Sunday , January 26 2020
Home / Bali / Berikan Kesempatan Mencoba Bagi Pelamar CPNS, BKPSDM Denpasar Gandeng BKN Gelar Simulasi Tes CAT

Berikan Kesempatan Mencoba Bagi Pelamar CPNS, BKPSDM Denpasar Gandeng BKN Gelar Simulasi Tes CAT

Denpasar, Minggu  15  Desember  2019

 

Berikan Kesempatan Mencoba Bagi Pelamar CPNS, BKPSDM Denpasar Gandeng BKN Gelar Simulasi Tes CAT

Pelaksanaan Simulasi CAT di Kawasan Youth Park, Taman Kota Lumintang, Denpasar, Minggu (15/12/2019).

 

BALI,  INDEX  –  Sebagai upaya untuk memberikan kesempatan uji coba tes bagi pelamar CPNS Kota Denpasar Tahun 2019, Pemkot Denpasar melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) bersama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional X menggelar simulasi Computer Assisted Test (CAT). Kegiatan yang dibuka secara gratis bagi seluruh kalangan umum ini digelar di kawasan Youth Park, Taman Kota Lumintang Denpasar, Minggu (15/12).

 

Sejak pagi hari tampak silih berganti masyarakat atau pelamar hadir untuk mengikuti simulasi CAT ini. Tercatat, 224 peserta yang telah melaksanakan pendaftaran pada kegiatan tersebut. Dalam menunggu giliran uji coba, seluruh peserta juga disuguhkan hiburan musik dan lagu-lagu.

 

Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Wayan Sudiana didampingi Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Kota Denpasar, Komang Lestari Kusuma Dewi mengatakan bahwa pelaksanaan simulasi CAT ini sebagai upaya untuk memberikan kesempatan bagi pelamar CPNS untuk mencoba pelaksanaan sistem CAT. Sehingga sebelum memasuki tes yang sesungguhnya, mereka yang mendaftar telah memiliki pengalaman dan referensi.

 

“Adapun materi dalam simulasi ini yakni tes Seleksi Kompetensi Dasar (TKD) yang meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP),” ujarnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan, simulasi CAT ini terlaksana atas kerjasama Pemkot Denpasar dengan BKN Regional X. Dimana, sarana dan prasarana yang diperlukan dipersiapkan oleh BKPSDM, sedangkan untuk server dan soal disiapkan oleh BKN. Tentunya dari pelaksanaan simulasi ini, selain dapat menjadi referensi bagi pelamar terkait materi dan jenis soal, juga dapat menjadi sarana untuk mengukur waktu, sehingga dalam menjawab soal nantinya dapat maksimal sesuai dengan waktu yang ditentukan.

 

“Dari kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan pelamar CPNS, sehingga dalam pelaksanaan tes yang sesungguhntya nanti dapat dimaksimalkan,” ujar Sudiana.

 

Sementara, salah seoarang peserta, Ni Made Yusi Lestari yang melamar pada formasi Guru Kelas di SDN 14 Padangsambian mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah pengetahuan.

 

“Saya mengikuti kegiatan ini untuk mengetahui teknis seleksi karena baru pertama kali ikut seleksi CPNS, dan tentu kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan,” paparnya.

(070).

Check Also

Renungan  JOGER

Bali, Senin 27  Januari  2020   Renungan  JOGER  

Komisaris Besar Polisi  Sugeng  Hariyanto, S.IK,M.Hum

Jakarta , Minggu  26  Januari  2020   Komisaris Besar Polisi  Sugeng  Hariyanto, S.IK,M.Hum   JAKARTA,  …