Sunday , April 5 2020
Home / Ekonomi / Rayakan HUT ke-207 Garut, Dirut KAI dan Bupati Garut Cek kesiapan  Jalur  Reaktivasi 

Rayakan HUT ke-207 Garut, Dirut KAI dan Bupati Garut Cek kesiapan  Jalur  Reaktivasi 

Bandung, Senin 24  Pebruari  2020

 

Rayakan HUT ke-207 Garut, Dirut KAI dan Bupati Garut Cek kesiapan  Jalur  Reaktivasi 

(Foto/ist)

JAWA BARAT, INDEX  –  Direktur utama PT. Kereta Api Indonesia ( Persero ) Edi Sukmoro bersama Bupati Garut Rudi Gunawan melakukan pengecekan bersama menggunakan Kereta Inpeksi 4 dari Stasiun Cibatu , Stasiun Pasirjengkol , dan Stasiun Garut.

 

PT. Kerata Api Indonesia KAI (/Persero ) memberikan kado special kepada masyarakat Garut khusus nya di hari jadi yang ke 207 Kabupaten Garut 2020 ini , dengan mengoprasikan kembali jalur kereta api Cibatu – Garut , ujar Edi saat tiba di Stasiun Garut.

 

Dirut KAI menambahkan jalur kereta api Cibatu – Garut awalnya di resmikan pada tahun 1889 dan merupakan bagian penting dari sejarah Kabupaten Garut itu sendiri , selain untuk angkutan barang dulu nya jalur ini di gunakan oleh angkutan penumpang seperti wisatawan Eropa yang ingin berlibur di wilayah Garut.

 

” Hal ini menunjukan dengan di oprasikan nya kembali jalur ini otomatis akan bermanfaat bagi peningkatan perekonomian di wilayah Garut dan sekitar nya yang memang dari dulu sudah di kenal potensi wisatanya,” tutur Edi Sukmoro .

 

Edi menjelaskan, pengecekan jalur reaktivasi Cibatu – Garut ini untuk memastikan perkembangan terakhir proyek reaktivasi dimana sudah hampir seluruhnya selesai. KAI juga telah beberapa kali menguji kekuatan jalur agar aman saat dilalui oleh kereta api.

 

Nantinya Stasiun Garut akan dikembangkan menjadi stasiun yang megah dan lengkap. Stasiun Garut akan terdiri dari dua bangunan utama yaitu sisi utara dan selatan dengan bangunan tiga lantai. Selain itu, akan terdapat juga masjid berukuran besar, hotel, bangunan multi fungsi, cafe, menara pandang, dan fasilitas penunjang lainnya.

 

Dalam kesempatan yang sama KAI juga memberikan 300 paket alat tulis kepada anak-anak sekolah di beberapa titik jalur reaktivasi Cibatu-Garut.

 

“Alat tulis ini sebagai bentuk bantuan kepada masyarakat khususnya anak-anak di wilayah garut dan apresiasi terhadap masyarakat yang telah mendukung program reaktivasi dari sejak awal hingga akhir,” tutup Edi.

 

Pada 18 Januari 2019, Presiden RI Joko Widodo sempat mengunjungi Stasiun Cibatu untuk mengetahui progres reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut sepanjang 19,5 km yang terakhir kali dioperasikan pada tahun 1983. Tepat satu tahun kemudian, pada Januari 2020, rel dari Cibatu menuju Garut sudah tersambung

(Public Relation KAI)

Check Also

#DiRumahTerusMaju untuk Bersama Jaga Indonesia Wujud Komitmen Kolaborasi dan Gotong Royong Telkomsel Optimalkan Upaya Bersama Atasi COVID-19 di Indonesia

Jakarta, Kamis  02  April  2020   #DiRumahTerusMaju untuk Bersama Jaga Indonesia Wujud Komitmen Kolaborasi dan …

Terus Dukung Belajar & Bekerja di Rumah XL Axiata Perpanjang Gratis Akses 2GB/hari  

Jakarta, Kamis 02  Maret  2020   Terus Dukung Belajar & Bekerja di Rumah XL Axiata Perpanjang …