang akan datang,” tutur Kapolda Jabar.

“Kepada personel Polresta Bandung beserta jajaran, agar dapat meningkatkan kinerja dan semangat dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara, sebagaimana kebijakan Kapolri dalam rangka penguatan personil polri yang profesional, modern dan terpercaya, menuju Indonesia maju,”imbau mantan Kakor Brimob itu.

Atas kenaikan status ini dilatarbelakangi oleh dinamika keamanan, luas wilayah serta jumlah penduduk di Kabupaten Bandung yang terus meningkat. Dengan kenaikan type tersebut kepemimpinan Kapolresta pun berubah semula dari Ajun Komisaris Besar Polisi menjadi Komisaris Besar Polisi.
(A.Hasibuan)

424

Check Also

Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian Kinerja LKPJ Walikota Denpasar TA. 2023

Tabanan, Rabu  17  April  2024 Rapat Paripurna Ke-6 Masa Persidangan I DPRD Denpasar Apresiasi Capaian …

Keandalan Listrik Terjaga, PLN Selalu Siaga & Waspada Di Setiap Titik SPKLU Untuk Sambut Arus Balik

Denpasar, Senin  15  April 2024 Keandalan Listrik Terjaga, PLN Selalu Siaga & Waspada Di Setiap …