Friday , March 29 2024
Home / Bali / HUT DPD PDI Perjuangan Bali ke 47 : Gelar Sosialisasi bahaya HIV/AIDS dan Narkoba

HUT DPD PDI Perjuangan Bali ke 47 : Gelar Sosialisasi bahaya HIV/AIDS dan Narkoba

Denpasar, Jumat 06  Maret  2020

 

HUT DPD PDI Perjuangan Bali ke 47 : Gelar Sosialisasi bahaya HIV/AIDS dan Narkoba

(Dari kiri ke kanan) Ni Luh Putu Rumyawati, IGA Diah Srikandi Wedasteraputra Suyasa, Ni Wayan Sarigalung. (Ist)

BALI,  INDEX  – Ribuan warga Bali terjerat bahaya laten Narkoba dan HIV/AIDS,dalam rangka HUT DPD PDI Perjuangan ke 47 menggelar sosialisasi bahaya penyalahgunaan barang terlarang dan penyakit mematikan pada hari Sabtu, (7 /3/2020) di Aula Kantor DPD PDI Perjuangan Bali.

 

“Ini sungguh bukan soal angka, data dan jumlah semata,ini lebih menyangkut tentang kepedulian dan keterpihakan kita pada generasi muda dan nasib bangsa kita, secara menyeluruh ke masa depan,” kata  Dr. Diah Werdhi Srikandi, Koordinator Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan HIV/ AIDS ketika ditemui saat persiapan penyelenggaraan sosialisasi di Denpasar- Bali, Jumat (6/3/2020).

Karena mirisnya keadaan akan bahaya Narkoba dan HIV/AIDS di Bali im,sambung Diah Werdhi PDI Perjuangan menganggap sangat penting dan strategis untuk masa depan, untuk mengadakan sosialisasi tentang Bahaya HIV/ AIDS dan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba ini serentak di seluruh Bali.

 

“Kegiatan ini untuk membangun kesadaran bersama (communal awareness) bagi langkah-langkah antisipatif, promotif, preentif, kuratif dan rehabilitatif yang harus diselenggarakan karena tampaknya Bali sudah makin mendekati tahap darurat bahaya Narkoba dan HIV/AIDS,” sambung bu Diah.

Dalam kegiatan nanti,jelas Diah akan mengundang narasumber yang berkompeten dari BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Bali, dari Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi Bali serta dihadiri istri Gubernur Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster.

 

“Diharapkan sosialisasi ini tuntas mengupas permasalahan yang ada, sekaligus memberikan beberapa alternatif solusinya. Jangan hanya Kasus virus CORONA saja yang mengundang histeria massa, dan mengharu biru perasaan kita, tetapi Bahaya HIV/ AIDS dan bahaya Narkoba adalah bahaya laten,” lanjut bu Diah.

Bahaya HIV/ AIDS dan bahaya Narkoba adalah bahaya laten, yang kadang terlihat hanya puncak gunung es semata dari keseluruhan permasalahan yang ada, dan harus menjadi kepedulian kita bersama untuk mengatasinya, secara bersama-sama dan berkesinambungan.

 

” Sehingga dapat diharapkan Indonesia akan tetap Solid Bergerak Mewujudkan Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi,” kata bu Diah mengakhiri penjelasannya.

Sementara itu berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Propinsi Bali sebanyak 22. 034.000 penderita HIV/ AIDS angka

tertinggi dari prilaku menyimpang heteroseksualitas dengan angka
8958 orang. Selanjutnya penganut homoseksualitas sebanyak 3.217

Penyakit ini Lebih banyak mengenai di usia produktif yakni umur 20- 29tahun,4962.

Penyakit ini mengalami persebaran yang hampir merata di 9 kabupaten/ kota di Bali. Tidak ada kabupaten/ kota yang steril dan terbebas dari kasus HIV/ AIDS ini.

Sedangkan khusus di Bali, sebanyak 50.539 pecandu narkoba.Pencandu rata rata dari kalangan pelajar, mahasiswa sampai profesional; dari PNS/ ASN sampai dengan Polri; dari Petani, Swasta, Pengangguran sampai Ibu rumah tangga.

(076)

892

Check Also

Renungan  Joger

Bali,  Kamis  28  Maret  2024 Renungan  Joger   165

Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi Kerjasama Antara Kedua Pihak

Denpasar, Rabu  27   Maret  2024 Jaya Negara Terima Konjen India Shashank Vikram, Bahas Sejumlah Potensi …