Wednesday , October 28 2020
Home / Bali / Dalam Pelatihan Wartawan Ekonomi Prov.Bali :  M. Setyawan Santoso, Deputi Direktur BI Prov.Bali sampaikan optimisme pertumbuhan ekonomi semakin membaik

Dalam Pelatihan Wartawan Ekonomi Prov.Bali :  M. Setyawan Santoso, Deputi Direktur BI Prov.Bali sampaikan optimisme pertumbuhan ekonomi semakin membaik

Denpasar, Rabu  14  Oktober  2020

 

Dalam Pelatihan Wartawan Ekonomi Prov.Bali :  M. Setyawan Santoso, Deputi Direktur BI Prov.Bali sampaikan optimisme pertumbuhan ekonomi semakin membaik

 

BALI,  INDEX  – Penyebaran COVID-19 sudah berdampak terhadap perlambatan dan penurunan pertumbuhan ekonomi secara global. Pembatasan aktivtitas ekonomi juga berdampak terhadap semakin dalamnya penurunan pertumbuhan ekonomi pada Tahun 2020 ini.

Realisasi Belanja APBD Semesta sampai dengan Agustus 2020 menurun dibandingkan dengan Agustus 2019. Pada Agustus 2020 realisasi mencapai Rp 11,65 triliun (50,31% dari pagu), lebih rendah dibandingkan Agustus 2019 yang sebesar Rp. 13,59 triliun (46,73% dari pagu). Hal ini tercermin dari realisasi Domestic dan Foreign direct investment (DDI dan FDI) serta impor barang modal. Memasuki triwulan III, kinerja investasi diperkirakan sedikit membaik, tercermin dari Likert scale investasi dari hasil liaison yang menunjukkan peningkatan.

Deputi Direktur BI Provinsi Bali M. Setyawan Santoso mengatakan, optimisme pelaku usaha dimana terdapat peningkatan rencana investasi pada triwulan III 2020. Setelah mengalami kontraksi pada triwulan lalu, kinerja ekspor mengindikasikan perbaikan sebagaimana tercermin pada melandainya kontraksi pertumbuhan keberangkatan kargo internasional. Sejalan dengan hal tersebut, kontraksi impor juga melamdai dibandingkan dengan triwulan sebelumnya.

Membaiknya perekonomian beberapa negara bisa berdampak positif bagi pergerakan ekonomi Indonesia termasuk Bali.

“Kita optimis pertumbuhan ekonomi akan membaik di masa mendatang dengan adanya pertumbuhan ekonomi di beberapa negara,” ungkap M. Setyawan Santoso saat menyampaikan perkembangan ekonomi terkini “Bali Recent Economic Development” pada acara Pelatihan Wartawan Ekonomi yang digelar BI Bali bersama PWI di Griya Santrian Sanur-Bali, Rabu (14/10/2020).

Pelatihan Wartawan Ekonomi berlangsung selama tiga hari hingga Jumat (16/10/2020) dengan menghadirkan sejumlah pembicara baik dari BI, kalangan media serta pihak Kemenparekraf dan Pemprov Bali.

Dikatakan Amerika pertumbuhannya membaik dari minus 8 bisa jadi minus 4 persen. Tiongkok bahkan sudah positif, demikian pula Vietnam. “Jadi ini bisa pengaruhi ekonomi Indonesia menuju lebih baik karena ekspor dan impor akan bergerak,” tambahnya.

Sementara di Bali tambah Santoso pertumbuhan ekonomi belakangan ini juga mulai membaik. Hal itu didukung antara lain dari sisi konsumsi RT triwulan III yang membaik. Juga perkembangan mobilitas retail serta rekreasi terus membaik.Di beberapa daerah seperti Denpasar, Karangasem, Bangli dan Jembrana, realisasi pertumbuhannya di triwulan III lebih baik. Perekonomian terus bergerak dan kegiatan ekonomi tak terlalu terdampak dibandingkan kabupaten lain yang sangat terdampak covid.

“Perkembangan kegiatan usaha perdagangan triwulan III lebih baik dari triwulan II. Perkembangan penjualan eceran juga naik,” sambung Santoso seraya menambahkan untuk Bali Selatan permintaan lebih rendah karena daya beli turun akibat PAD-nya turun. Sedangkan Bali Utara lebih stabil.

Santoso juga melihat adanya sisi positif dari pandemi ini yakni mengangkat sektor pertanian. “Kalau dulu petaninya banyak yang sudah tua-tua, sekarang anak muda mau jadi petani,” jelasnya.

Nita A. Muelgini Kepala Divisi PSBI Departemen Komunikasi Bank Indonesia

 

Sementara itu Kepala Divisi PSBI Departemen Komunikasi Bank Indonesia Nita A. Muelgini yang menyampaikan materi tentang Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menjelaskan ruang lingkup program sejenis CSR ini untuk membantu UMKM, jasa, petani termasuk pendidikan, lingkungan hidup dan penanganan bencana seperti Covid-19. Namun penerimanya harus lembaga/kelompok/komunitas. Jadi bukan perorangan. Diharapkan program ini bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak juga yang berkaitan dengan program strategis BI seperti pariwisata, dll.

Nita menambahkan program ini juga meliputi pemberdayaan perempuan, penguatan pariwisata dan pelestarian budaya. Juga menyangkut SDM unggul dengan memberikan bea siswa dimana sampai saat ini sudah sebanyak 27.200 mahasiswa tersebar di 175 PT (Perguruan Tinggi) yang menerima melalui komunitas GenBI (Generasi Baru Indonesia). “PSBI ini ingjn membantu program pemerintah menciptakan SDM unggul,” ujarnya.

“Juga ada program Indonesia Cerdas dengan membangun perpustakaan BI Corner di sekolah-sekolah. Ada lebih 1.000 BI Corner dan 301 Pojok Baca dan Dongeng untuk PAUD,” pungkasnya.

(080)

Check Also

Renungan  JOGER

Bali, Rabu 28  Oktober  2020   Renungan  JOGER    

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL Axiata Tetapkan Susunan Direksi Baru

Jakarta, Selasa  27 Oktober 2020   Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa XL Axiata Tetapkan …